Putri, Anisa Rachmadya (2022) Re-Desain Interior TK Sekolah Ciputra Bernuansa Playful Organic Dengan Implementasi Metode Montessori Dan Psikologi Warna Guna Memaksimalkan Kebutuhan Perkembangan Pada Anak. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
![]() |
Text
08411840000029-Undregraduate_thesis.pdf Restricted to Repository staff only Download (19MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan pada anak usia dini yang diadakan sejak lahir hingga usia enam tahun merupakan suatu upaya untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan fisik dan psikis anak Mengingat pentingnya peran lingkungan sekitar bagi pertumbuhan dan perkembangan anak, Sekolah Ciputra sebagai sekolah swasta yang terkemuka sadar akan hal tersebut dan selalu berusaha untuk memberikan fasilitas – fasilitas terbaik bagi siswa – siswinya. Keaktifan dan keingintahuan anak usia dini menjadi sebuah kunci utama dalam tumbuh kembang anak. Dalam hal ini, peran interior pada sekolah menjadi sangat penting agar anak mendapatkan pengalaman secara langsung untuk mencapai nilai maksimal dalam tumbuh kembangnya. Desain interior pada TK dituntut untuk menjadi media eksploratif bagi anak secara motorik, simulatif, hingga dalam pembentukan karakter dan pola pikir anak. Hal tersebut dapat dicapai melalui fasilitas – fasilitas eksploratif di sekolah, elemen – elemen interior yang interaktif, hingga pengaplikasian psikologi warna – warna yang mendorong emosi dan karakter anak. Oleh karena itu, diimplementasikanlah metode Montessori bersama pemberian warna sesuai dengan psikologi warna bagi anak pada konsep yang merupakan sebuah upaya seklaigus kunci untuk mencapai keberhasilan pertumbuhan dan perkembangan anak didik secara maksimal. Konsep playful organic pada perancangan diterapkan pada konsep keseluruhan sekolah, khususnya ruang kelas pada sekolah. Konsep playful organic dalam hal ini mengandung pengimplementasian dari metode Montessori serta psikologi warna bagi anak, dimana konsep ini selaras dengan prinsip warna pada Montessori serta telah disesuaikan dengan arti-arti setiap warna yang diaplikasikan pada desain. Sedangkan untuk metode Montessori sendiri diterapkan melalui dua aspek, antara lain; layout zona pada ruang kelas guna memudahkan efisiensi pembelajaran di dalam kelas, serta aspek fungsional setiap furniture yang dimiliki pada ruang kelas.
==============================================================================================================================
Early childhood education held from birth to the age of six is an effort to help children's physical and psychological growth and development. Given the important role of the surrounding environment for children's growth and development, Ciputra School as a leading private school is aware of this and always strives to provide the best facilities for its students. The activeness and curiosity of early childhood is the main key in the growth and development of children. In this case, the role of the interior in schools is very important so that children get direct experience to achieve maximum value in their growth and development. Interior design in kindergarten is required to be an exploratory medium for children in motoric, simulative, to the formation of children's character and mindset. This can be achieved through exploratory facilities in schools, interactive interior elements, to the application of color psychology that encourages children's emotions and character. Therefore, the Montessori method was implemented along with the provision of colors according to the psychology of color for children on the concept which is an effort as well as the key to achieving maximum successful growth and development of students. The playful organic concept in the design is applied to the whole school concept, especially classrooms at school. The playful organic concept in this case contains the implementation of the Montessori method and color psychology for children, where this concept is in line with the Montessori color principle and has been adapted to the meanings of each color applied to the design. As for the Montessori method itself, it is applied through two aspects, including; zone layout in the classroom to facilitate the efficiency of learning in the classroom, as well as the functional aspects of each furniture owned in the classroom.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Taman Kanak – Kanak Sekolah Ciputra. Metode Montessori, Psikologi Warna Bagi Anak, Sekolah Ciputra Kindergarten, Montessori Method, Psychology of Color For Children |
Subjects: | N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament > NK2589 Furniture design |
Divisions: | Faculty of Architecture, Design, and Planning > Interior Design > 90221-(S1) Undergraduate Theses |
Depositing User: | Eko Sulistiono |
Date Deposited: | 26 Sep 2025 08:13 |
Last Modified: | 26 Sep 2025 08:13 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/128454 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |