FUAD, APRILIA CHOIRUL LATHIFAH (2014) PERENCANAAN BEBAN PENDINGINAN PADA KABIN PESAWAT BOEING 737-300 (B737-300). Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
2111030006-Diploma.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Keamanan dan kenyamanan merupakan faktor
penting dalam sistem pengondisian udara khususnya pada
pesawat terbang. Dengan semakin bertambahnya ketinggian
jelajah (altitude) pesawat maka tekanan dan suhu disekitar
pesawat akan semakin rendah, sehingga diperlukan sistem
refrigerasi yang memenuhi syarat untuk kondisi pada
ketinggian sea level dan tinggi jelajah maksimum.
Beberapa penyebab terjadinya kenaikan temperatur
pada kabin adalah panas yang dilepas oleh penumpang dan
awak kabin, radiasi matahari, alat listrik dan elektronik
yang digunakan dipesawat, serta adanya pengaruh udara
ram, dimana udara ram adalah panas yang terjadi karena
gesekan udara dengan badan pesawat (fuselage).Oleh
karena itu, beban panas ini perlu dilakukan analisa dan
diperhitungkan, sehingga akan diketahui berapa besar beban
yang akan ditanggung oleh mesin pendingin.
Dari hasil perhitungan pada pesawat Boeing 737-300
maka yang ditanggung oleh beban pendingin dari jumlah
beban panas yang dihasilkan dari dalam kabin pada 2
kondisi yang berbeda, yaitu pada saat kondisi Ground Idle
adalah sebesar 124113,4124
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Temperatur, Ketinggian dan Kecepatan |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21401-(D3) Diploma 3 |
Depositing User: | Mr. Fandika aqsa |
Date Deposited: | 16 Jan 2017 03:06 |
Last Modified: | 16 Jan 2017 03:06 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/1594 |
Actions (login required)
View Item |