KAJIAN TEKNIS SISTEM KAPAL BERBAHAN BAKAR CNG PADA KAPAL RO – RO 1000GT

ASSHOLEH, RHOJULUN (2016) KAJIAN TEKNIS SISTEM KAPAL BERBAHAN BAKAR CNG PADA KAPAL RO – RO 1000GT. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4213106018-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview

Abstract

Meningkatnya jumlah perindustrian telah menyebabkan pertumbuhan yang fenomenal dalam permintaan transportasi di seluruh dunia. Berkenaan dengan peraturan emisi yang semakin ketat banyak dari produsen mesin yang berusaha menciptakan mesin yang bukan lagi berbahan bakar konvensional melainkan Gas, yang diharapkan dapat memberikan emisi yang lebih bersih dibandingkan bahan bakar konvensional. Saat ini lebih dari 19juta kendaraan sudah dioprasikan dengan menggunakan bahan bakar gas kususnya Compresed Natural Gas (CNG). Oleh karena itu, dalam dalam tugas akhir ini menyajikan latar belakang pengguanaan sistem bahan bakar CNG pada kapal RO-RO 1000gt, yang dibandingkan dengan kapal yang menggunakan sistem bahan bakar konvensional. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar keuntungan menggunakankan sistem bahan bakar CNG dari segi dimensi pipa, biaya bahan bakar dan biaya pipa pada kedua sistem tersebut. Indikator utama karena adanya penilaian hematnya penggunaan CNG sebagai bahan bakar kapal adalah: Penggunaan pipa yang tidak terlalu besar, biaya bahan bakar CNG yang 1/3 lebih murah dari bahan bakar konvensional dan penghematan pada pembelian pipa sistem bahan bakar CNG yang hampir 1/5 dari pipa pada sistem bahan bakar konvensional dan aspek keselamatan. ========== The increasing number of industry has led to a phenomenal growth in transport demand throughout the world. With regard to the increasingly stringent emission regulations a lot of machine manufacturers who seek to create a machine that is no longer a conventional fuel but gas, which is expected to provide cleaner emissions than conventional fuels. Currently more than 19juta vehicle is dioprasikan using gas fuel kususnya compresed Natural Gas (CNG). Therefore, in the thesis presents the background pengguanaan CNG fuel system in the RO-RO ships 1000gt, compared with ships using conventional fuel systems. In this study aims to determine how much profit menggunakankan CNG fuel system in terms of the dimensions of the pipe, the cost of fuel and the cost of the pipeline on both systems. The main indicator for the assessment thrifty use of CNG as fuel for ships is: The use of a pipe that is not too big, fuel costs are 1/3 CNG is cheaper than conventional fuels and savings on the purchase of CNG fuel system pipe that almost 1/5 of pipe in the fuel system of conventional and safety aspects. Result

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Emisi, Konvensional, Compressed Natural, Gas menu, Emission, Conventional, Compressed Natural Gas
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology > Marine Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 11 Jan 2017 08:13
Last Modified: 26 Dec 2018 03:29
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/1494

Actions (login required)

View Item View Item