STUDI EKSPERIMEN DAN ANALISA PENGARUH PERUBAHAN KOMBINASI MASSA ROLLER DAN KONSTANTA PEGAS PADA CONTINUOUS VARIABLE TRANSMISSION (CVT) TERHADAP PERFORMA KENDARAAN VARIO 125 PGM-FI

HARIYANTO, MUHAMMAD DWI (2016) STUDI EKSPERIMEN DAN ANALISA PENGARUH PERUBAHAN KOMBINASI MASSA ROLLER DAN KONSTANTA PEGAS PADA CONTINUOUS VARIABLE TRANSMISSION (CVT) TERHADAP PERFORMA KENDARAAN VARIO 125 PGM-FI. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2109100147-Abstract.pdf]
Preview
Text
2109100147-Abstract.pdf - Published Version

Download (374kB) | Preview
[thumbnail of 2109100147-Undergraduate Thesis.pdf]
Preview
Text
2109100147-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 2109100147-conclusion.pdf]
Preview
Text
2109100147-conclusion.pdf - Published Version

Download (359kB) | Preview

Abstract

Saat ini inovasi otomotif khususnya sepeda motor terus
dikembangkan untuk mendapatkan kestabilan dan kenyamanan
dalam pengendalian. Produsen otomotif khususnya roda dua
(sepeda motor) telah memproduksi kendaraan yang memakai
sistem transmisi otomatik yang disebut dengan CVT
(Continuously Variable Transmission) sistem. Sistem transmisi ini
tidak menggunakan roda gigi namun memanfaatkan sistem pulley
and belt. Dipasaran terdapat banyak variasi massa roller dan
pegas CVT yang dijual namum memiliki nilai massa dan tingkat
kekerasan yang berbeda-beda. Diindikasikan bahwa pemilihan
kombinasi massa roller dan pegas CVT yang sesuai, dapat
memperbaiki performa dari kendaraan. Dari hal itu dapat dilihat
apakah ada pengaruh dari sistem transmisi terhadap performa
kendaraan
Parameter pembanding dari kendaraan yang memiliki
kombinasi massa roller dan pegas CVT yang sesuai mengacu
pada dua hal yaitu gaya dorong dan percepatan kendaraan.
Untuk mendapatkan gaya dorong dari masing-masing variasi
kombinasi, perlu dilakukan pengujian dynotest pada roda
belakang yang nantinya akan didapatkan output berupa torsi
engine sebagai fungsi putaran engine. dari data ini akan dirubah
iii
menjadi gaya traksi sebagai fungsi kecepatan kendaraan.
Percepatan masing-masing kombinasi didapatkan dari hasil gaya
dorong bersih dibagi dengan faktor massa dari komponen
kendaraan yang berotasi dikali massa total kendaraan. Nilai
gaya dorong dan percepatan pada setiap variasi kombinasi
nantinya dibandingkan dengan nilai hasil perhitungan. Hasil
perhitungan pengujian tersebut kemudian dibandingkan dengan
hasil perhitungan secara analitis. Untuk mendapatkan gaya
dorong dan percepatan berpedoman pada karakterisitik torsi
mesin Vario 125 PGM FI sebagai fungsi rpm. Dari data torsi
mesin akan dirubah menjadi gaya dorong dengan terlebih dahulu
mencari rasio CVT tiap-tiap variasi kombinasi dengan
persamaan keseimbangan gaya pada pulley driven dan
driver.sedangkan untuk mendapatkan nilai percepatan sama
dengan perhitungan pada pengujian.
Dari penelitian ini didapatkan kombinasi massa roller
15 gr dan konstanta pegas 9,5 N/mm memiliki nilai gaya dorong
dan percepatan paling tinggi dibandingkan dengan dengan
kombinasi lain yang ada dipasaran pada kecepatan awal hingga
50 km/jam yaitu 906,899 N dan 3,433 m/s2 pada kecepatan 10,61
km/jam. Pada kombinasi ini mampu melalui sudut tanjakan
maksimal sebesar 31,8°. Pada kondisi perkotaan disarankan
menggunakan kombinasi 18 gr dan konstanta pegas 34,9 N/mm
karena memiliki nilai gaya dorong sebesar 997,484 N, nilai
percepatan sebesar 3,7868 m/s2 pada kecepatan 9,646 km/jam,
serta mampu menempuh sudut tanjakan maksimal 35,5°.

=====================================================================================================

Currently automotive innovation especially motorcycles
continue to be developed to get the stability and comfort in the
control. Automotive manufacturers especially two wheel
(motorcycle) has been producing vehicles that use automatic
transmission system famous CVT (Continuously Variable
Transmission) system. This transmission system does not use
gears, but utilizing pulley and belt system.. In the market there
are many variations of mass and spring CVT sold but have
masses and the different level of stiffness. The hypothesis is the
choice for mass roller and spring right combination can fix the
vehicle performance. From that thing can see if there is an effect
from the transmission system towards vehicle performance.
Comparing parameter from the vehicle which have
mass roller and spring right combination refer to thrust force and
acceleration of vehicle. To obtain thrust force from every
variation combination, we must doing the dynamometer test
experiment to get engine torque and rotation from the rear wheel.
To get thrust force from convert the data as vehicle velocity. Each
acceleration from every combination got by dividing thrust force
by result of mass factor from rotating component of vehicle and
total mass of vehicle. The result of the experiment compare by
vii
analytical result. To get the thrust force and acceleration vehicle
based on engine torque characteristic Vario 125 PGM-FI as
engine rotation function. To get thrust force from convert the data
as vehicle velocity firstly we find CVT ratio every combination
with equilibrium equation at driver and driven pulley, on the
other hand to get value of acceleration same with the experiment
calculation.
From the experiment we get largest value of thrust force
and acceleration with combination of roller mass 15 gram and
coefficient damping 9,5 N/mm compare by the other combination
in the market from the start until 50 km/h is 906,899 N and 3,433
m/s2at speed 10,61 km/h. with this combination can through the
inclination of slope maximum is 31,8°. In the city suggest use
combination roller mass 18 gram and coefficient damping 34,9
N/mm because have largest value thrust force and acceleration is
997,484 N and 3,7868 m/s2at speed 9,646 km/h. and can through
the inclination of slope maximum is35,5°.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 621.85 Har s
Uncontrolled Keywords: Transmisi Otomatis, Ratio Pulley, Roller, Pegas, Continuously Variable Transmission,
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ799 Diesel motor--Electronic control.
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 17 Jan 2017 08:33
Last Modified: 26 Dec 2018 08:33
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/1639

Actions (login required)

View Item View Item