Pemetaan Titik Kebakaran dengan Metode Trilaterasi untuk Meningkatkan Efektivitas Sistem Pemadam Kebakaran Otomatis pada Ruang Genset Kereta Api Pembangkit

Koniah, Fepita (2025) Pemetaan Titik Kebakaran dengan Metode Trilaterasi untuk Meningkatkan Efektivitas Sistem Pemadam Kebakaran Otomatis pada Ruang Genset Kereta Api Pembangkit. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2040211075-04111060010007.pdf] Text
2040211075-04111060010007.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengembangan sistem pemetaan titik kebakaran otomatis untuk meningkatkan efektivitas pemadaman api pada ruang genset kereta api pembangkit yang memiliki risiko tinggi kebakaran. Latar belakang masalah ini didasarkan pada kebutuhan akan sistem proteksi yang tidak hanya mendeteksi keberadaan api, tetapi juga menentukan lokasinya secara tepat untuk respons yang cepat dan efisien. Sebagai solusi, penelitian ini mengusulkan dan mengimplementasikan sistem pemetaan titik api berbasis metode trilaterasi dengan menggunakan tiga set sensor DHT22 untuk mendeteksi suhu dan MQ-2 untuk mendeteksi gas dan asap. Data dari ketiga sensor ini diproses secara real-time oleh mikrokontroler ESP32 untuk menghitung koordinat sumber api. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem yang dibangun mampu menentukan lokasi kebakaran dengan akurasi koordinat rata-rata mencapai 95,7%. Dengan adanya pemetaan lokasi yang presisi, sistem ini terbukti dapat mempercepat waktu pemadaman hingga 85% dibandingkan dengan sistem konvensional, karena mampu mengarahkan penyemprotan gas CO₂ langsung ke titik api yang terdeteksi. Sistem ini tidak hanya meningkatkan akurasi pendeteksian, tetapi juga memastikan agen pemadam disemprotkan secara efisien, sehingga mencegah kerugian lebih lanjut dan meminimalkan kerusakan.
======================================================================================================================================
This research focuses on developing an automatic fire point mapping system to enhance the effectiveness of fire suppression in the generator room of a power train, an environment with a high fire risk. The background for this problem stems from the need for a protective system that not only detects the presence of fire but also precisely determines its location for a fast and efficient response. As a solution, this study proposes and implements a fire point mapping system based on the trilateration method, using three sets of DHT22 sensors to detect temperature and MQ-2 sensors for gas and smoke. Data from these three sensors is processed in real-time by an ESP32 microcontroller to calculate the coordinates of the fire source. The test results show that the built system is capable of determining the fire's location with an average coordinate accuracy of 95.7%. With this precise location mapping, the system is proven to accelerate fire suppression time by up to 85% compared to conventional systems, as it can direct the spraying of CO₂ gas directly at the detected fire point. This system not only improves detection accuracy but also ensures that the extinguishing agent is used efficiently only in the necessary area, thereby preventing further losses and minimizing damage.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Trilaterasi, Pemetaan Titik Kebakaran, Sistem Otomatis, ESP32,Trilateration, Fire Point Mapping, Automatic System, ESP32
Subjects: T Technology > TF Railroad engineering and operation > TF4 Railroads--Automation.
Divisions: Faculty of Vocational > 36304-Automation Electronic Engineering
Depositing User: Fepita Koniah
Date Deposited: 05 Aug 2025 06:33
Last Modified: 05 Aug 2025 06:33
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/127424

Actions (login required)

View Item View Item