Perencanaan Ulang Jalan Lingkar Luar Timur Surabaya Dengan Menggunakan Rigid Pavement Pada STA 10+000 - 13 +000

Wiratama, Widi and Rachmadi, Nanda Pramono (2017) Perencanaan Ulang Jalan Lingkar Luar Timur Surabaya Dengan Menggunakan Rigid Pavement Pada STA 10+000 - 13 +000. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
3113030054-3113030067-Non-Degree.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45MB) | Request a copy

Abstract

Transportasi adalah salah satu bagian dari kebutuhan dan kepentingan keseluruhan manusia yang disebabkan oleh adanya suatu sistem pergerakan atau perpindahan objek, baik berupa manusia ataupun barang dari satu tempat asal ke tempat tujuan yang dikehendaki. Oleh karena itu, diperlukan suatu perencanaan jalan, di mana jalan itu sendiri merupakan prasarana perhubungan darat yang mempunyai peranan penting untuk memperlancar kegiatan ekonomi di suatu daerah. Salah satu upaya untuk mewujudkan hal tersebut yaitu dengan melaksanakan pembangunan Jalan Lingkar Luar Timur Surabaya yang dikarenakan arus lalu lintas yang melewati semakin hari semakin bertambah padat. Perencanaan Jalan Lingkar Luar Timur ini direncanakan dengan perkerasan kaku (rigid pavement) Perkerasan kaku digunakan pada main road dan juga frontage road. Metode yang digunakan pada perencanaan jalan ini meliputi analisa kapasitas jalan menggunakan MKJI tahun 1997 , perhitungan perencanaan tebal perkerasan kaku menggunakan petunjuk Perencanaan Tebal Perkerasan Kaku Jalan (Pd T-14-2003), kontrol geometrik menggunakan perencanaan geometric jalan tahun 2004, perencanaan drainase dengan menggunakan Metode SNI-03-3424-1994, penggambaran geometrik jalan (Long Section dan Cross Section) pada segmen jalan yang direncanakan, Rencana Anggaran Biaya menggunakan HSPK Surabya tahun 2015. Dari hasil analisa perhitungan MKJI pada main road Jalan Lingkar Luar Timur Surabaya kondisi eksisting 6/2 D dengan lebar jalan 3,5 m per lajur diperoleh DS < 0,75 hingga tahun 2042 dan DS > 0,75 pada tahun 2043 - 2048, sehingga perlu upaya untuk perlebaran Jalan Lingkar Luar Timur Surabaya. Dari hasil analisa kontrol geometrik yang dilakukan, antara hasil yang diperoleh dengan data yang sudah ada mempunyai kesamaan (mendekati). Perencanaan Jalan Lingkar Luar Timur Surabaya pada main road dan frontage road menggunakan perkerasan kaku (Beton K-350) dengan tebal slab beton yaitu 20 cm dan pondasi bawah berupa campuran beton kurus, yaitu lean concrete sebagai lantai kerja setebal 15 cm. Sambungan yang digunakan adalah Sambungan Beton Bersambung Dengan Tulangan (BBDT). Perencanaan saluran tepi drainase menggunakan bentuk persegi dengan beton U-Gutter. Rencana anggaran biaya untuk perencanaan Jalan Lingkar Luar Timur Surabaya pada STA 10+000 - 13+000 adalah sebesar Rp. 106.617.430.162,46. ========================================================================== Transportation is a part of necessity and the interests of a whole man caused by the presence of a system movement or displacement object, good of man or goods from one place of origin to the destination things. Hence, needed a planning roads, where the path itself is infrastructure transportation land has an important role in facilitate the activities economic in an area.One effort to realize it are to carry out road construction outskirts of east surabaya who because traffic flow through every day has been increased solid. Planning the outskirts of this east is planned by pavement stiff ( rigid pavement ) pavement stiff used in play road and also frontage road.Methods used in planning this road covering analysis the road capacity use MKJI 1997 calculation planning thick pavement stiff use guidance planning thick pavement stiff the way PD T-14-2003, control geometric use planning geometric the 2004, planning drainage by using the method SNI-03-3424-1994, the depiction of geometric the way long section and cross section in segments the planned, the budget for the plan use HSPK surabya 2015. From the analysis calculation MKJI 1997 to main road of Outer East Ring Road Surabaya existing condition 2 / 6 D with road width 3.5 m per lane obtained ds 0.75 up until the and ds 0.75 in the, so that efforts need to be made to perlebaran the outskirts of east surabaya. Of the results of the analysis control geometric is between the results obtained by the one that was already have in common ( approaching ). Planning the outskirts of east surabaya on main and frontage road use pavement stiff ( concrete k-350 ) with thick a slab concrete namely 21 centimeters and the foundation bottom of a mixture of concrete thin, namely lean concrete as the floor of a work thick 15 cm. Connection used is connection concrete connecting with tulangan (BBDT). Planning channel the edge of drainage use the form of a square with concrete u-gutter. The budget for the plan for planning the outskirts of east surabaya on sta 10+000 to 13+000 is Rp. 106.617.430.162,46.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perkerasan Kaku; Lingkar Luar Timur; Struktur Jalan; Rigid Pavement; Outer East Ring Road; Road Structure
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > (D3) Diploma
Depositing User: - WIDI WIRATANA
Date Deposited: 31 Mar 2017 04:05
Last Modified: 22 Dec 2017 01:18
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/2225

Actions (login required)

View Item View Item