Siburian, Richard Gabriel Christopher (2022) Desain Sistem Pengambilan Keputusan Pemilihan Rute Kapal Dengan Pertimbangan Kondisi Gelombang. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
|
Text
04111840000059-Undergraduate_theisi.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Sekitar 80 % perdagangan internasional berdasarkan volume dilakukan menggunakan transportasi laut dan selama dua dekade terakhir terjadi peningkatan sebesar 2% tiap tahunnya. Hal ini dapat menimbulkan dampak berbahaya bagi lingkungan dikarenakan mesin diesel pada kapal menghasilkan emisi gas karbon yang telah mencapai 2.6% dari total keseluruhan dunia. Salah satu cara untuk mengurangi emisi gas karbon adalah dengan mengurangi konsumsi bahan bakar. Pengurangan konsumsi bahan bakar dapat dilakukan dengan optimasi pelayaran dan perutean cuaca. Tugas Akhir ini bertujuan untuk merancang program sistem pengambilan keputusan pemilihan rute kapal dengan mempertimbangkan kondisi gelombang. Ketinggian gelombang menjadi faktor yang mempengaruhi pengurangan kecepatan kapal karena terjadinya peningkatan hambatan sehingga lama waktu pelayaran akan berbeda pada tiap rute pelayaran. Pada rute pelayaran Surabaya – Singapore, konsumsi bahan bakar yang paling minimal berada pada jalur 1 dengan nilai sebesar 18.512 ton dan pada rute pelayaran Jakarta – Makassar, konsumsi bahan bakar yang paling minimal berada pada jalur 3 dengan nilai sebesar 18.629 ton. Melalui hasil simulasi program didapatkan program dapat memberikan pengambilan keputusan rute pelayaran dengan konsumsi bahan bakar paling minimal dimana pada rute Surabaya – Singapore konsumsi bahan bakar paling minimal berada pada Jalur 1 dan pada rute Jakarta – Makassar bahan bakar paling minimal berada pada Jalur 3.
===================================================================================================================================
Sea transportation accounts for around 80% of global trade in terms of volume, and during the past 20 years, there has been a 2% yearly growth in this sector. Because ships' diesel engines contribute 2.6% of the world's carbon emissions, this may have a negative effect on the environment. One method to reduce carbon emissions is to reduce fuel consumption. By making weather routing and voyage optimization, fuel usage can be decreased. This final project is mainly aimed to create a decision-making system program that takes wave conditions into account while choosing a ship path. The height of the waves is a factor that affects the reduction in ship speed due to the increase in resistance so that the length of the voyage will be different on each shipping route. On the Surabaya – Singapore shipping route, the minimum fuel consumption is in Jalur 1 with a value of 18,512 tons and on the Jakarta – Makassar shipping route, the minimum fuel consumption is in Jalur 3 with a value of 18,629 tons. Through the program simulation results, the program can provide decision making on the shipping route with the minimum fuel consumption where on the Surabaya - Singapore route the minimum fuel consumption is in Jalur 1 and on the Jakarta - Makassar route the minimum fuel is in Jalur 3.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | gelombang, konsumsi bahan bakar, rute pelayaran, pengambilan keputusan, wave, fuel consumption, shipping route, decison making |
| Subjects: | V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering |
| Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis |
| Depositing User: | Mr. Marsudiyana - |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 07:01 |
| Last Modified: | 11 Dec 2025 07:01 |
| URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/128928 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
