PERENCANAAN BEBAN PENDINGINAN PADA KABIN PESAWAT BOEING 737-300 (B737-300)

FUAD, APRILIA CHOIRUL LATHIFAH (2014) PERENCANAAN BEBAN PENDINGINAN PADA KABIN PESAWAT BOEING 737-300 (B737-300). Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
2111030006-Diploma.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Keamanan dan kenyamanan merupakan faktor penting dalam sistem pengondisian udara khususnya pada pesawat terbang. Dengan semakin bertambahnya ketinggian jelajah (altitude) pesawat maka tekanan dan suhu disekitar pesawat akan semakin rendah, sehingga diperlukan sistem refrigerasi yang memenuhi syarat untuk kondisi pada ketinggian sea level dan tinggi jelajah maksimum. Beberapa penyebab terjadinya kenaikan temperatur pada kabin adalah panas yang dilepas oleh penumpang dan awak kabin, radiasi matahari, alat listrik dan elektronik yang digunakan dipesawat, serta adanya pengaruh udara ram, dimana udara ram adalah panas yang terjadi karena gesekan udara dengan badan pesawat (fuselage).Oleh karena itu, beban panas ini perlu dilakukan analisa dan diperhitungkan, sehingga akan diketahui berapa besar beban yang akan ditanggung oleh mesin pendingin. Dari hasil perhitungan pada pesawat Boeing 737-300 maka yang ditanggung oleh beban pendingin dari jumlah beban panas yang dihasilkan dari dalam kabin pada 2 kondisi yang berbeda, yaitu pada saat kondisi Ground Idle adalah sebesar 124113,4124

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Temperatur, Ketinggian dan Kecepatan
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > (D3) Diploma
Depositing User: Mr. Fandika aqsa
Date Deposited: 16 Jan 2017 03:06
Last Modified: 16 Jan 2017 03:06
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/1594

Actions (login required)

View Item View Item