Evaluasi Rating Carbon Intensity Indicator Pada Kapal Bulk Carrier Muatan Batu Bara

Rahman, Dheny Aulia (2025) Evaluasi Rating Carbon Intensity Indicator Pada Kapal Bulk Carrier Muatan Batu Bara. Other thesis, Insitut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5019211147-Undergradute_Thesis.pdf] Text
5019211147-Undergradute_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Industri Pelayaran adalah salah satu industri yang cukup sibuk dalam melayani perdagangan internasional dengan mengangkut sekitar 90% dari perdagangan dunia. Hal tersebut diperlukan tindakan yang signifikan untuk penurunan karbon yang signifikan dari kapal khususnya kapal dengan muatan batu bara karena memiliki frekuensi jumlah yang cukup
banyak. Pada Perusahaan PT. Pelayaran Bahtera Adhiguna memiliki visi untuk melakukan pelayaran rute internasional. Hal tersebut mendasari peneliti untuk melakukan penelitian ini karena untuk melakukan pelayaran rute internasional terdapat syarat dari IMO terkait batasan emisi yang dikeluarkan oleh kapal. Penggunaan dua metode speed optimization dan re routing dikarenakan untuk memaksimalkan rute yang dilalui kapal serta kecepatan yang digunakan oleh
kapal. Skenario terbaik untuk penurunan rating emisi pada kapal Meutia Baruna dan Latifah Baruna perlu adanya pengurangan yang signifikan dari kedua kapal tersebut yang memiliki rating awal pada tahun 2024 yaitu E. Adanya penggunaan speed optimization dan re routing pada pola operasional memiliki dampak yang signifikan terhadap penurunan kapal. Pemilihan rekomendasi atas kecepatan yang dipilih dalam speed optimization berdasarkan pada cost
benefit analysis dari setiap kecepatan dengan mempertimbangkan beberapa aspek. Terdapat penurunan kecepatan pada kapal Meutia Baruna dari kecepatan awal turun menjadi 6,3 knot namun penurunan kecepatan tersebut juga berdampak pada penurunan rating CII kapal namun tetap mendapatkan profit tertingggi, sedangkan untuk kapal Latifah Baruna terdapat penurunan kecepatan kapal dari kecepatan awal turun menjadi 7,8 knot. Penurunan ini berdampak pada
penurunan rating CII kapal namun tetap pada net profit tertinggi.
========================================================================================================================
The shipping industry is one of the busiest industries serving international trade, transporting around 90% of global trade. This necessitates significant actions to reduce carbon emissions, particularly from coal-carrying vessels, which operate in high frequency. PT. Pelayaran Bahtera Adhiguna has a vision to operate international shipping routes. This vision forms the basis of this study, as international routes are subject to IMO regulations regarding emission limits from ships. The use of two methods speed optimization and re-routing is intended to maximize the efficiency of ship routes and operating speeds. To improve the emission ratings of the Meutia Baruna and Latifah Baruna vessels, both of which held an initial
CII rating of E in 2024, significant reductions are required. Implementing speed optimization and re-routing in the operational patterns of these vessels has shown a considerable impact on emission reductions. The selection of optimal speeds through speed optimization is based on a
cost-benefit analysis, considering several operational and financial aspects. For the Meutia Baruna, a speed reduction from its original value to 6,3 knots resulted in a lower CII rating while still achieving the highest net profit. Similarly, the Latifah Baruna experienced a speed reduction to 7,8 knots, which also contributed to a lower CII rating without compromising the highest possible net profit.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: CII, emisi, dekarbonisasi, speed optimization, re routing, CII, emission, decarbonization, speed optimization, rerouting
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM293 Shipping--Indonesia--Safety measures
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM731 Marine Engines
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM751 Resistance and propulsion of ships
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Dheny Aulia Rahman
Date Deposited: 06 Aug 2025 04:24
Last Modified: 06 Aug 2025 04:24
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/127745

Actions (login required)

View Item View Item