STUDI EKSPERIMENTAL PENGARUH MAPPING IGNITION TIMING TERHADAP UNJUK KERJA DAN EMISI ENGINE SINJAI 650cc FI BERBAHAN BAKAR PERTALITE DENGAN PENGGUNAAN ECU SUMI-IT

GURNITO, AHMAD (2016) STUDI EKSPERIMENTAL PENGARUH MAPPING IGNITION TIMING TERHADAP UNJUK KERJA DAN EMISI ENGINE SINJAI 650cc FI BERBAHAN BAKAR PERTALITE DENGAN PENGGUNAAN ECU SUMI-IT. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2111100013-undergraduate thesis.pdf]
Preview
Text
2111100013-undergraduate thesis.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kualitas bahan bakar sangat berpengaruh terhadap hasil
unjuk kerja engine, Hal ini berkaitan dengan kebijakan
pemerintah untuk memasarkan bahan bakar varian PERTALITE
dengan nilai RON 90 yang lebih tinggi dibanding bahan bakar
varian PREMIUM RON 88,. Untuk itu, perlu dilakukan suatu
penyesuaian ( setting ) untuk mengetahui perbedaan hasil unjuk
kerja dan emisi gas buang dari penggunaan bahan bakar dengan
properties yang berbeda tersebut, serta dibutuhkannya suatu
pengembangan Engine Control Unit yang mampu diprogram
sehingga variasi pembakaran dari sisi kontrol injeksi bahan
bakar dan waktu pengapian dapat dilakukan. Penelitian ini
difokuskan pada pemetaan ignition timing engine untuk
mendapatkan titik pengapian optimal fungsi rpm .Dengan
demikian, diharapkan terjadi peningkatan terhadap hasil unjuk
kerja engine.
Penelitian diawali dengan modifikasi ECU SUMI-IT
sebagai pusat kontrol yang menggunakan mikrokontroller AVR
ATMega128L yang kompatibel dengan software VEMS, serta
studi literatur mengenai bahan bakar PREMIUM dan
PERTALITE, untuk kemudian dilakukan pengujian dengan
penggunaan Premium pada kondisi standar sebagai kelompok
kontrol dan penggunaan Pertalite dengan variasi ignition timing
sebagai kelompok uji dengan mengambil 5 variasi advance
ignition timing 10°, 13°,16°, 19°, dan 21° BTDC. Pengujian
dilakukan menggunakan Eddy Current Dynamometer pada
bukaan katup kupu-kupu penuh ( Fully Open ) untuk memperoleh
daya maksimum pada tiap putaran mesin, dan pengaturan
putaran mesin yang diinginkan dilakukan dengan mengatur
besarnya beban. Pada setiap perubahan putaran mesin ( 1000,
1500, 2000, 2500, 3000, 3500, 4000, 4500 dan 5000 rpm)
dilakukan pencatatan data yang meliputi torsi, waktu konsumsi
bahan bakar tiap 25mL, serta data hasil uji emisi dari gas
analyzer. Hasil setting terbaik akan disimpan kedalam logfile
engine control unit.
Dari penelitian ini, didapatkan nilai AFR Pertalite yang
cenderung berada di atas Premium yang sesuai dengan analisa
kalor laten penguapan, serta mapping ignition timing dengan
kenaikan rata - rata torsi, daya, dan bmep sebesar 6.393 % relatif
terhadap pengapian standar, efisiensi thermal mengalami
kenaikan sebesar 5.409%, sfc mengalami penurunan rata-rata
sebesar 1.97%, serta emisi CO dan uHC mengalami penurunan,
masing masing sebesar 5.405% dan 7.443%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Engine Control Unit, Injection Control, Ignition Timing, SINJAI, PERTALITE,
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 04 Jan 2017 08:43
Last Modified: 26 Dec 2018 08:23
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/1308

Actions (login required)

View Item View Item