Perencanaan Modifikasi Rangka Busur Pada Jembatan Pemali Dengan Damper Sebagai Longitudinal Stopper

Mahardhika, Bintang (2017) Perencanaan Modifikasi Rangka Busur Pada Jembatan Pemali Dengan Damper Sebagai Longitudinal Stopper. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3113100013_Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Jembatan Pemali merupakan jembatan yang terletak di Kota Brebes. Jembatan ini menjadi akses penting yang menghubungkan antara Kota Semarang dan Kota Jakarta. Jembatan Pemali sering mengalami perbaikan dalam segi struktural setiap bulannya, hal ini diakibatkan oleh semakin padat volume kendaraan terutama truk dengan muatan berat. Permasalahan ini yang melatarbelakangi pembangunan Jembatan Pemali yang baru agar menunjang dalam sarana transportasi. Tugas Akhir ini memodifikasi Jembatan Pemali menjadi sistem busur rangka baja. Jembatan didesain dengan tinggi 18 meter, bentang 100 meter dan lebar 9 meter. Tugas Akhir ini menggunakan kombinasi pembebanan sesuai SNI T-02-2005 dan SNI 1725-2016. Dengan menggunakan progam bantu SAP2000, kombinasi KUAT 1 (SNI-1725-2016) menghasilkan output gaya yang lebih besar daripada kombinasi lainnya sehingga kombinasi tersebut digunakan untuk menentukan profil rangka atas jembatan. Analisis pengaruh damper dengan tipe Lock-Up Device menggunakan progam bantu SAP2000 dengan kombinasi beban yang menentukan dalam perencanaan damper sebagai longitudinal stopper adalah kombinasi EKSTREM I (SNI-1725-2016). Hasil dari analisa dengan progam bantu SAP2000 profil utama yang terbesar pada jembatan busur menggunakan BOX 500x500x25 serta dengan adanya damper struktur utama jembatan mampu ii mengurangi deformasi sebesar 16%. Dalam merencanakan bangunan bawah jembatan, dilakukan kontrol guling dan geser pada abutment jembatan serta untuk tiang pancang jembatan dilakukan kontrol berdasarkan daya dukung tanah dan tipe material yang digunakan. Dari perencanaan tersebut, didapatkan dimensi abutment 11x11x10 meter serta kebutuhan tiang pancang jembatan 36 buah. Hasil seluruh perhitungan Tugas Akhir ini dituangkan dalam gambar teknik standar. ============================================================================== Pemali Bridge is a bridge that located in Brebes, Center of Java. This bridge becomes the important access that connecting the city of Semarang and Jakarta. The structure of Pemali Bridge is often repaired every month. This condition caused by increasing volume of vehicles, especially trucks with heavy loads. This problem is the background of designing new Pemali Bridge in order to support the transportation facilities. The aim of the Final Project modifying Pemali Bridge is to design it as arch steel bridge. The bridge will be designed with height 18 m, span 100 m and width 9 m. This Final Project is using load combination from SNI T-02-2005 and SNI 1725-2016. By using SAP2000, the combination of KUAT 1 (SNI 1725-2016) produce output of force greater than the other combinations, so the combination is used to determine the profile of the main bridge. analysis of the influence of the damper with Lock-Up Device type by using SAP2000 with load combination that most decisive of the damper planning is EKSTREM I (SNI 1725-2016). From the result of SAP2000, obtained the biggest of the arch steel brigde main profile using BOX 500x500x25 and by using damper the main structure of the bridge can reduce deformation until 16%. In planning of the lower part from Pemali bridge, control rolling and sliding for abutment analysis is used. For pile control bearing iv capacity and the type of the material is also used. From this planning, obtained the dimension of the abutment is 11x11x10 with 36 piles. The standard engineering drawings is the result of the Final Project.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Jembatan Busur Rangka Baja, , Damper, Abutment, Arch Steel Bridge, Damper, Abutment.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA645 Structural analysis (Engineering)
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: BINTANG MAHARDHIKA
Date Deposited: 01 Mar 2017 04:13
Last Modified: 05 Mar 2019 03:12
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/1696

Actions (login required)

View Item View Item