Optimasi Struktur Midship Kapal Menggunakan Multi-Objective Optimization Design (MOOD): Studi Kasus Kapal Tanker 17500 DWT

Rofidayanti, Afifah (2025) Optimasi Struktur Midship Kapal Menggunakan Multi-Objective Optimization Design (MOOD): Studi Kasus Kapal Tanker 17500 DWT. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6018222002-Master_Thesis.pdf] Text
6018222002-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Optimasi struktur kapal bertujuan untuk meningkatkan efisiensi desain, terutama pada tahap perancangan awal kapal. Salah satu pendekatan yang digunakan adalah Multi-Objective Optimization Design (MOOD), yang dirancang untuk mengoptimalkan lebih dari satu tujuan secara simultan. Pendekatan ini bekerja berdasarkan konsep Pareto Frontier untuk mengidentifikasi solusi kompromi optimal antara beberapa tujuan. Penelitian ini mempertimbangkan dua tujuan optimasi, yaitu meminimalkan berat struktur dan memaksimalkan kekuatan struktur kapal. Studi ini diterapkan pada kapal tanker berkapasitas 17.500 DWT, dengan fokus pada bagian midship. Dalam prosesnya digunakan variabel desain berupa ketebalan pelat dan ukuran profil pembujur, dengan total sebesar 21 variabel. Optimasi dilakukan dengan menggunakan gamultiobj pada MATLAB, dengan jumlah generasi dan populasi yang diaplikasikan sebesar 1000. Diperoleh nilai berat hasil optimasi sebesar 464.922 ton dengan penurunan berat yang terjadi yaitu sebesar 20.67 ton atau setara 4.26%. Dari aspek kekuatan struktur, dihasilkan nilai adequacy terkecil pada struktur geladak kapal sebesar 0.673 atau setara dengan nilai tegangan sebesar 154.91 MPa, baik untuk kondisi hogging maupun sagging. Sedangkan, nilai tegangan pada struktur alas kapal dihasilkan nilai sebesar 119.8 MPa, baik untuk kondisi hogging maupun sagging. Sehingga jika ditinjau dari aspek kekuatan, struktur kapal tanker 17500 DWT dengan ukuran scantling hasil optimasi memenuhi batas tegangan yang disyaratkan oleh Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) yaitu sebesar 230 MPa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Optimasi, Multi-Objective Optimization Design (MOOD), Berat Struktur, Kekuatan Struktur Optimization, Multi-Objective Optimization Design (MOOD), Structural Weight, Structural Strength
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM156 Naval architecture
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM163 Hulls (Naval architecture)
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Afifah Rofidayanti
Date Deposited: 07 Aug 2025 06:23
Last Modified: 07 Aug 2025 06:23
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/127947

Actions (login required)

View Item View Item