Dokumen Desain Permainan Untuk Perangkat Lunak Permainan Video Dengan Pengaturan Kesulitan Dinamis Berjenis Pasif

Atmaja, Pratama Wirya (2017) Dokumen Desain Permainan Untuk Perangkat Lunak Permainan Video Dengan Pengaturan Kesulitan Dinamis Berjenis Pasif. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
5112201057-Master-Theses.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Permainan video adalah perangkat lunak hiburan, sehingga kepuasan pemainnya adalah tolok ukur utama kualitasnya. Satu elemen penting dari kepuasan pemain adalah tingkat kesulitan yang tepat, yang tidak terlalu mudah maupun sukar. Dewasa ini, cara termutakhir untuk menerapkan tingkat kesulitan yang tepat adalah Pengaturan Kesulitan Dinamis (PKD), yang dapat memodifikasi tingkat kesulitan permainan pada saat run-time. Tipe PKD yang paling populer pada saat ini adalah PKD pasif, yang tidak mengikutsertakan pemain. Di sisi lain, Dokumen Desain Permainan (DDP) adalah artefak penting dalam pengembangan perangkat lunak permainan video. Saat ini belum ditemukan format DDP yang ditujukan untuk mendukung pengembangan permainan video dengan mekanisme PKD pasif. Tujuan penelitian ini adalah menemukan format DDP baru untuk tujuan tersebut. Untuk itu, kami memodifikasi sebuah format DDP yang bersifat umum dengan menambahkan bagian-bagian baru untuk perancangan mekanisme PKD pasif. Format hasil modifikasi tersebut diuji keandalannya dalam proses pengujian yang melibatkan dua pengembang yang masing-masing mengembangkan sebuah permainan video menggunakan metodologi waterfall yang dimodifikasi. Kedua pengembang bekerja berdasarkan konsep permainan video yang sama, sehingga dihasilkan dua perangkat lunak permainan video dengan jalan permainan yang serupa. Pengembang pertama menggunakan format DDP yang umum dan pengembang kedua menggunakan format yang dimodifikasi. Untuk mengetahui format DDP mana yang terbaik dari segi efisiensi waktu, terdapat dua hal yang diamati: waktu untuk menyelesaikan setiap tahap pengembangan, dan jumlah revisi yang harus dilakukan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa pengembang kedua membutuhkan waktu yang lebih singkat dan jumlah revisi lebih sedikit dari pengembang pertama pada tahap desain dan revisi desain. Di sisi lain, waktu kerja dan jumlah revisi kedua pengembang seimbang pada tahap implementasi dan pengujian. Karena pengembang berformat DDP yang dimodifikasi memerlukan waktu lebih singkat dan jumlah revisi lebih sedikit untuk keseluruhan proses pengembangannya, format tersebut dinyatakan berhasil mencapai tujuannya. ================================================================================================ Video game is a type of entertainment software, and therefore the satisfaction of its players is the primary mean to measure its quality. One important element of player`s satisfaction is a proper difficulty level, which is neither too easy nor too hard. The current state-of-the-art way to implement it is with Dynamic Difficulty Adjustment (DDA), which allows the difficulty level of a video game to be adjusted at run-time. Currently, the most popular type of DDA is the passive one, which does not directly involve the players. Meanwhile, Game Design Document (GDD) is an important artefact in the development process of a video game software. However, there is still no specialized GDD format for video games with passive DDA. This aim of this research was to find a new GDD format that supports the mechanism. For that purpose, we modified a general-purpose GDD format by adding new parts for designing passive DDA mechanism. We tested the usefulness of the modified format in a testing process involving two developers, each developed a video game using modified waterfall methodology. The resulting video games were similar to each other because both developers based the designs on the same concept. The first developer used the general-purpose GDD format to design their video game and the second developer used the modified one. In order to find which GDD format was the best in terms of time efficiency, two things were observed: the time required to finish each stage of the development process, and the amount of revisions that had to be done. The result of the testing showed that the second developer needed shorter time and less revision than the first developer in design and design revision stages. On the other hand, the work time and the amount of revision of both developers were equal in implementation and testing stage. Because the developer who used the modified GDD format needed shorter overall time and less overall revision amount in his development process, the format was declared successful.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: permainan video; rekayasa kebutuhan; Pengaturan Kesulitan Dinamis; dokumen desain permainan; pengembangan perangkat lunak; Video game; game design document; dynamic difficulty adjustment; software development; requirement engineering
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > (S2) Master Theses
Depositing User: PRATAMA WIRYA ATMAJA
Date Deposited: 17 Mar 2017 07:00
Last Modified: 17 Mar 2017 07:00
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/1782

Actions (login required)

View Item View Item