STUDI EKSPERIMEN DAN ANALISA PENGARUH PERUBAHAN KOMBINASI MASSA ROLLER DAN KONSTANTA PEGAS PADA CONTINUOUS VARIABLE TRANSMISSION (CVT) TERHADAP PERFORMA KENDARAAN VARIO 125 PGM-FI

HARIYANTO, MUHAMMAD DWI (2016) STUDI EKSPERIMEN DAN ANALISA PENGARUH PERUBAHAN KOMBINASI MASSA ROLLER DAN KONSTANTA PEGAS PADA CONTINUOUS VARIABLE TRANSMISSION (CVT) TERHADAP PERFORMA KENDARAAN VARIO 125 PGM-FI. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2109100147-Abstract.pdf - Published Version

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2109100147-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2109100147-conclusion.pdf - Published Version

Download (359kB) | Preview

Abstract

Saat ini inovasi otomotif khususnya sepeda motor terus dikembangkan untuk mendapatkan kestabilan dan kenyamanan dalam pengendalian. Produsen otomotif khususnya roda dua (sepeda motor) telah memproduksi kendaraan yang memakai sistem transmisi otomatik yang disebut dengan CVT (Continuously Variable Transmission) sistem. Sistem transmisi ini tidak menggunakan roda gigi namun memanfaatkan sistem pulley and belt. Dipasaran terdapat banyak variasi massa roller dan pegas CVT yang dijual namum memiliki nilai massa dan tingkat kekerasan yang berbeda-beda. Diindikasikan bahwa pemilihan kombinasi massa roller dan pegas CVT yang sesuai, dapat memperbaiki performa dari kendaraan. Dari hal itu dapat dilihat apakah ada pengaruh dari sistem transmisi terhadap performa kendaraan Parameter pembanding dari kendaraan yang memiliki kombinasi massa roller dan pegas CVT yang sesuai mengacu pada dua hal yaitu gaya dorong dan percepatan kendaraan. Untuk mendapatkan gaya dorong dari masing-masing variasi kombinasi, perlu dilakukan pengujian dynotest pada roda belakang yang nantinya akan didapatkan output berupa torsi engine sebagai fungsi putaran engine. dari data ini akan dirubah iii menjadi gaya traksi sebagai fungsi kecepatan kendaraan. Percepatan masing-masing kombinasi didapatkan dari hasil gaya dorong bersih dibagi dengan faktor massa dari komponen kendaraan yang berotasi dikali massa total kendaraan. Nilai gaya dorong dan percepatan pada setiap variasi kombinasi nantinya dibandingkan dengan nilai hasil perhitungan. Hasil perhitungan pengujian tersebut kemudian dibandingkan dengan hasil perhitungan secara analitis. Untuk mendapatkan gaya dorong dan percepatan berpedoman pada karakterisitik torsi mesin Vario 125 PGM FI sebagai fungsi rpm. Dari data torsi mesin akan dirubah menjadi gaya dorong dengan terlebih dahulu mencari rasio CVT tiap-tiap variasi kombinasi dengan persamaan keseimbangan gaya pada pulley driven dan driver.sedangkan untuk mendapatkan nilai percepatan sama dengan perhitungan pada pengujian. Dari penelitian ini didapatkan kombinasi massa roller 15 gr dan konstanta pegas 9,5 N/mm memiliki nilai gaya dorong dan percepatan paling tinggi dibandingkan dengan dengan kombinasi lain yang ada dipasaran pada kecepatan awal hingga 50 km/jam yaitu 906,899 N dan 3,433 m/s2 pada kecepatan 10,61 km/jam. Pada kombinasi ini mampu melalui sudut tanjakan maksimal sebesar 31,8°. Pada kondisi perkotaan disarankan menggunakan kombinasi 18 gr dan konstanta pegas 34,9 N/mm karena memiliki nilai gaya dorong sebesar 997,484 N, nilai percepatan sebesar 3,7868 m/s2 pada kecepatan 9,646 km/jam, serta mampu menempuh sudut tanjakan maksimal 35,5°. ===================================================================================================== Currently automotive innovation especially motorcycles continue to be developed to get the stability and comfort in the control. Automotive manufacturers especially two wheel (motorcycle) has been producing vehicles that use automatic transmission system famous CVT (Continuously Variable Transmission) system. This transmission system does not use gears, but utilizing pulley and belt system.. In the market there are many variations of mass and spring CVT sold but have masses and the different level of stiffness. The hypothesis is the choice for mass roller and spring right combination can fix the vehicle performance. From that thing can see if there is an effect from the transmission system towards vehicle performance. Comparing parameter from the vehicle which have mass roller and spring right combination refer to thrust force and acceleration of vehicle. To obtain thrust force from every variation combination, we must doing the dynamometer test experiment to get engine torque and rotation from the rear wheel. To get thrust force from convert the data as vehicle velocity. Each acceleration from every combination got by dividing thrust force by result of mass factor from rotating component of vehicle and total mass of vehicle. The result of the experiment compare by vii analytical result. To get the thrust force and acceleration vehicle based on engine torque characteristic Vario 125 PGM-FI as engine rotation function. To get thrust force from convert the data as vehicle velocity firstly we find CVT ratio every combination with equilibrium equation at driver and driven pulley, on the other hand to get value of acceleration same with the experiment calculation. From the experiment we get largest value of thrust force and acceleration with combination of roller mass 15 gram and coefficient damping 9,5 N/mm compare by the other combination in the market from the start until 50 km/h is 906,899 N and 3,433 m/s2at speed 10,61 km/h. with this combination can through the inclination of slope maximum is 31,8°. In the city suggest use combination roller mass 18 gram and coefficient damping 34,9 N/mm because have largest value thrust force and acceleration is 997,484 N and 3,7868 m/s2at speed 9,646 km/h. and can through the inclination of slope maximum is35,5°.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 621.85 Har s
Uncontrolled Keywords: Transmisi Otomatis, Ratio Pulley, Roller, Pegas, Continuously Variable Transmission,
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ799 Diesel motor--Electronic control.
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 17 Jan 2017 08:33
Last Modified: 26 Dec 2018 08:33
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/1639

Actions (login required)

View Item View Item