PEMBUATAN SOP IT SERVICE OPERATION BERDASARKAN GAP ANALYSIS DAN ITIL 2011

Restiana, Sella Wahyu and Susanto, Tony Dwi and Darmaningrat, Eko Wahyu Tyas (2015) PEMBUATAN SOP IT SERVICE OPERATION BERDASARKAN GAP ANALYSIS DAN ITIL 2011. Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, 2-3 November 2015. pp. 55-61.

[img] Text
198507292014042002_darmaningrat_pembuatan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)

Abstract

Penggunaan Teknologi Informasi (TI) memberikan manfaat bagi organisasi dalam efisiensi dan efektivitas proses bisnis yang dimiliki organisasi. Jurusan Sistem Informasi (JSI) pada Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) adalah salah satu organisasi yang memanfaatkan TI untuk mendukung proses bisnisnya dalam menyampaikan nilai (value) pada pengguna. Oleh karena itu, untuk memastikan layanan TI dapat berjalan dengan baik dan sesuai tujuan, diperlukan adanya tata kelola TI untuk mengontrol proses operasional layanan TI pada JSI. Tata kelola TI yang dihasilkan dari penelitian ini berupa Standard Operating Procedure (SOP) berbasis kerangka kerja Information Technology Infrastructure Library (ITIL) tahun 2011. Pembuatan SOP diinisialisasi dengan menggunakan metode gap analysis untuk mengukur tingkat kesenjangan antara kondisi kekinian service operation yang ada pada JSI dengan kondisi ideal service operation menurut ITIL 2011. SOP yang dihasilkan akan diverifikasi dan divalidasi dengan teknik wawancara dan simulasi. Penelitian ini dilakukan selama sembilan bulan pada tahun 2014-2015.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: standard operating procedure (SOP), service operation, GAP Analysis, ITIL 2011
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Faculty of Information Technology > Information System
Depositing User: Eko Wahyu Tyas Darmaningrat
Date Deposited: 10 Jan 2017 03:07
Last Modified: 10 Jan 2017 03:07
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/1420

Actions (login required)

View Item View Item