Analisis Dampak Kinerja Operasional Terhadap Kapasitas Pelabuhan Perikanan Studi Kasus: Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong, Lamongan

Panggabean, Michael Wiliam Mangara Tua (2025) Analisis Dampak Kinerja Operasional Terhadap Kapasitas Pelabuhan Perikanan Studi Kasus: Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong, Lamongan. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04411840000044-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
04411840000044-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong merupakan penghubung utama dalam rantai pasok hasil perikanan di Lamongan dan sekitarnya. Efisiensi dalam penanganan bongkar perikanan perlu dijaga untuk menjaga kualitas ikan yang akan diterima konsumen baik konsumen langsung maupun perusahaan pengolahan ikan. Kapal perikanan memiliki jadwal kedatangan yang berubah-ubah akibat dari perubahan cuaca, kondisi perairan, kondisi kapal, dan perjanjian awak kapal dengan pemilik kapal. Data historis digunakan dalam penelitian untuk menganalisis perbedaan jadwal yang tidak menentu tersebut, data yang dipakai antara lain data fasilitas PPN Brondong, data kapal, dan catatan kedatangan kapal. Produksi ikan optimal dengan penambahan jam operasional menjadi 24 jam dan penambahan personil bongkar muat menjadi 36 orang yang dapat mengurangi waktu penanganan bongkar ikan hingga 42,82%. Penentuan lokasi sandar terpilih adalah tipe sandar tiga yang memenuhi kebutuhan panjang kapal dan frekuensi kedatangan, yakni dari dermaga 0-34 m ditempati oleh kapal dengan LOA di bawah 12 m; dermaga 34-118 m ditempati oleh kapal dengan LOA 12-15 m; dermaga 118-160 m ditempati oleh kapal dengan LOA di atas 15 m. Penambahan 50 m pada dermaga berdampak pada mengurangi antrian kapal hingga 93 kapal pada data tahun 2023 dan 2024 dan hanya perlu melakukan penambahan personil bongkar sebanyak 10-21 orang. Pendekatan ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas pelabuhan perikanan baik dengan investasi infrastruktur, maupun tanpa investasi infrastruktur.
======================================================================================================================================
PPN Brondong fishery port has an important part in maintaining fish production and quality within Lamongan and its surroundings. Efficiency of handling fish unloading need to well managed to control fish production quality. This research is made to determine the impact that operational performance of fishery port caused toward port capacity of PPN Brondong. Fishery ships have a wide gap of shipcall frequencies since their shipping mainly depends on weather, ship condition, and their crew schedule. Historical data analysis of port operation was used in the research to withstand the flexibility of shipcall that happens which consist of PPN Brondong’s facility specification, ships specification, and arrival record of Fishery Ships. Fish production can be optimized by increasing operational time to 24 hours and adding unloading crew to 36 people which can shorten unloading time for 42,82%. Berthing location that proportional from shipcall ratio and ship length is Berth Map 3 because it can service ships within its length and shipcall frequencies, which is dock 0-34 m.for ship with LOA under 12 m; dock 34-118 m for ship with LOA between 12-15 m; dock 118-160 m for ship with LOA over 15 m. Addition of 50 m dock will decrease ship queue up to 93 ships for the year of 2023 dan 2024 and with addition unloading crew of 10-21 people. This approach offers solutions for increasing port capacity with or without infrastructure investment.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Bongkar Muat, Dermaga, Pelabuhan Perikanan, Produktivitas, Utilitas, Berth, Fishery Port, Productivity, Unloading, Utility
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH337.5 Fishing ports--Design and construction
V Naval Science > VK > VK358 Marine terminals
V Naval Science > VM431 Fishing boats
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Sea Transportation Engineering > 21207-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Michael Wiliam Mangara Tua Panggabean
Date Deposited: 08 Sep 2025 01:58
Last Modified: 08 Sep 2025 02:16
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/128175

Actions (login required)

View Item View Item