Studi Eksperimental Karakteristik Lapisan Batas Turbulen Di Sekitar Alur Tunggal Berbentuk U Pada Pelat Datar

Syah, Andik Erwan (2006) Studi Eksperimental Karakteristik Lapisan Batas Turbulen Di Sekitar Alur Tunggal Berbentuk U Pada Pelat Datar. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2104100101-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
2104100101-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (24MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi mekanika fluuida yang semakin maju mendorong para peneliti untuk melakukan penelitian khususnya tentang terjadinya drag. Salah hal yang sangat menarik untuk dikaji adalah karakteristik aliran turbulen yang melewati suatu permukaan pelat datar. Pada pe'nelitian kali ini modifikasi boundary layer aliran turbulen yang melewati plat datar dilakukan dengan memberikan alur tunggal berbentuk U pada pelat datar . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh alur U tunggal terhadap karakteristik boundary layer, profit kecepatan rata-rata dan koefisien skin friction di sekitar alur serta koefisien tekanan di dalam alur tersebut. Studi eksperimen ini dilakukan pada subsonic wind tunnel dengan variasi Reynolds number yaitu Reo = 585 dan Reo = 839 yaitu pada kecepatan freestream 12 m/s dan 17 m/s dangan fokus penelitian pada bagian tengah disekitar alur benda uji. Total pressure tube digunakan untuk mengukur kecepatan aliran fluida dengan titik pengukuran ke arah horizontal setiap jarak 2 mm yaitu empat titik sebelum alur , empat titik di atas alur, dan delapan titik setelah alur. Titik pengukuran ke arah vertikal alur dimulai pada 0,35 mm dari permukaan pelat hingga mencapai kecepatan 0. 99 freestream. Pengukuran tekanan statis dilakukan pada dinding alur dengan menggunakan pressure tap yang dipasang pada permukaan alur. Visualisasi aliran menggunakan Asap Hasil dari penelitian ini adalah penurunan drag total sebesar 0, 63% pada Re0 = 585 dan 10,39% Reo = 839 di sekitar single U groove dibandingkan dengan pelat datar tanpa alur. Adanya alur pada pelat datar menyebabkan perubahan karakteristik boundary layer turbulen dimana momentum thickness, disturbance thickness dan displacement thickness terganggu dan tidak berkembang secara kontinyu
====================================================================================================================================
The increasingly advanced development of fluid mechanics technology encourages researchers to conduct research, especially on the occurrence of drag. One of the most interesting things to study is the characteristics of turbulent flow passing through a flat plate surface. In this study, the modification of the boundary layer of turbulent flow passing through a flat plate was carried out by providing a single U-shaped groove on the flat plate. This study aims to determine the effect of a single U groove on the characteristics of the boundary layer, the average velocity profit and the skin friction coefficient around the groove as well as the pressure coefficient inside the groove. This experimental study was conducted in a subsonic wind tunnel with variations in Reynolds number, namely Reo = 585 and Reo = 839, namely at freestream velocities of 12 m / s and 17 m / s with the focus of the research on the center around the groove of the test object. The total pressure tube was used to measure the fluid flow velocity with measurement points in the horizontal direction every 2 mm, namely four points before the groove, four points above the groove, and eight points after the groove. The measurement points in the vertical direction of the groove start at 0.35 mm from the plate surface until it reaches a speed of 0.99 freestream. Static pressure measurements were performed on the groove wall using a pressure tap installed on the groove surface. Flow visualization using Smoke The results of this study are a decrease in total drag of 0.63% at Re0 = 585 and 10.39% Reo = 839 around a single U groove compared to a flat plate without grooves. The presence of grooves on a flat plate causes changes in the characteristics of the turbulent boundary layer where momentum thickness, disturbance thickness and displacement thickness are disturbed and do not develop continuously

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSM 532.051 Sya s-1 2008 (weeding)
Uncontrolled Keywords: alur tunggal berbentuk U, turbulent boundary layer, skin friction coefficient (Cf ) , koefisien tekanan (Cp), visualisasi aliran; U-shaped single flow, turbulent boundary layer, skin friction coefficient (Cf), pressure coefficient (Cp), flow visualization
Subjects: Q Science > QC Physics > QC151 Fluid dynamics
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 08 Dec 2025 02:40
Last Modified: 08 Dec 2025 04:01
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/128879

Actions (login required)

View Item View Item