SIMULASI BONGKAR MUAT TPS(TERMINAL PETIKEMAS SURABAYA)UNTUK MENGOPTIMALKAN PRODUKSI BONGKAR MUAT

ROHMAN, M FAJAR (2016) SIMULASI BONGKAR MUAT TPS(TERMINAL PETIKEMAS SURABAYA)UNTUK MENGOPTIMALKAN PRODUKSI BONGKAR MUAT. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2107100174-Undergraduate_thesis.pdf]
Preview
Text
2107100174-Undergraduate_thesis.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Saat ini pelabuhan TPS menangani bongkar muat sebanyak 1,2
juta TEUS dan diperkirakan akan terus mengalami peningkatan sekitar
7% pertahunnya. Pada beberapa tahun kedepan diperkirakan jumlah
kapal yang datang harus mengantri
Permasalahan ini akan dievaluasi untuk mendapatkan penyebab
antrian kapal dengan menggunakan software Discrete Even Simulation
EXTEND6. Pada simulasi ini, dermaga dan semua fasilitas pelabuhan
seperti head truck(HT), container crane(CC), rubber tyred
gantry(RTG), dan yard untuk kontainer akan dievaluasi untuk melihat
kekritisannya.
Dari hasil simulasi terlihat bahwa antrain kapal mulai terjadi pada
kenaikan 10%. Pada kenaikan hingga 30%, rata-rata antrian kapal
mencapai 149 kapal dengan waktu tunggu 553,6 jam. Penyebab utama
antrian adalah kurangnya panjang dermaga. Pada beban naik 30% ini,
menambah panjang dermaga 200 meter akan menurunkan antrian kapal
menjadi 7,2 kapal dan waktu tunggu menjadi 53,8 jam.

================================================================

Currently, port of TPS handles loading-unloading process up to
1.2 million TEUS and is predicted growth about 7% annually. In the
next few years it is estimated that the number of ships calling have to
queuebefore berthing.
This problem will be evaluated to obtain the cause of the vessel
queuing using Discrete Event Simulation EXTEND6 software. In this
simulation, the berth and all port facilities such as truck head (HT),
container cranes (CC), rubber tyred gantry (RTG), and container yards
will be evaluated to see criticality.
From the simulation results shown that the ships queuing began
on a 10% increasing of ships arrival. When it increase up to 30%, the
average queue of ships reached 149 ships with a waiting time of 553.6
hours. The main problem is the lack of berth shipping. On load increase
of 30%, adding a berth length of 200 meters will reduce the ship queue
to 7.2 vessel and the wait time to 53.8 hours.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 623.888 1 Roh s
Uncontrolled Keywords: bongkar muat, TEUS, rubber tyred gantry, container crane, head truck, TEUS, EXTEND 6.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ223 PID controllers
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Anis Wulandari
Date Deposited: 13 Jan 2017 08:33
Last Modified: 27 Dec 2018 06:32
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/1558

Actions (login required)

View Item View Item