ANALISIS BIAYA PERBAIKAN KONSTRUKSI KAPAL IKAN BERBAHAN BAKU FIBER-REINFORCED PLASTIC BERDASARKAN TINGKAT KERUSAKAN AKIBAT TUMBUKAN

FIRDIYANSYAH, MIFTAKHUL ANDI (2014) ANALISIS BIAYA PERBAIKAN KONSTRUKSI KAPAL IKAN BERBAHAN BAKU FIBER-REINFORCED PLASTIC BERDASARKAN TINGKAT KERUSAKAN AKIBAT TUMBUKAN. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4109100053-Undergraduate_thesis.pdf] Text
4109100053-Undergraduate_thesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Sekarang ini bahan baku fiberglass masih banyak digunakan dalam industri
perkapalan. Hal ini dibuktikan dengan masih banyaknya kapal ikan yang dibangun
menggunakan bahan baku fiberglass. Dalam beroperasi, kapal fiberglass seringkali
mengalami kerusakan akibat benturan dengan dermaga atau dengan kapal lain. Terjadinya
kerusakan ini mengakibatkan keraguan pihak pemilik kapal dalam melakukan perbaikan
kapal. Tumbukan yang keras mengakibatkan kerusakan pada bagian sisi, geladak dan alas dan
bahkan kerusakan satu ring blok kapal. Secara teknis, bagian-bagian yang rusak pada kapal
masih bisa diperbaiki dengan metode perbaikan konvensional. Analisis dari segi kekuatan
didapatkan kesimpuan bahwa kapal mengalami penurunan kekuatan pada daerah sambungan
dikarenakan adanya perbedaan nilai modulus young pada material kapal dan material
sambungan. Penurunan ini cukup besar yaitu 8.9%. Pengaruh penurunan nilai moulus young
pada stress yang bekerja pada konstruksi kapal dapat dianalisis dengan menggunakan
pemodelan numerik. Hasil analisis memodelan dapat disimpulkan bahwa besar stress yang
bekerja pada badan kapal masih dibawah nilai yang diizinkan material yaitu sebesar 3.63 x
108 Pa. Sedangkan nilai maksimum pada pengujian model numerik hanya sebesar 0.462 x 108
Pa. Sedangkan dari segi ekonomis proses reparasi kapal terdiri dari beberapa komponen
biaya. Komponen-komponen biaya tersebut meliputi biaya material langsung, biaya tenaga
kerja langsung, biaya overhead dan biaya jasa pengedokan. Besar biaya yang harus
dikeluarkan oleh pemilik kapal berbanding lurus dengan besar kerusakan yang terjadi.
Peningkatan besar biaya yang dikeluarkan tiap kenaikan 1% rata-rata sebesar Rp
3.368.491,03.

============================================================

Nowdays fiberglass material are still widely used in the world of shipbuilding
industry. It is seen from the number of fishing boats that are built using fiberglass. During
operation, fiberglass boat are often damaged in a collision because of a dock or another boat.
This damage mae owner feel doubt in conducting ship repair. Hard collision resulted in
damage to the side, deck and bottom and even damage to the boat ring block. Technically, the
damage area on the boat can be repaired with conventional repair methods. Analysis in term
of strength, was concluded that the boat has decreased streng in the connection area due to
the difference of young’s modulus of the boat and material connections. The dicrease is quite
large at 8.9%. The effect of reduction of young’s modulus on boat hull stress can be analyzed
with numerical modeling. The result of the modeling analysis can be concluded that the major
stress on the hull still bellow the allowable that is equal to 3.63 x 108Pa. The maximum value
of of numerical model testing is 0.462 x 108Pa. While economically boat repair process
consist of several cost components. The components of such costs include direct material
costs, direct labor costs, overhead costs and docking costs. The costs to be incured by the
owner is direct proportional to the damage occured. The increase of cost every 1% increase
is Rp 3.368.491,03.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 623.823 4 Fir a
Uncontrolled Keywords: Fiberglass, Kapal Ikan, Modulus Young, Biaya Reparasi
Subjects: V Naval Science > VC Naval Maintenance
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Anis Wulandari
Date Deposited: 11 Jan 2017 08:14
Last Modified: 11 Jan 2017 08:14
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/1495

Actions (login required)

View Item View Item