ANALISIS TEKNIS DAN EKONOMIS PENGEMBANGAN GALANGAN REPAIR KAPAL KHUSUS LNG SHIP

ALFADJRI, MUHAMMAD FATCHI (2014) ANALISIS TEKNIS DAN EKONOMIS PENGEMBANGAN GALANGAN REPAIR KAPAL KHUSUS LNG SHIP. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
4108100086-Undergraduate_Theses.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Tujuan dari pengerjaan tugas akhir ini adalah untuk menganalisa aspek teknis dan ekonomis dari pengembangan galangan reparasi kapal khusus kapal LNG. Pertama, dilakukan analisa potensi pasar reparasi kapal LNG yang dapat memberikan nilai tambah cukup tinggi bagi galangan kapal. Kedua, dilakukan analisa aspek teknis penyesuaian fasilitas reparasi untuk pasar yang mungkin diambil oleh galangan kapal. Ketiga, dilakukan analisa aspek ekonomis terhadap kelayakan rencana penyesuaian fasilitas reparasi tersebut. Berdasarkan hasil analisa pasar yang dilakukan, pasar reparasi kapal LNG yang layak diambil oleh galangan adalah kapal LNG dengan kapasitas kira - kira 150,000 CuM. Karena ukuran kapal LNG dengan kapasitas 150,000 CuM yang cukup besar dan penanganan terhadap kapal LNG saat akan docking harus dilakukan dengan seaman mungkin dengan minimum goncangan, maka galangan reparasi ini akan menggunakan dock space berupa graving dock untuk kapal LNG dengan kapasitas maksimal 150,000 CuM. Pada waktu yang bersamaan perlu dibangun beberapa fasilitas seperti bengkel - bengkel fasilitas khusus keperluan kapal LNG, steel stock facility, bangunan kantor, dan bengkel - bengkel lainnya, serta melakukan perhitungan peralatan dan permesinan pada bengkel - bengkel yang telah direncanakan. Biaya investasi yang dikeluarkan oleh galangan kapal diperkirakan sebesar Rp 604 Milyar dengan perkiraan BEP (Break Even Point) terjadi pada tahun ke-16. =================================================================================================== The main objective of this final project is to analyze technical and economical aspect of the development of shipyard to repair and maintain LNG ship. Firstly, the potential market of highly potential value of LNG ship repair work was analysed. Secondly, the technical aspects required in order to fulfill the requirement of the selected potential market was evaluated. Thirdly, the analysis of economical aspect was then undergone. Based on the result of market analysis, the appropriate LNG ship capacity repair market shall be in the area of LNG carrier with size of about 150,000 CuM. A 150,000 CuM LNG carrier is categorised as a large ship. In order to meet the safety requirement, a 150,000 CuM LNG carrier capacity of graving dock was proposed to be built in this repair shipyard. In the same time, some facilities need to be built such as workshops specifically for the needs of LNG ship, steel stock facility, office building, and other workshops, and also doing calculations with some tools and machines on workshops that will be used. The total investment cost is estimated about Rp 604 Billion that can be returned within 16 years.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Galangan, Reparasi, Kapal LNG, Aspek Pasar, Aspek Teknis, Aspek Ekonomis, Investasi, BEP (Break Even Point)
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology > Naval Architecture > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Mr. Fandika aqsa
Date Deposited: 14 Jan 2017 03:12
Last Modified: 14 Jan 2017 04:00
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/1569

Actions (login required)

View Item View Item