Studi Numerik Karakteristik Aliran Udara Melewati Model Widya Wahana V Pada Bagian Underbody

Nugraha, Aufar (2017) Studi Numerik Karakteristik Aliran Udara Melewati Model Widya Wahana V Pada Bagian Underbody. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2110100162-Undergraduate-Theses.pdf]
Preview
Text
2110100162-Undergraduate-Theses.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview

Abstract

Widya wahana V merupakan mobil listrik bertenaga surya yang dibuat oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Seperti pada mobil listrik bertenaga surya lainnya, Widya Wahana V dilengkapi dengan sel surya yang dapat menghasilkan energi listrik untuk menjalankan Brush Less DC Motor. Namun mobil bertenaga surya saat ini masih jauh untuk dikatakan sempurna. Pada penelitian ini akan dikaji mengenai pengaruh faktor aerodynamic khususnya pada bagian underbody dari mobil untuk mengoptimasi keterbatasan energi yang dimiliki oleh mobil bertenaga surya.
Penelitian ini dilakukan dengan pengujian simulasi numerik 3D. Benda uji yang digunakan berupa model mobil Widya Wahana V. Dengan melakukan variasi ground clearance,bentuk tunnel, bentuk leading edge, dan lebar diffuser. Data pertama yang didapatkan berupa coefficient pressure pada setiap model uji. Data kedua yang didapatkan berupa coefficient drag dan coefficient lift pada setiap model uji. Selanjutnya observasi detail medan aliran dilakukan dengan menampilkan data velocity vector, pathlines, dan velocity magnitude, untuk memberi gambaran yang lebih lengkap mengenai fenomena-fenomena aerodynamic pada mobil. Simulasi numerik menggunakan software Fluent 15.0, kondisi komputasi domain di upstream 2L, downstream 4L, lebar 2L, tinggi 2L; model turbulensi k-ɛ realizable; dan convection term second-order upwind. Konfigurasi uji diberlakukan dengan C/L = 0.027 dan 0.045, Re = 4.74 x 106, boundary condition untuk outlet adalah outflow dan untuk inlet adalah velocity inlet sebesar 16.67 m/s; densitas (ρ) = 1.1839 kg/m3; viskositas (μ) = 1.8714 x 10-5 kg/m.s.
Hasil penelitian ini didapatkan bahwa penambahan ruang laluan udara pada mobil Widya Wahana V type B dengan bentuk constant area tunnel tunnel terbukti memiliki nilai CD dan CL yang paling baik jika dibandingkan dengan konfigurasi uji lain. Dimana nilai CD yang didapatkan adalah 0.23 dan nilai CL yang didapatkan adalah -0.49.

=================================================================

Widya wahana V is an electric car with solar powered made by Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Like other electric car with solar powered, Widya Wahana V equipped with solar cell which can produced electric energy to start Brush Less DC Motor. But currently solar powered car still very far from perfect. In this research will examined about the influence of aerodynamic factor especially in underbody parts of car for optimization the limit of energy owned by a solar powered car.
This research do with numerical simulation 3D test. The specimen that used is the model of Widya Wahana V car. With doing variation ground clearance, tunnel shape, leading edge shape, and width of diffuser. The first data can obatained coefficient pressure in every speciment. The second data can obatained coefficient drag and coefficient lift in every speciment. Next observation detail of flow field do with displaying the data of velocity vector, pathlines, and velocity magnitude, for giving more perfet illustration about the phenomena of aerodynamic in car. this numerical simulation used Fluent 15.0 software, condition computation domain in upstream 2L, downstream 4L, width 2L, height 2L; model turbulence k-ɛ realizable; and convection term second-order upwind. Konfiguration test enacted with C/L = 0.027 and 0.045, Re = 4.74 x 106, boundary condition for the outlet is outflow and for inlet is velocity inlet amount is 16.67 m/s; density (ρ) = 1.1839 kg/m3; viskosity (μ) = 1.8714 x 10-5 kg/m.s.
the result of this research can obatained that the addition of air passes room in the Widya Wahana V car, type B with constant area tunnel design, tunnel have been proved the best value of CD and CL, if compared with konfiguration of other test. with CD value that reasulted is 0.23 and the value of CL that resulted is -0.49.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Audio Visual; Buku pedoman; Contoh; Deskripsi; Flash; Perpustakaan; Widya Wahana V; tunnel; ground clearance
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - AUFAR NUGRA
Date Deposited: 22 Mar 2017 02:01
Last Modified: 05 Mar 2019 07:34
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/2323

Actions (login required)

View Item View Item