PERANCANGAN GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM UNTUK TRACKING DAN ROUTING MENGGUNAKAN ALGORITMA DIJKSTRA PADA KENDARAAN ANGKUTAN UMUM

INDRAJAYA, MUH. ARISTO (2016) PERANCANGAN GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM UNTUK TRACKING DAN ROUTING MENGGUNAKAN ALGORITMA DIJKSTRA PADA KENDARAAN ANGKUTAN UMUM. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2213206201-Master_theses.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemampuan untuk melakukan pelacakan (tracking) dan perutean (routing) sebuah kendaraan bermotor sangat berguna dalam kehidupan sehari – hari, seperti pengamanan pada kendaraan pribadi, sistem transportasi publik, menejemen armada transportasi masal dan lainnya. Pada penelitian ini, kami merancang sebuah aplikasi Geographic Information System (GIS) yang akan diterapkan pada layanan angkutan umum. Sistem ini akan secara real time akan melakukan tracking terhadap posisi tiap kendaraan (taksi) serta mampu melakukan pelayanan otomatis terhadap setiap permintaan taksi oleh pelanggan. Algoritma Dijkstra adalah algoritma pencarian graf yang memecahkan masalah jalur terpendek yang bersumber dari satu simpul untuk sebuah graf dengan bobot simpul tidak boleh negatif. Analisis dilakukan dengan cara memeriksa simpul dengan bobot terkecil dan memasukkannya ke dalam himpunan solusi dengan awal pencarian simpul asal membutuhkan pengetahuan tentang semua jalur dan bobotnya. Algoritma Dijkstra yang diterapkan pada sistem ini akan berfungsi menemukan taksi paling layak bagi pelanggan dengan menggunakan paremeter jarak dan tingkat kepadatan lalu-lintas sebagai nilai bobotnya. ============================================================ The ability to perform tracking and routing of a motor vehicle is very useful in daily life - today, as security in personal vehicles, public transportation systems, fleet management and other mass transportation. In this study, we designed an application of Geographic Information System (GIS) that will be applied to public transport services. This system will be in real time tracking of the position of each vehicle (taxi) and is able to perform automated service to every request a taxi by passengers. Dijkstra's algorithm is a graph search algorithm that solves the shortest path problem that originates from one node to a graph with node weights can not be negative. The analysis was performed by examining the node with the smallest weight and put it into the set of solutions to the initial search origin node requires knowledge of all the lines and weight. Dijkstra's algorithm is applied to this system will work to find a taxi most feasible for customers using the parameter range and level of traffic density as weight values.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTE 621.384 191 Ind p
Uncontrolled Keywords: GPS, GIS, GSM, Dijkstra, TCP/IP
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5102.5 Modulation (Electronics), Demodulation (Electronics)
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Electrical Engineering > (S2) Master Theses
Depositing User: Mrs Anis Wulandari
Date Deposited: 04 Jan 2017 04:53
Last Modified: 27 Dec 2018 01:43
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/1295

Actions (login required)

View Item View Item