Hidayah, Khopipah Yulia (2022) Desain Semi-Submarine Untuk Taman Wisata Perairan (TWP) Gili Matra, Nusa Tenggara Barat. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
|
Text
04111480000048-Undergraduate_tesis.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Taman Wisata Perairan (TWP) Gili Matra merupakan salah satu kawasan wisata yang terletak di Nusa Tenggara Barat, Indonesia. TWP Gili Matra menjadi salah satu tempat yang hanya didatangi ketika Pulau Bali sedang melaksanakan ibadah Nyepi, sehingga pada beberapa tahun terakhir TWP Gili Matra mengalami penurunan wisatawan. Snorkeling dan diving merupakan salah satu kegiatan yang dapat melihat biota laut di mana kegiatan snorkeling harus dilakukan oleh orang yang mempunyai ketahanan napas yang lama karena tidak menggunakan tabung gas oksigen dan kegiatan diving harus memiliki sertifikat PADI. Sedangkan, TWP Gili Matra memiliki sebuah patung ikonik yang bernama BASK NEST Sculpture yang menjadi keunggulan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis teknis desain kapal yang dapat menjawab permasalahan tersebut. Oleh karena itu, perlu didesain sebuah kapal untuk menunjang pariwisata di TWP Gili Matra, yaitu Semi-Submarine. Semi-submarine adalah kapal yang memiliki geladak penumpang lebih rendah dari kapal penumpang lainnya. Kapal ini dapat menjadi solusi untuk permasalahan penumpang yang ingin melihat keindahan bawah laut namun tidak ingin melakukan snorkeling atau diving. Semi-submarine dapat menunjang pariwisata di TWP Gili Matra, Nusa Tenggara Barat dengan perencanaan rute trip yang dibagi menjadi dua dengan kecepatan 8 knot. Payload pada kapal ini sebanyak 50 orang penumpang yang didapatkan dari hasil kuisioner dan hasil forecasting jumlah wisatawan yang ada di Kabupaten Lombok Timur. Setelah melakukan analisis teknis, didapatkan ukuran utama Lpp= 23 meter, LoA= 24,95 meter, B= 6 meter, H= 3 meter, T= 2 meter dengan jenis material kapal Fiberglass Reinforenced Plastic (FRP) dan menggunakan acrylic sebagai jendela bawah laut. Hasil perhitungan tersebut kemudian digunakan untuk mendesain Lines Plan, General Arrangement, Safety Plan, dan 3D Model. Biaya pembangunan kapal didapatkan sebesar Rp. 16.815.365.709. Lalu, didapatkan perhitungan kelayakan investasi memiliki nilai Net Present Value (NPV) yaitu Rp13.049.813.472,98, nilai Internal Rate Return (IRR) yaitu 18%, dan Payback Period selama 7 tahun 7 bulan 29 hari.
===================================================================================================================================
Gili Matra marine Park (TWP) is a tourist area in West Nusa Tenggara, Indonesia. TWP Gili Matra is one of the places that is only visited when the island of Bali is carrying out Nyepi worship. So, TWP Gili Matra has recently experienced a decline in tourists. Snorkeling and diving are activities that can see marine life. If tourists want to snorkel, they should have long breath resistance because they do not use oxygen gas cylinders. However, if they want to dive, they must have a PADI certificate. Meanwhile, TWP Gili Matra has an iconic statue called BASK NEST Sculpture which is an advantage. This study aims to conduct a technical analysis of ship design that can answer these problems. Therefore, it is necessary to design a ship to support tourism in Gili Matra TWP, Semi-Submarine. Semi-submarine is a ship that has a lower passenger deck than other passenger ships. This ship can be a solution to the problems of passengers who want to see the underwater beauty but do not want to do snorkeling or diving. Semi-submarine can support tourism in TWP Gili Matra, West Nusa Tenggara, by planning a trip route divided into two with a speed of 8 knots. The payload on this ship is 50 passengers obtained from the questionnaire results and the results of forecasting the number of tourists in East Lombok Regency. After conducting a technical analysis, the main sizes are Lpp = 23 meters, LoA = 24.95 meters, B = 6 meters, H = 3 meters, and T = 2 meters with the type of ship material Fiberglass Reinforced Plastic (FRP) and using acrylic as the bottom window sea. Design the Lines Plan, General Arrangement, Safety Plan, and 3D Model based on results of technical analysis. The cost of building a ship is Rp. 16,815,365,709. Then, the calculation of investment feasibility has a Present Net Value (NPV) of Rp13.049.813.472,98, the Internal Rate Return (IRR) value is 18%, and a Payback Period of 7 years 7 months and 29 days.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Acrylic, Fiberglass Reinforenced Plastic (FRP), Lombok, TWP Gili Matra, Semi-Submarine, Acrylic, Fiberglass Reinforenced Plastic (FRP), Gili Matra Marine Park, Lombok, Semi-Submarine |
| Subjects: | V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM297 Ships Designs and drawings |
| Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis |
| Depositing User: | Mr. Marsudiyana - |
| Date Deposited: | 04 Nov 2025 06:54 |
| Last Modified: | 04 Nov 2025 06:54 |
| URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/128728 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
