STUDI OPERABILITAS SPAR PLATFORM TIPE TRUSS DI SELAT MAKASSAR DENGAN SISTEM TAMBAT TAUT

DINARYO, MUHAMMAD (2016) STUDI OPERABILITAS SPAR PLATFORM TIPE TRUSS DI SELAT MAKASSAR DENGAN SISTEM TAMBAT TAUT. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4311100030-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
4311100030-Undergraduate_Theses.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

SPAR merupakan bangunan apung yang handal untuk beroperasi di tengah laut
dalam waktu yang lama dengan kondisi lingkungan ekstrim. Salah satu faktor
yang mempengaruhi efektivitas pengoperasian suatu sistem terapung di laut ialah
faktor keselamatan. Diperlukan kemampuan perancangan untuk memprediksi
perilaku bangunan laut ketika kondisi laut yang ganas harus dihadapi. Tugas
Akhir ini membahas tentang studi operabilitas struktur SPAR Platform pada
kondisi perairan di Selat Makassar yang memiliki kedalaman perairan sedalam
1021 m. Pemodelan software dilakukan terhadap struktur Horn Mountain SPAR
untuk mengetahui karakteristik gerakan struktur (kondisi free floating dan
tertambat) pada kondisi gelombang reguler dan gelombang acak. Pada kondisi
gelombang acak digunakan Spektrum JONSWAP untuk menggambarkan kondisi
perairan di Selat Makassar dengan arah pembebanan 00, 450 dan 900. Dari hasil
pemodelan diperoleh nilai maksimum SPAR saat kondisi free floating untuk
gerakan translasional adalah gerakan sway dan surge sebesar 4.51 m/m pada
frekuensi 0.02 rad/s dengan masing-masing arah heading memiliki nilai yang
sama besarnya. Nilai maksimum gerakan rotasional sebesar 2.136 deg/m pada
frekuensi 0.11 rad/s dengan arah heading 90° untuk gerakan pitch. Untuk kondisi
tertambat, nilai maksimum gerakan translasional SPAR terjadi pada struktur
dengan system 4 tali tambat dengan gerakan sway sebesar 0.3147 m/m pada
frekuensi 1.888 rad/s. Gerakan rotasional maksimum struktur terjadi pada struktur
saat system 4 tali tambat dengan nilai maksimal pada heading 0° sebesar 1.4821
deg/m pada frekuensi 0.781 rad/s untuk gerakan roll Dengan mengacu kriteria
seakeeping yang digunakan maka struktur SPAR platform masih dapat beroperasi
di Selat Makassar hingga pada ketinggian Hs = 1.8 m dengan operabilitas sebesar
93.93%.
===================================================================================================
SPAR is a reliable offshore structure that can be operated for a long time in an
extreme environmental condition. One factor affecting the operational
effectiveness of floating system in the ocean is safety factor. Design capability is
needed to predict offshore structure movement in violent waters. This final project
discussed about SPAR platform structure operability study in Makassar strait
water, with 1021 m water depth. Software modelling was employed towards Hom
Mountain SPAR to determine the structure motion character (free floating
condition and mooring condition) in regular wave and irregular wave. In irregular
wave, JONSWAP spectrum was employed to describe water condition in
Makassar Strait, with 0, 45, and 90 loading angles. The modelling produced
SPAR maximum values in free floating condition for translational motions are
surging motion and swaying motion, valued at 4.51m/m in 0.02 rad/s frequency
with each heading direction having the same values. Maximum value for
rotational motion is 2.136 deg/m in 0.11 rad/s frequency, with 90 heading
direction for pitching motion. On mooing condition, occurred in 4 mooring ropes
system structure, the maximum value for SPAR translational motion is 0.3147
m/m in 1.888 rad/s frequency for swaying motion. Maximum value for rotational
motion with 90 heading direction is 2.136 deg/m in 0.11 rad/s frequency, for
rolling motion. According to seakeeping criteria, SPAR platform structure is
capable to be operated in Makassar Strait up to Hs = 1.8 m height, with 93.93%
operability.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Truss SPAR Platform, respon gerakan, RAO, gelombang acak, operabilitas
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering
T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC1680 Offshore structures
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Fandika aqsa
Date Deposited: 11 Jan 2017 06:44
Last Modified: 26 Dec 2018 07:11
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/1483

Actions (login required)

View Item View Item