Pengaruh Gaya Arsitektur Hotel Terhadap Minat Konsumen Di Surabaya

Haniman, Farah Fadillah (2022) Pengaruh Gaya Arsitektur Hotel Terhadap Minat Konsumen Di Surabaya. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08111950080006-Master_Thesis.pdf] Text
08111950080006-Master_Thesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Semakin padatnya perkotaan menyebabkan ruang semakin sempit. Pengembangan bangunan ke arah vertikal dianggap menjadi alternatif terbaik untuk menangani masalah tersebut. Salah satu contoh bangunan vertikal yaitu hotel. Hotel adalah bangunan komersial yang bertujuan untuk menarik banyak pengunjung. Atas dasar status tersebut maka hotel berfungsi bukan hanya sebagai tempat menginap melainkan juga sebagai unsur pelayanan, fungsi kenyamanan, kesehatan dan tujuan komersial lainnya seperti pengenalan budaya suatu wilayah. Setiap orang memiliki kriteria tersendiri untuk menentukan tempat menginap mereka. Budaya atau kebiasaan masyarakat yang mengalami perkembangan juga berpengaruh pada perkembangan arsitektur. Perubahan nilai-nilai dalam masyarakat dimanifestasikan dalam desain bangunan. Untuk mendapatkan bangunan unik dan menarik tanpa harus memperbanyak ruang, penerapan gaya arsitektur pada hotel merupakan pilihan yang tepat. Dalam suatu persaingan bisnis yang ketat, diperlukan suatu diferensiasi yang mampu menarik minat konsumen. Desain interior dengan gaya arsitektur yang menarik merupakan salah satu hasil produk hotel yang dapat dimanfaatkan sebagai pembentuk diferensiasi terhadap hotel pesaing. Namun, saat ini belum ada identifikasi mengenai pengaruh gaya arsitektur dengan fokus pada desain interior terhadap keputusan konsumen dalam memilih hotel di Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh gaya arsitektur terhadap keputusan konsumen dalam memilih hotel di Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan analisa korelasional dengan jenis analisa korelasi Rank Spearman. Hotel yang akan dikaji terdiri dari hotel Artotel, hotel Arcadia, hotel Garden Palace. Tiga hotel tersebut memiliki gaya arsitektur yang berbeda sebagai pembanding dengan harga dan lokasi yang sama. Hotel Artotel dengan gaya pop- art, hotel Arcadia dengan gaya kolonial, dan hotel Garden Palace dengan gaya modern etnik. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu gaya arsitektur pada desain interior bukan merupakan faktor terpenting yang mempengaruhi keputusan konsumen
dalam memilih hotel. Pengaruhnya terhadap pengambilan keputusan konsumen tidak sekuat faktor lainnya, namun tetap berpengaruh pada kualitas hote
=====================================================================================================================================
The denser the urban area, the narrower the space. The development of buildings in the vertical direction is considered to be the best alternative to deal with this problem. One example of a vertical building is a hotel. The hotel is a commercial building that aims to attract a large number of visitors. On the basis of this status, the hotel functions not only as a place to stay but also as an element of service, a function of comfort, health and other commercial purposes such as an introduction to the culture of a region. Everyone has their own criteria to determine their place to stay. The culture or habits of the people who experience development also affect the development of architecture. Changes in values in society are manifested in the design of buildings. To get a unique and attractive building without having to increase the space, the application of architectural style to the hotel is the right choice. In a tight business competition, a differentiation is needed that is able to attract consumer interest. Interior design with an attractive architectural style is one of the results of hotel products that can be used as a form of differentiation against competing hotels. However, currently there is no identification of the influence of architectural style with a focus on interior design on consumer decisions in choosing hotels in Surabaya. This study aims to identify the influence of architectural style on consumer decisions in choosing a hotel in Surabaya. This study uses quantitative methods and correlational analysis with the type of Spearman Rank correlation analysis. The hotels that will be studied consist of the Artotel hotel, the Arcadia hotel, and the Garden Palace hotel. The three hotels have different architectural styles for comparison with the same price and location. The Artotel hotel with a pop-art style, the Arcadia hotel with a colonial style, and the Garden Palace hotel with an ethnic modern style. The conclusion of this study is that architectural style in interior design is not the most important factor influencing consumer decisions in choosing a hotel. Its influence on consumer decision making does not have other factors, but it still affects the quality of the hotel

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: gaya arsitektur, diferensiasi produk, keputusan konsumen, architectural style, product differentiation, consumer decision
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
N Fine Arts > NA Architecture > NA7820 Hotels. Inns. Hotel lobbies For resorts
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Architecture > 23101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Mr. Marsudiyana -
Date Deposited: 29 Sep 2025 05:40
Last Modified: 29 Sep 2025 05:40
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/128466

Actions (login required)

View Item View Item