PEMODELAN DAN ANALISIS PENGARUH VARIASI LUASAN SISI KOMPRESI DAN EKSPANSI DENGAN PERUBAHAN DIAMETER PISTON, ORIFICE, DAN PISTON ROD TERHADAP GAYA REDAM SHOCK ABSORBER DAN RESPON DINAMIS SEPEDA MOTOR YAMAHA MIO J

RAHMAN, MUHAMMAD FAUZI (2017) PEMODELAN DAN ANALISIS PENGARUH VARIASI LUASAN SISI KOMPRESI DAN EKSPANSI DENGAN PERUBAHAN DIAMETER PISTON, ORIFICE, DAN PISTON ROD TERHADAP GAYA REDAM SHOCK ABSORBER DAN RESPON DINAMIS SEPEDA MOTOR YAMAHA MIO J. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2112100135-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview

Abstract

Perkembangan dunia industri dan teknologi terus mengalami kemajuan yang sangat pesat, salah satunya dibidang otomotif. Banyaknya jumlah spare-parts yang diimpor sangat berpengaruh terhadap sektor industri otomotif di indonesia. Dimana ketika nilai tukar rupiah yang melemah terhadap dollar AS maka akan semakin meningkat pula nilai beli spare part dari kendaraan motor. Untuk mengatasi hal tersebut tentunya perlu dilakukan pengembangan terhadap spare part salah satunya dengan mereduksi dimensi yang ada pada sistem suspensi sepeda motor sehingga dapat memperkecil biaya manufaktur. Dalam tugas akhir ini, dilakukan redesign suspensi kendaraan motor mio J dengan merubah parameter-parameter yang terdapat pada sistem suspensi untuk mendapatkan hasil yang lebih efektif dan efisien. Analisis sistem suspensi yang dilakukan didasarkan pada pemodelan setengah kendaraan. Perubahan parameter yang ada pada sistem suspensi ini seperti variasi diameter piston (Dp) sebesar 0.02 – 0.018 m, variasi diameter piston rod sebesar 0.010 – 0.004 m dan variasi diameter orifice sebesar 0.002 – 0.001 m. Setelah melakukan perubahan parameter tersebut selanjutnya dilakukan analisa kekuatan pada piston rod. Sehingga dalam tugas akhir ini nantinya didapatkan suatu sistem suspensi yang lebih efisien dan tetap memperhatikan kenyamanan dan keamanan saat berkendara. Dari hasil modifikasi pada sistem suspensi hydraulic shock absorber didapatkan bahwa gaya redam yang dihasilkan dipengaruhi oleh perubahan parameter modifikasi pada sistem suspensi. Gaya redam pada sistem suspensi asli dan modifikasi sebesar 399 N dan 526 N. Penentuan gaya redam tersebut didapatkan berdasarkan nilai damping ratio. Perubahan dimensi pada sistem suspensi hydraulic shock absorber tidak terlalu signifikan nilainya sehingga berdasarkan analisa kekuatan dengan pembebanan statis dan dinamis masih dalam batas aman. Pada sistem setengah kendaraan pada penggunaan sistem suspensi modifikasi dengan input bump modified respon penumpang untuk mencapai kondisi steady state kurang dari 1,5 detik. Sedangkan untuk input sinusoidal respon penumpang untuk mencapai kondisi steady state kurang dari 2 detik. Pada penggunaan sistem suspensi modifikasi hasil dari nilai RMS percepatan getaran penumpang masih memiliki nilai yang lebih rendah dibandingkan dengan sistem suspensi asli. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perubahan paramater modifikasi pada sistem suspensi hydraulic shock absorber memiliki kenyaman yang lebih baik. ================================================================= Technological and industrial development nowadays has developed rapidly. One of them is automotive industry. The large amount of spare parts imported to Indonesia has taken some influences to the national automotive industry. The weaker the exchange rate of rupiah against US dollar, the higher the national expenditure should be spent. One of the solution to offer is that developing the spare part by reducing the dimensions of the suspension system in motorcycle. This would decrease the amount of cost spent on the manufacturing process. This research is conducted to redesign the parameters on the suspension system to get better efficiency. The analysis of the suspension system is done by modelling half of the vehicle. The improvement parameters are the variation of piston diameter (Dp) which is 0.02-0.018 m, the piston rod diameter which is 0.010- 0.004 m and the variation of the orifice which is 0.002-0.001 m. After having some changes on those parameters, the research went to analyzing the piston rod. By the end, this research would not only present a better efficiency on the suspension system but also the comfort and safety for driving. From the result on modified suspension system of hydraulic shock absorber, It is known that the damping force is influenced by this modification. The damping force of the original and modification suspension systems are 399 N and 526 N respectively. The determination of this damping force is based on the value of the damping ratio. The change of the suspension system of hydraulic shock absorber does not give a significant influence. Based on the analysis on static and dynamic force, the system is still in the safe limit. On a half vehicle system with the input of modified bump, the response of passenger to reach steady state is less than 1.5 seconds. While for sinusoidal input, passanger’sresponse to the steady state condition is less than 2 seconds. The suspension with modification has lower value of vibration RMS acceleration compared to the original one. Thus, It can be concluded that parameter modification on hydraulic suspension of shock absorber has a better comfort value.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: sistem suspensi, hydrolic shock absorber, respon dinamis, sistem suspensi motor, kompresi, ekspansi, suspension system, hydrolic shock absorber, dynamic response, compresion, ekspansion.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ230 Machine design
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL521.3 Automatic Control
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: M FAUZI RAHMAN
Date Deposited: 23 Feb 2017 06:41
Last Modified: 05 Mar 2019 04:25
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/1812

Actions (login required)

View Item View Item