Bahri, Saiful (2008) Studi Eksperimental Tentang Karakteristik Aliran Fluida Melintasi Silinder Teriris Tipe - D Dengan Tambaiian Bentuk Ellips Khusus "Studi Kasus Untuk Pengaruh Axis Rasio (b/a = 1, 3/5, 3/7, 3/9) dengan Re = 64000". Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
![]() |
Text
2104100139-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (50MB) | Request a copy |
Abstract
Banyak sekali bangunan yang menggunakan body berbentuk silinder seperti bangunan lepas pantai, tiang pancang, gedung dan sebagainya. 0leh karena itu penelitian tentang airan melintasi sebuah silinder sirkular sangat menarik untuk dikembangkan. Penelitian tersebut dapat mengamati timbulnya separasi yang menyebakan terjadinya drag force. Separasi yang terjadi semakin cepat akan mempertebal wake sehingga drag yang timbul akan semakin besar. Banyak metode yang dilakukan untuk menunda terjadinya separasi. Pada penelitian ini untuk menunda terjadinya separasi massive dilakukan dengan menimbulkan ftnomena bubble separation. Uji eksperimental ini dilakukan didalam sebuah wind tunnel dengan bilangan Reynolds 64000. Pengujian ini dilakukan pada silinder sirkular teririsi tipe - D dengan 8s = 65° dengan penambahan ellips khusus dibelakang silinder tersebut. Adapun yang divariasikan adalah perbandingan jari-jari silinder terhadap ellips (bla) dengan perbandingan 1, 3/5, 3/ 7, dan 3/9. Karakteristik aliran dapat diamati dengan mengukur distribusi tekanan pada kontur silinder ellips, profil kecepatan di belakang silinder ellips, dan visualisasi aliran dengan metode oil flow picture. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bubble separasi tidak terjadi walaupun adanya tambahan body ellips khusus dibelakang silinder teriris tipe - D dengan axis ratio (b/a) = 1, 315, 3/ 7, dan 3/9. Hal ini disebabkan dengan Reynold Number yang cukup tinggi yaitu Re = 64000, menimbulkan energi yang besar pada sudut potong silinder sehingga energi dari freestream tidak mampu mendejleksikan aliran untuk attach kembali pada sisi lengkung tambahan body ellips khusus
====================================================================================================================================
Many structures use cylindrical bodies such as offshore structures, piles, buildings, and so on. Therefore, research on water passing through a circular cylinder is very interesting to develop. This research can observe the emergence of separation that causes drag force. The separation that occurs faster will thicken the wake so that the resulting drag will be greater. Many methods are used to delay the occurrence of separation. In this study, to delay the occurrence of massive separation is done by causing bubble separation phenomenon. This experimental test was conducted in a wind tunnel with a Reynolds number of 64000. This test was carried out on a type - D sliced circular cylinder with 8s = 65° with the addition of a special ellipse behind the cylinder. What was varied was the ratio of the cylinder radius to the ellipse (bla) with a ratio of 1, 3/5, 3/7, and 3/9. Flow characteristics can be observed by measuring the pressure distribution on the contour of the ellipse cylinder, the velocity profile behind the ellipse cylinder, and visualizing the flow using the oil flow picture method. The results obtained from this study are that bubble separation does not occur even though there is an additional special elliptical body behind the D-type sliced cylinder with an axis ratio (b/a) = 1, 315, 3/7, and 3/9. This is due to the Reynolds Number being quite high, namely Re = 64000, generating large energy at the cylinder cutting angle so that the energy from the freestream is unable to deflect the flow to re-attach to the curved side of the additional special elliptical body
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | RSM 620.106 4 Bah s-1 2008 (weeding) |
Uncontrolled Keywords: | bubble separation, axis rasio, koeflSien tekanan, koefiSien drag; Bubble Separation, axis ratio, pressure coefficient, drag coefficient |
Subjects: | Q Science > QC Physics > QC151 Fluid dynamics |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | EKO BUDI RAHARJO |
Date Deposited: | 17 Oct 2025 04:09 |
Last Modified: | 17 Oct 2025 04:10 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/128609 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |