STUDI OPERABILITAS SPAR PLATFORM TIPE TRUSS DI SELAT MAKASSAR DENGAN SISTEM TAMBAT TAUT

DINARYO, MUHAMMAD (2016) STUDI OPERABILITAS SPAR PLATFORM TIPE TRUSS DI SELAT MAKASSAR DENGAN SISTEM TAMBAT TAUT. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4311100030-Undergraduate_Theses.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

SPAR merupakan bangunan apung yang handal untuk beroperasi di tengah laut dalam waktu yang lama dengan kondisi lingkungan ekstrim. Salah satu faktor yang mempengaruhi efektivitas pengoperasian suatu sistem terapung di laut ialah faktor keselamatan. Diperlukan kemampuan perancangan untuk memprediksi perilaku bangunan laut ketika kondisi laut yang ganas harus dihadapi. Tugas Akhir ini membahas tentang studi operabilitas struktur SPAR Platform pada kondisi perairan di Selat Makassar yang memiliki kedalaman perairan sedalam 1021 m. Pemodelan software dilakukan terhadap struktur Horn Mountain SPAR untuk mengetahui karakteristik gerakan struktur (kondisi free floating dan tertambat) pada kondisi gelombang reguler dan gelombang acak. Pada kondisi gelombang acak digunakan Spektrum JONSWAP untuk menggambarkan kondisi perairan di Selat Makassar dengan arah pembebanan 00, 450 dan 900. Dari hasil pemodelan diperoleh nilai maksimum SPAR saat kondisi free floating untuk gerakan translasional adalah gerakan sway dan surge sebesar 4.51 m/m pada frekuensi 0.02 rad/s dengan masing-masing arah heading memiliki nilai yang sama besarnya. Nilai maksimum gerakan rotasional sebesar 2.136 deg/m pada frekuensi 0.11 rad/s dengan arah heading 90° untuk gerakan pitch. Untuk kondisi tertambat, nilai maksimum gerakan translasional SPAR terjadi pada struktur dengan system 4 tali tambat dengan gerakan sway sebesar 0.3147 m/m pada frekuensi 1.888 rad/s. Gerakan rotasional maksimum struktur terjadi pada struktur saat system 4 tali tambat dengan nilai maksimal pada heading 0° sebesar 1.4821 deg/m pada frekuensi 0.781 rad/s untuk gerakan roll Dengan mengacu kriteria seakeeping yang digunakan maka struktur SPAR platform masih dapat beroperasi di Selat Makassar hingga pada ketinggian Hs = 1.8 m dengan operabilitas sebesar 93.93%. =================================================================================================== SPAR is a reliable offshore structure that can be operated for a long time in an extreme environmental condition. One factor affecting the operational effectiveness of floating system in the ocean is safety factor. Design capability is needed to predict offshore structure movement in violent waters. This final project discussed about SPAR platform structure operability study in Makassar strait water, with 1021 m water depth. Software modelling was employed towards Hom Mountain SPAR to determine the structure motion character (free floating condition and mooring condition) in regular wave and irregular wave. In irregular wave, JONSWAP spectrum was employed to describe water condition in Makassar Strait, with 0, 45, and 90 loading angles. The modelling produced SPAR maximum values in free floating condition for translational motions are surging motion and swaying motion, valued at 4.51m/m in 0.02 rad/s frequency with each heading direction having the same values. Maximum value for rotational motion is 2.136 deg/m in 0.11 rad/s frequency, with 90 heading direction for pitching motion. On mooing condition, occurred in 4 mooring ropes system structure, the maximum value for SPAR translational motion is 0.3147 m/m in 1.888 rad/s frequency for swaying motion. Maximum value for rotational motion with 90 heading direction is 2.136 deg/m in 0.11 rad/s frequency, for rolling motion. According to seakeeping criteria, SPAR platform structure is capable to be operated in Makassar Strait up to Hs = 1.8 m height, with 93.93% operability.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Truss SPAR Platform, respon gerakan, RAO, gelombang acak, operabilitas
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering
T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC1680 Offshore structures
Divisions: Faculty of Marine Technology > Ocean Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Mr. Fandika aqsa
Date Deposited: 11 Jan 2017 06:44
Last Modified: 26 Dec 2018 07:11
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/1483

Actions (login required)

View Item View Item