Analisis Teknis Dan Ekonomis Metode Penyambungan Material Plastik Daur Ulang Dengan Menggunakan Sistem Pengeleman Dan Plastic Welding Sebagai Kulit Lambung Kapal

Angkasa, Naufal Shafiy Putra (2022) Analisis Teknis Dan Ekonomis Metode Penyambungan Material Plastik Daur Ulang Dengan Menggunakan Sistem Pengeleman Dan Plastic Welding Sebagai Kulit Lambung Kapal. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04111840000023-Undergraduate_tesis.pdf] Text
04111840000023-Undergraduate_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB) | Request a copy

Abstract

Saat ini, sudah banyak pihak di Indonesia yang berkontribusi untuk mengurangi sampah plastik yang terus meningkat tiap tahunnya. Salah satu contohnya adalah produksi papan plastik dari proses daur ulang sampah plastik non-ekonomis. Papan plastik ini memiliki beberapa kelebihan yaitu lentur, fleksibel, tahan air, tahan panas, dan tahan lama. Berdasarkan beberapa kelebihan papan plastik tersebut, terdapat peluang untuk memanfaatkan papan plastik daur ulang tersebut sebagai material pembangunan sebuah kapal. Akan tetapi, sebuah kapal tersusun dari komponen konstruksi yang saling menopang satu dengan lainnya. Dimana, komponen konstruksi tersebut dirancang agar dapat menahan beban pada kapal. Sehingga, diperlukan sebuah metode penyambungan yang memenuhi standar kekuatan agar kapal dapat beroperasi dengan aman dan terjamin khususnya pada konstruksi kulit lambung kapal Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan melakukan eksperimen untuk menganalisis tingkat adhesivitas lem yang paling tinggi untuk sambungan pada material plastik daur ulang, menentukan metode penyambungan yang paling memenuhi aturan kekuatan kulit lambung kapal pada material plastik daur ulang, dan mendapatkan biaya penyambungan pada kulit lambung kapal berbahan plastik daur ulang. Penentuan jenis lem dilakukan dengan pull off test sesuai standar ASTM D4541-17 dengan hasil adhesivitas tertinggi pada lem epoxy polyamide sebesar 2,35 MPa. Setelah itu, untuk pemilihan metode penyambungan yang paling memenuhi standar DNV-GL dan Turk Loyd, dilakukan pengujian sifat mekanis sambungan menggunakan pengujian tarik dan pengujian tekuk. Jenis sambungan yang digunakan pada sistem pengeleman diantaranya sambungan tepi, sambungan jari, sambungan miring 1 pasak, sambungan bibir lurus, dan sambungan miring 2 pasak. Sedangkan, sambungan single vee digunakan untuk plastic welding. Pengujian tarik mengacu standar ASTM D-638 dan DVS 2203-2, dihasilkan kuat tarik yang paling memenuhi standar pada sistem pengeleman dengan sambungan jari sebesar 8,95 MPa. Pengujian tekuk mengacu standar ASTM D-790 dan DVS 2203-5, dihasilkan kuat tekuk yang paling memenuhi standar pada sistem pengeleman dengan sambungan miring 2 pasak sebesar 14,90 MPa. Perhitungan biaya pembangunan kulit lambung kapal ikan 7 GT menggunakan sistem pengeleman sambungan bibir lurus didapatkan biaya paling rendah sebesar Rp13.213.726, sedangkan menggunakan plastic welding didapatkan biaya sebesar Rp23.045.991. Sehingga, metode penyambungan yang paling efektif, efisien, dan ekonomis berdasarkan analisis teknis dan ekonomis dapat digunakan metode penyambungan dengan sistem pengeleman menggunakan jenis sambungan bibir lurus.
===================================================================================================================================
Many parties in Indonesia have contributed to overcoming the plastic waste produced, which continues to increase yearly. One example is the production of plastic boards from noneconomical plastic waste recycling processes. This plastic board has several advantages: flexible, water-resistant, heat-resistant, and durable. Based on the advantages of the plastic board, there is an opportunity to use the recycled plastic board as a ship's construction material. However, the ship's construction components are designed to withstand the ship's load. Therefore, a joint method for each plank must meet the strength standards so that the ship can operate safely and securely, especially in the hull shell construction. The joint method best meets the rules of hull strength on recycled plastic materials and gets the cost of joint on hull shells made of recycled plastic. The glue type was determined by a pull-off test according to the ASTM D4541-17 standard, with the highest adhesiveness for epoxy polyamide glue of 2.35 MPa. After that, to select the connection method that best meets the DNV-GL and Turk Loyd standards, the mechanical properties of the connection are tested using tensile and bending tests. The types of joints used in the gluing system include edge joints, finger joints, one peg inclined joints, straight lip joints, and two pegs inclined joints. Meanwhile, single vee connections are used for plastic welding. Tensile testing refers to ASTM D-638 and DVS 2203-2 standards, resulting in a tensile strength that best meets the standards in the gluing system with finger joints of 8.95 MPa. The bending test refers to the ASTM D-790 and DVS 2203-5 standards, resulting in the buckling strength that best meets the standards in a gluing system with a 2-pin inclined connection of 14.90 MPa. The cost calculation of building a 7 GT fishing boat shell using a straight lip connection gluing system obtained the lowest cost of Rp13.213.726, while using plastic welding, the cost was Rp23.045.991. Thus, the most effective, efficient, and economical connection method based on technical and economical analysis can be used for the connection method with a gluing system using a straight lip connection type.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: plastik daur ulang, metode penyambungan, sifat mekanis, kulit lambung kapal, recycled plastics, joint method, mechanical properties, boat shell
Subjects: V Naval Science > VC Naval Maintenance
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Marsudiyana -
Date Deposited: 06 Nov 2025 05:24
Last Modified: 06 Nov 2025 05:24
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/128750

Actions (login required)

View Item View Item