Strategi Pengendalian Pencemaran Gas Karbon Monoksida (Co) Oleh Aktivitas Transportasi Di Kota Padang, Sumatera Barat

Yuliando, Dedy Try (2017) Strategi Pengendalian Pencemaran Gas Karbon Monoksida (Co) Oleh Aktivitas Transportasi Di Kota Padang, Sumatera Barat. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
3315201011-Master_Theses.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Kota Padang merupakan ibukota Provinsi Sumatera Barat yang berfungsi sebagai pusat kegiatan perdagangan, jasa, pendidikan, pariwisata, transportasi, dan industri. Hal ini diikuti dengan pertumbuhan transportasi yang menyebabkan kepadatan lalu lintas di jalan-jalan Kota Padang. Jumlah kendaraan bermotor di Kota Padang mengalami peningkatan dari 224.514 unit pada tahun 2004 menjadi 427.235 unit pada tahun 2014 (BPS, 2014). Peningkatan jumlah kendaraan berdampak terhadap kualitas udara Kota Padang yang salah satunya adalah meningkatnya konsentrasi gas karbonmonoksida (CO) di Kota Padang. Tingkat pencemaran dan sebaran emisi udara di suatu kota perlu dilakukan dengan sebuah model. Tujuan penelitian ini yaitu menentukan tingkat konsentrasi, dispersi gas CO serta merekomendasikan strategi pengendalian yang sesuai untuk Kota Padang Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan persamaan Box model serta Gaussian model yang dapat disusun berdasarkan mekanisme transport polutan dengan mempertimbangkan input sub-model meteorologi, sub-model emisi serta sub-model dispersi, berdasarkan kategori jalan pada jalan dua arah dan searah. Konsentrasi yang didapatkan dari kedua persamaan tersebut divalidasi dengan konsentrasi pengukuran langsung di lapangan. Konsentrasi yang telah divalidasi selanjutnya divisualisasi guna menggambarkan sebaran gas CO pada masing-masing ruas jalan. Analisis data berupa strategi yang dapat diterapkan dalam pengendalian gas CO di Kota Padang berdasarkan aspek teknis, lingkungan serta aspek kelembagaan yang dilakukan dengan analisa SWOT. Persamaan Gaussian model dinilai lebih akurat dalam mendapatkan konsentrasi gas CO, hal ini terlihat dari hasil validasi sebesar 88,9 %, sedangkan box model hanya sebesar 30,6 %. Konsentrasi gas CO terbesar terdapat pada kategori jalan arteri dua arah tanpa adanya pohon sebesar 3.403,7 µg/m3, sedangkan konsentrasi terendah sebesar 2.923,1 µg/m3 terdapat pada ruas jalan arteri searah yang memiliki pohon pelindung. Strategi pengendalian berdasarkan aspek lingkungan difokuskan dengan penanaman pohon di sepanjang jalan yang belum terdapat pohon pelindung, sedangkan aspek kelembagaan dengan memperkuat kapasitas, organisasi serta regulasi dalam menyelenggarakan pengelolaan pencemaran udara yang efektif dan efisien. ================================================================================================================== Padang is the capital city of West Sumatra Province which serves as a center of trade, services, education, tourism, transportation, and industry. The growth of transportation has caused the density of traffic on the streets in Padang city. The number of vehicles in the city of Padang increased from 224,514 vehicles in 2004 to 427,235 vehicles in 2014 (BPS, 2014). The increase in the number of vehicles have an impact on air quality of Padang, one of which is the increasing concentration of carbon monoxide gas (CO) in City of Padang. Pollution levels and distribution of air emissions in the city needs to be done with a single model. The purpose of this study is to determine the concentration levels, CO gas dispersion and recommend appropriate control strategy for the city of Padang. The method used in this study was the equation box and Gaussian models that can be compiled based on the mechanism of transport of pollutants by considering the input sub-meteorological models, sub-models as well as sub-emission dispersion modeling, based on the category of the road on two-way street and direction. The concentration obtained from the equation is validated by direct measurement of concentration in the field. The concentration that has been validated and further visualized to illustrate the distribution of CO gas in each of the roads. Analysis of data is a strategy that can be applied in the control of CO gas in Padang based on the technical, environmental and institutional aspects are done with SWOT analysis. Equations Gaussian models considered more accurate in getting the CO gas concentration, as seeing from the results of validation of 88.9%, while the box model of only 30.6%. The concentration of CO gas contained in the category of two-way arterial roads without trees of 3,403.7 µg/m3, while the lowest concentration of 2,923.1 µg/m3 found on one-way arterial roads that have shade trees. The control strategy is based on environmental aspects focused by planting trees along the road that is not in shade trees, while the institutional aspects by strengthening the capacity, organization and regulation of air pollution management in implementing an effective and efficient.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Gas CO, Konsentrasi, Kota Padang, Model, Pengendalian, Strategi
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD883.5 Air--Pollution
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Environment Engineering > (S2) Master Theses
Depositing User: Dedy Try Yuliando
Date Deposited: 24 Mar 2017 03:02
Last Modified: 27 Dec 2017 02:46
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/2159

Actions (login required)

View Item View Item