Studi Pengaruh Lokasi Stasiun Pompa Pengisian Bahan Bakar terhadap Lalu Lintas pada Jalan Biliton Surabaya

Pranyono, Bayu (2010) Studi Pengaruh Lokasi Stasiun Pompa Pengisian Bahan Bakar terhadap Lalu Lintas pada Jalan Biliton Surabaya. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3108040607-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
3108040607-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Jalan Biliton merupakan salah satu dari beberapa ruas jalan di Kota Surabaya yang kerap selalu terjadi kemacetan pada saat jam sibuk atau (peale hour). Adanya Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang terletak berdekatan dengan persimpangan antara Jalan Biliton dan Jalan Sulawesi memberi sedi~t pengaruh terhadap kepadatan ruas Jalan Biliton. Oleh karena itulah studi analisa ini mempunyai tujuan untuk mengetahui seberap8 besar pengaruh porn bensin terltadap · kepadataii ·lalu lintas· sekitamya dari tahun 2009 · (sekarang) hingga t8hun 2.014. · .. Untuk melakukan perhitungan volume dan kapasitas yang dlgunakan untuk mengetahui derajat kejenuhan pada tiap ruas jalan digunabn. MKJI sebagai acuan. Untuk mengetahui · pertumbuhan kendaran tahun 2009 hingga 2014 digunakan anallsa regresi linier. Sedangkati imtuk mendapatkan besar delay digunakan rumus probabilitas. p<)isson. Dan untuk analisa antrian digunakan disiplin antrian FIFO (First In First OUt) dengan model antrian yang diaswnsikan adalah M/M/1. Stlrvey yang diJakukan yaitu pad8 hari Senin, Rabu, dan Sabtu dengan mengambil waktu pada jam sibuk ( pada waktu pagi (06. 00 - 09.00), siang (12.00 -14.00), dan sore (16.00 -19.00). Dari basil analisa didapat bahwa pada tahun 2009 angka derajat kejenuhan pada jalan Biliton adalah sebesar 1.143, jalan Surnbawa sebesar 0.089, jalao Sulawesi - arab Gubeng 0.644 dan pada jalan Sulawesi --: arab Raya Kertajaya sebesar 0.468. Sedangkan pada proyeksi 5 tahun kedepan atau pada tahun 2014 untuk nilai derajat kejenuhan untuk jalan Biliton sebesar 1. 729, jalan Sumbawa 0.122, jalan Sulawesi - arab Gubeng 0.920, dan untuk jalan Sulawesi - arab Raya Kertajaya 0.705. Menurut ketentuan MKJI 1997,jalan perkotaan ratioV/C sebesar 0,75. Jadi pada tahun 2009 dan tahun 2014 jalan Biliton dan Sulawesi tidak memenuhi syarat ratio jalan perk.otaan. Probabilitas kendaraan yang akan keluar dari pom bensin pada tahun 2009 dengan gap berdasarkan pengamatan dilapangan yaitu sebesar 6.2 detik untuk kendaraan yang keluar dari pom bensin menuju keara.h raya Gubeng dan 12.8 detik untuk kendaraan yang menuju arah gubeng Kertajaya. Untuk probabilitas pada tahun 2009 didapatkan nilai sebe~ 25% untuk kendaraan yang menuju Raya Kertajaya dan untuk yang menuju kearah Gubeng sebesar 12%. Dan untuk proyeksi 5 (lima) tahun kedepan atau pada tahun 2014 diperoleh basil sebagai berikut kendaraan yang keluar dari Pom bensin menuju kearah raya Kertajaya adalah sebesar 34% dan untuk yang menuju kearah Gubeng sebesar 17%. Untuk juinlah kendaraan yang masuk pada porn bensin adalab sebesar 2%. Lajur weaving yang diperlukan I lajur pada tabun 2009 dan 2 Jajur pada tahun 2014. Menurut F .D Hobbs 1995 uotuk area weaving dengan volume kendaraan max 1000 smp/jam adalab 75 meter. Pada kondisi lapangan terdapa.t 3 lajur dan memiliki panjang weaving sepanjang 80 meter. Pada analisa aotrian didapatkan pada tahun 2009 untuk antrian yang terjadi pada kendaraan.ringan sebanyak kendaraan dan untuk sepeda motor didapat sebanyak 2 kendaraan yang mengantri dalam system. Dan pada tahun 2014 untuk kendaraan ringan terdapat 1 kendaraan dan untuk sepeda motor terdapat 3 antrian yang mengantri dalam system.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSS 388.413 1 Pra s-1 2010
Uncontrolled Keywords: Peak Hour, Delay, Weaving
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22301-(D4) Diploma 4
Depositing User: Totok Setiawan
Date Deposited: 09 Sep 2025 01:35
Last Modified: 09 Sep 2025 01:35
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/128178

Actions (login required)

View Item View Item