Modifikasi perencanaan jembatan THP Kenjeran menggunakan struktur Concrete Box Girder Pratekan

Nabila, Azkiya (2017) Modifikasi perencanaan jembatan THP Kenjeran menggunakan struktur Concrete Box Girder Pratekan. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3112100022-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
3112100022-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Jembatan THP Kenjeran dibangun dengan struktur girder precast pratekan yang terdiri dari beberapa bentang menengah dengan panjang masing-masing bentang sekitar 30 m dengan panjang total jembatan 504,52 m, tidak termasuk side span. Dikarenakan bentang yang pendek, maka di setiap ujung-ujung bentang jembatan harus dibangun pilar-pilar penyangga balok girder. Banyaknya pilar di sepanjang jembatan dapat mengganggu aktivitas pelayaran nelayan. Oleh karena itu direncanakan desain Jembatan THP Kenjeran yang baru dengan struktur jembatan bentang panjang menggunakan struktur box girder segmental pratekan. Tugas Akhir ini hanya merencanakan jembatan dari pilar P1 sampai dengan pilar P4 dengan menghilangkan dua pilar dibawah jembatan tersebut. Panjang rencana jembatan adalah 91,1 m dan memiliki lengkung arah horizontal dengan jari-jari 140 m.
Profil box girder dipilih karena memiliki beberapa kelebihan yaitu lebih ekonomis untuk bentang yang panjang dan besar, interiornya yang dapat digunakan sebagai jalur pipa gas atau air juga memiliki nilai estetika yang dapat menambah keindahan struktur itu sendiri. Box girder memiliki nilai efisiensi struktural tinggi yang dapat meminimalkan kekuatan prestressing yang diperlukan untuk menahan momen lentur yang diberikan dan untuk pemeliharaannya pun juga mudah.
Tahap awal perencanaan adalah pengumpulan data dan studi literatur kemudian dilanjutkan dengan perencanaan struktur sekunder. Selanjutnya yaitu preliminary desain untuk struktur primer. Dengan pembebanan dan penampang yang telah direncanakan kemudian dilakukan analisa dan kontrol struktur atas, selain itu juga diperhitungkan gaya pratekan yang dibutuhkan serta kehilangan gaya pratekan yang mungkin terjadi. Setelah struktur atas telah memenuhi dilanjutkan dengan perencanaan struktur bawah yaitu pilar jembatan.
Hasil perencanaan ulang jembatan kejeran adalah sebagai berikut: tinggi penampang box girder adalah 4,5 m dengan lebar pelat atas 16 m dan pelat bawah 10 m. Jumlah tendon yang dibutuhkan adalah 31 unit 6-55. Kolom bangunan bawah direncanakan berukuran 10 m x 3 m dengan tinggi kolom 5,175 m.
=============================================================================
THP Kenjeran bridge built with precast prestressed girder that consists of intermediate spans and the length of each span is about 30 m with total length is 504.52 m, not including side span. Becaused of the short spans, then at each ends of the bridge span has to be built supporting pillars. The number of pillars along the bridge could interfere the activity of the fisherman. Therefore, THP Kenjeran bridge will be redesign to become long-span bridge structures using prestressed concrete box girder.. This final project only planned bridge from P1 pillar to P4 pillar by eliminating the two pillars under the bridge. The length of the bridge plan is 91.1 m and has a curved horizontal direction with radius of 140 m. Profile box girder is chosen because it has several advantages, that is more economical for long and large spans, the interior can be used as a gas or water pipe lines also have aesthetic value to add to the beauty of the structure itself. Box girder has high structural efficiency which can minimize prestressing strength that needed to hold the bending moment that given and will be easier to be mainteneced.
The initial stage of planning is a data collection and study of literature, then proceed with the design of secondary and the primary structure. With the loads, cross sections and prestress force that are planned, then the structure will be analyzed and controlled. After the super-structure is in compliance with the structural design, then continued with sub-structure bridge, pillars, foundation and pile cap. Results kenjeran bridge redesign are: high of box girder is 4.5 m, width of top plate is 16 m and width of bottom plate is 10 m. Total tendon required is 31 units 6-55. The column under the bridge have 10 m x 3 m x 5,175 m dimension and pile required is 32 pile with 30 m depth.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Beton prategang; box girder; jembatan lengkung horizontal; THP kenjeran; prestressed concrete; box girder; arch bridges horizontal; THP Kenjeran
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA645 Structural analysis (Engineering)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA681 Concrete construction
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - AZKIYA NABILA
Date Deposited: 28 Feb 2017 01:26
Last Modified: 05 Mar 2019 06:18
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/2372

Actions (login required)

View Item View Item