STUDI EKSPERIMEN KARAKTERISTIK MESIN PENCARI POSISI LETAK TITIK BERAT CRANKSHAFT DENGAN MEMANFAATKAN GAYA SENTRIFUGAL

HENDRA, DWI K (2014) STUDI EKSPERIMEN KARAKTERISTIK MESIN PENCARI POSISI LETAK TITIK BERAT CRANKSHAFT DENGAN MEMANFAATKAN GAYA SENTRIFUGAL. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2109100109-Undergraduate_thesis.pdf] Text
2109100109-Undergraduate_thesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pemerintah menyelenggarakan sebuah program riset
mobil nasional yang dipelopori oleh PT Industri Kereta Api dan
BPPT. Seiring berjalannya waktu, BPPT bekerjasama dengan
Teknik Mesin ITS Surabaya untuk membuat engine mobil
produksi lokal Jawa Timur. Untuk menunjang produksi mesin
tersebut dibutuhkan beberapa peralatan pendukung seperti: mesin
pencari posisi letak titik berat crankshaft. Mesin ini hasil produksi
lokal ITS ini bekerja dengan memanfaatkan motor listrik sebagai
sumber utama penggerak crankshaft dan defleksi pegas sebagai
indikator adanya gaya sentrifugal akibat titik berat crankshaft
yang tidak segaris dengan sumbu putar ketika proses pengujian,
namun pada operasionalnya belum diketahui berapa besar
kecepatan putaran motor dan konstanta pegas yang sesuai.
Penelitian ini dilakukan untuk menentukan kecepatan putaran
motor listrik dan konstanta pegas yang sesuai untuk mesin pencari
posisi letak titik berat crankshaft engine 2 silinder dengan
memanfaatkan gaya sentrifugal.
Pengujian ini dilakukan pada crankshaft 2 silinder
kapasitas 650 cc dari mesin mobil GEA produksi lokal ITS.
Adapun peralatan yang digunakan antara lain: mesin pencari
posisi letak titik berat crankshaft, penggaris, tachometer,
oscilloscope, dan akselerometer. Pengambilan data dilakukan
dengan memvariasikan kecepatan putaran motor listrik dan
konstanta pegas pada setiap pengujian. Variasi dari kecepatan
yang akan digunakan adalah set up pada inverter sebesar 4 Hz, 5
Hz dan 6 Hz. Untuk konstanta pegas yang digunakan ada 3
macam, yakni dengan pegas I sebesar 1962 N/m, pegas II sebesar
6131,25 N/m, dan pegas III sebesar 12262,5 N/m. Dari pengujian
ini, didapatkan data kecepatan putaran motor listrik, besar
defleksi pegas, dan percepatan translasi. Selain itu, ada beberapa
konstanta lain yang telah diketahui nilainya seperti inersia dan
massa dari crankshaft dan rangka penyangga crankshaft dari
mesin ini. Dari data ini akan dilakukan analisa perhitungan
dengan perumusan yang telah ditentukan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai esentrisitas
dan LCG letak titik berat crankshaft dengan menggunakan variasi
pegas II dan set up inverter sebesar 4 Hz memiliki tingkat akurasi
yang paling mendekat dengan nilai esentrisitas dan LCG crankshaft
berdasarkan desain. Jadi data disimpulkan bahwa pegas II dan set
up inverter 4 Hz adalah kondisi paling akurat untuk menunjukkan
letak titik berat crankshaft menggunakan mesin pencari posisi
letak titik berat crankshaft engine 2 silinder produksi lokal ITS.

=====================================================================

The Indonesian Government has organized a national car
research program that is pioneered by PT. Industri Kereta Api
and BPPT. Over time, BPPT has joined with Mechanical
Engineering Departement of ITS Surabaya for making a car
engine that is produced in East Java. To support the production
of engine is needed some support equipments such as: engine
seeker of center of gravity crankshaft position. This engine works
by using electric motor as resource that rotates crankshaft and
deflection of spring as indicator absence centrifugal force caused
by rotation of center of gravity of crankshaft when it is tested, but
this operation is not known yet how much rotation speed of
electric motor and appropriate spring constant. This study is
conducted to determine the rotation speed of electric motor and
the appropriate spring constant to engine seeker of center of
gravity crankshaft position using centrifugal force
This test is performed on the crankshaft 2 cylinders
capacity 650 cc of engine production GEA car. The equipments
used consist of: a engine seeker of center of gravity crankshaft, a
ruler, a tachometer, a oscilloscope and accelerometer. Collecting
data performed by varying the rotation speed of the electric
motor and the spring constant on each test. The variation of the
speed to be used set up on the inverter at 4 Hz, 5 Hz and 6 Hz.
For spring constants are used by three of kinds, the first spring by
1962 N / m, the second spring by 6131.25 N / m, and the third
spring by 12262.5 N / m. From this test, the data obtained
rotation speed of the electric motor, a large deflection of the
spring, and translational acceleration. Besides that, there are
some other constants that have known the values such as inertia
and mass of the crankshaft, and cantilever frame of the engine
crankshaft. This data is analyzed by calculating a predetermined
formulation.
The results show that the value of the eccentricity and the
location of center of gravity (LCG) crankshaft by using a
variation of the second spring and set up the inverter for 4 Hz
have the most accuracy rate approaching eccentricity and LCG
values based on the design of the crankshaft. So the data can be
concluded that the spring II and set up the inverter 4 Hz is the
most accurate condition to indicate the location of center of
gravity the crankshaft using the engine seeker positioning center
of gravity 2-cylinders crankshaft by production of ITS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 621.816 Hen s
Uncontrolled Keywords: Kecepatan putaran motor listrik, konstanta pegas, mesin pencari posisi letak titik berat crankshaft
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ799 Diesel motor--Electronic control.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Anis Wulandari
Date Deposited: 17 Jan 2017 04:01
Last Modified: 17 Jan 2017 04:01
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/1635

Actions (login required)

View Item View Item