PENGARUH BAURAN PEMASARAN RETAIL TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN LENMARC MALL SURABAYA

PUTRANTO, OCKY DWI (2016) PENGARUH BAURAN PEMASARAN RETAIL TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN LENMARC MALL SURABAYA. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3212208004-Master_Theses.pdf]
Preview
Text
3212208004-Master_Theses.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pesatnya perkembangan pusat perbelanjaan di Surabaya menciptakan
persaingan yang ketat antar pusat perbelanjaan yang lokasinya berada dalam satu
kawasan yang sama dan berdekatan untuk saling menarik pengunjung. Walaupun
sudah beroperasi selama 5 tahun, hingga kini iklim Lenmarc Mall terlihat masih
sepi, hal tersebut dapat menurunkan keyakinan para peritel untuk menyewa ruang
di pusat pebelanjaan tersebut. Hal ini diindikasi dari rendahnya tingkat hunian
(occupancy rate) Lenmarc Mall yang saat ini masih pada level ±50%. Jika hal ini
dibiarkan, dapat dipastikan dalam jangka panjang Lenmarc Mall dapat terus
kehilangan pelanggannya yang mengakibatkan kerugian investasi perusahaan.
Oleh karena itu loyalitas pelanggan merupakan hal yang sangat penting ditengah
persaingan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana
bauran pemasaran retail sebagai salah satu aspek pemasaran dalam
mempengaruhi loyalitas pelanggan Lenmarc Mall. Penelitian mengenai
penerapan bauran pemasaran retail masih didominasi oleh toko modern atau retail
individu, oleh karena itu penelitian mengenai pengaruh penerapan bauran
pemasaran retail terhadap loyalitas pelanggan pada pusat perbelanjaan menarik
untuk dilakukan.
Responden penelitian ditetapkan sebanyak 100 responden yang diambil
dengan metode purposive dan accidental sampling. Data yang diperoleh dianalisa
dengan analisa deskriptif statistik, uji chi square test dan korelasi rank spearman
serta analisa regresi logistik ordinal dengan program SPSS 23.
Terdapat dua hasil yang dapat diungkapkan dalam penelitian ini. Pertama,
responden yang mewakili konsumen dalam penelitian ini mayoritas berada pada
kategori loyalitas sedang terhadap Lenmarc Mall. Yang kedua adalah tidak semua
variabel bauran pemasaran retail memiliki hubungan yang kuat dan berpengaruh
signifikan terhadap loyalitas pelanggan Lenmarc Mall. Variabel bauran pemasaran
retail yang memiliki hubungan yang kuat dan signifikan berpengaruh terhadap
loyalitas pelanggan Lenmarc Mall adalah variabel product, place, promotion, dan
service, sedangkan variabel price dan store atmosphere tidak memiliki hubungan
dan tidak berpengaruh nyata terhadap loyalitas pelanggan Lenmarc Mall. Hal
tersebut tidak lepas dari pengkoordinasian variabel bauran pemasaran retail oleh
manajemen Lenmarc Mall dan persaingan yang dihadapi. Implikasi dari hasil
penelitian ini adalah penerapan bauran pemasaran retail sebagai salah satu aspek
pemasaran dapat meningkatkan loyalitas pelanggan Lenmarc Mall. ========== The fast growing of shopping centers in Surabaya create the tight
competition between shopping centers that have the same location to attract
customers. Already in their fifth year, Lenmarc Mall still struggling to maintain
it's number of visitors, that factor could lower the retailer for renting the space in
that shopping center. This can be seen in the low level of occupancy rate which is
now still at 50% level. If this is happening for a longer period, Lenmarc Mall
surely will lose their customers and loss in the company's investing activity.
therefore, customers's loyalty is a very important factor in that competition. This
thesis intends to notify how far the retail marketing mix as one of the marketing
aspect on influencing the loyality of the Lenmarc Mall's Customers. The research
for marketing mix still dominated by modern store. Therefore, the research about
the application of marketing mix in the shopping center is a interesting one.
The thesis respondent was settled as many as 100 respondents that was
taken by purposive and accindental sampling methods. The data that was gained
had been analyzed by descriptive analysis, chi square test, and rank spearman
corelation as well as logistic ordinal regression analysis with SPSS 23 program.
There are two outcomes that can be clarified in this thesis. Firstly is that
respondent who represents customer in this thesis, its loyality is in the moderate
loyality category. Secondly this thesis expresses that are not all of the marketing
mix variable have a strong correlation that can affects the loyality of Lenmarc
Mall's customers. Retail marketing mix variable that has a strong correlation and
significantly affects the loyality of Lenmarc Mall's customers are product, place,
promotion, and service variable. In other side, price and store atmosphere variable
do not have correlation an real effect on the loyality of Lenmarc Mall's customer.
It can't be separated by the coordination of retail marketing mix variables and
competition which is faced by Lenmarc Mall. The implication by this research is
the application of marketing management through retail marketing mix variable
will surely raise the loyality of Lenmarc Mall's customer.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: bauran pemasaran, loyalitas pelanggan, mall, pusat perbelanjaan,retail, customers loyality, mall, marketing mix, retail, shopping center
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Architechture > 23101-(S2) Master Theses
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 05 Jan 2017 07:18
Last Modified: 27 Dec 2018 03:59
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/1337

Actions (login required)

View Item View Item