Utomo, Seno Maris (2017) Modifikasi Perencanaan Jembatan Sei Segah Kabupaten Berau menggunakan Jembatan Busur Lantai Kendaraan Tengah. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
3114106057-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version Download (16MB) | Preview |
Abstract
Jembatan Sei Segah merupakan jembatan yang melintas
diatas sungai segah yang memiliki panjang 390 meter dan lebarlantai kendaraan 7 meter. Sungai segah memiliki fungsi sebagai transportasi air bagi kapal-kapal tongkang dan logging kayu. Kondisi eksisting jembatan adalah jembatan rangka baja biasa (type Warren) dengan pembagian 4 bentang, dimana bentang terpanjang 100 meter. Kondisi ini jelas membuat lebar efektif sungai menjadi kecil yang membuat transportasi air mengalami kendala karena adanya pilar-pilar jembatan. Desain jembatan yang sesuai dengan kendala tersebut adalah jembatan rangka busur.
Dalam perencanaan ini jembatan Sei Segah didesain
menggunakan konstruksi rangka busur dengan tipe A Half –
Through Arch. Jembatan ini terdiri dari tiga bentang, dengan panjang bentang utama 288 meter dan panjang bentang pendekat masing-masing 80 meter, serta lebar lantai kendaraan 7 meter. Desain lantai kendaraan berupa komposit plat beton bertulang dengan steel deck dan balok menggunakan balok baja. Pada perencanaan ini dalam pengerjaannya dibantu dengan software SAP 2000. Tahapan dalam perencanaan ini dimulai dari pengumpulan data dan studi literatur, preliminary desain, desain struktur sekunder, desain struktur primer, permodelan dan analisa struktur, kontrol stabilitas, perencanaan bangunan bawah dan menyusun gambar kerja. Hasil yang diperoleh dari perencanaan ini adalah berupa profil baja dan dimensi yang digunakan pada struktur bangunan atas serta tahapan pelaksanaan jembatan.
=================================================================
Sei Segah bridge is a bridge passed over the segah river
which has length of 390 meters and 7 meters width of the vehicle floor. Segah river has function as the water transportation for barges and timber. The existing condition of the bridge are steel truss bridge (type Warren) with four spans, where the longest span are 100 meters. This condition decrease the efficiency of the river transportation because of the bridge pillars. The Construction Bridge design that suitable with this problems are the truss arch bridge.
In this planning the Sei Segah bridge designed are using
arch birdge construction with type A Half - Through Arch. The bridge consists of three spans, main span has length of 288 meters and side span 80 meters, and the width of the vehicle floor is 7 meters. The design of vehicle floor is formed with composite reinforced concrete slab and steel deck with beams using the steel beams construction. This planning performed by program SAP 2000. The planning starting from data and literature studies, preliminary design, design of secondary structure, primary structure design, modeling and analysis of the structure, stability control,construction planning and drawings. The results of this planning is formed in steel profiles used in the upper-structure and the staging analysis of the bridge.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | A Half – Through Arch; Box Double WF; Continuous Arch Bridge; Jembatan Rangka Busur; Pot Bearing; Truss Arc Bridge |
Subjects: | T Technology > TG Bridge engineering Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science |
Divisions: | Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | SENO MARIS UTOMO |
Date Deposited: | 14 Mar 2017 02:11 |
Last Modified: | 05 Mar 2019 01:56 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/2138 |
Actions (login required)
View Item |