Perancangan Interior Sentra Kuliner Gajah Mada Dengan Konsep “HANGOUT PLACE” Untuk Menarik Minat Pengunjung

Dwiyanti, Elis (2022) Perancangan Interior Sentra Kuliner Gajah Mada Dengan Konsep “HANGOUT PLACE” Untuk Menarik Minat Pengunjung. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08411840000005-Undregraduate_thesis.pdf] Text
08411840000005-Undregraduate_thesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Sentra Kuliner Gajah Mada, Sidoarjo adalah salah satu sentra kuliner yang dikembangkan oleh Pemerintah Sidoarjo dibawah Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sidoarjo yang secara garis besar memiliki fungsi untuk menampung para pedagang kaki lima di beberapa area di Kabupaten Sidoarjo yang dinilai mengganggu fasilitas umum. Melalui Sentra Kuliner Gajah Mada, diharapkan mampu mengembangkan ekonomi usaha mikro khususnya pada sektor kuliner dan terciptanya lingkungan yang tertib di kawasan Kota/Kabupaten Sidoarjo. Masalah utama pada Sentra Kuliner Gajah Mada adalah menurunnya tingkat kunjungan dari masyarakat pada sentra kuliner ini. Untuk menentukan konsep desain interior yang akan digunakan, maka dilakukan analisa data yang berisi hasil wawancara dengan narasumber, studi kebutuhan ruang, studi pengguna, dan juga analisa masalah yang dihadapi sentra kuliner tersebut saat ini. Konsep yang dihasilkan adalah dengan menonjolkan image “hangout place” pada sentra kuliner ini agar mampu mengundang masyarakat untuk berkunjung ke Sentra Kuliner Gajah Mada terutama bagi generasi milenial. Hal ini didasari oleh berkembangnya budaya hangout ditengah masyarakat khusunya bagi anak muda. Penerapan konsep diwujudkan dengan mengelompokkan area stand makanan menjadi dua, yakni area makanan tradisional dan makanan kekinian. Langgam pada tiap area juga didesain berbeda yakni langgam modern klasik untuk area makanan tradisional agar tercipta nuansa yang klasik sesuai dengan makanan yang dijual diarea tersebut serta menyasar pasar golongan golongan usia >35 tahun. Selanjutny penggunaan langgam industrialis untuk area makanan kekinian karena langgam tersebut cukup diminati oleh kaum milenial saat ini. Area ini merupakan area yang didesain untuk melakukan kegiatan hangout dalam waktu yang lama sehingga fasilitas pendukung lainnya juga ditambahkan seperti penambahan area panggung dan penggunaan meja dan kursi yang ringan agar mudah untuk di formasikan sesuai jumlah kelompok pengunjung yang berkunjung. Dengan konsep tersebut diharapkan akan menarik minat pegunjung di Sentra Kuliner Gajah Mada.
==============================================================================================================================
Gajah Mada Culinary Center, Sidoarjo is one of the culinary centers developed by the Sidoarjo Government under the Sidoarjo Regency Cooperatives and Micro Business Office which in general has a function to accommodate street vendors in several areas in Sidoarjo Regency which are considered disturbing public facilities. Through the Gajah Mada Culinary Center, it is hoped that it will be able to develop the micro-business economy, especially in the culinary sector and create an orderly environment in the City/Regency of Sidoarjo. The main problem at the Gajah Mada Culinary Center is the declining level of visits from the public at this culinary center. To determine the interior design concept to be used, data analysis was carried out containing the results of interviews with resource persons, space requirements studies, user studies, and also an analysis of the problems currently faced by the culinary center. The resulting concept is to highlight the image of a "hangout place" in this culinary center in order to be able to invite people to visit the Gajah Mada Culinary Center, especially for the millennial generation. This is based on the development of a hangout culture in the community, especially for young people. The application of the concept is realized by grouping the food stand area into two, namely the traditional food area and the contemporary food area. The style in each area is also designed differently, namely the classic modern style for the traditional food area in order to create a classic feel in accordance with the food sold in the area and targeting the market for the >35 year age group. Furthermore, the use of industrialist style for the contemporary food area is quite attractive to millennials today. This area is an area designed to hold hangouts for a long time so that other supporting facilities are also added such as the addition of a stage area and the use of light tables and chairs so that it is easy to form according to the number of groups of visitors visiting. With this concept, it is hoped that it will attract visitors to the Gajah Mada Culinary Center.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Hangout place, minat kunjung masyarakat, pembagian area, area division, hangout place, interest in community visits.
Subjects: N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament > NK2589 Furniture design
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Interior Design > 90221-(S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Eko Sulistiono
Date Deposited: 24 Sep 2025 08:22
Last Modified: 24 Sep 2025 08:22
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/128416

Actions (login required)

View Item View Item