Evaluasi Eksisting dan Upaya Perbaikan Pelayanan SPAM PDAM Kota Mojokerto

Mamik, Fenty Ariniyanti (2017) Evaluasi Eksisting dan Upaya Perbaikan Pelayanan SPAM PDAM Kota Mojokerto. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
3314202802-Master-theses.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan Kota Mojokerto setiap tahun mencapai 2% per tahun mendorong tingginya kebutuhan akan pemenuhan air minum. Pemenuhan air minum oleh PDAM Kota Mojokerto masih sangat minim, dengan cakupan pelayanan hanya 21,21%. Terlebih lagi dengan tingkat kehilangan air hingga 53,85%, menyebabkan PDAM Kota Mojokerto masih dalam kondisi tidak sehat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kondisi pelayanan air minum Kota Mojokerto, tingginya tingkat kehilangan air dan upaya perbaikan pelayanan dari aspek teknis, finansial dan kelembagaan. Penelitian akan dilakukan mulai Bulan Juli 2016 sampai dengan Januari 2017. Analisa tiap aspek dilakukan dengan metode yang sesuai dan menggunakan data terupdate. Aspek teknik menganalisa kebutuhan air total dan membandingkan dengan supply, kemudian memperhitungkan neraca air, pembagian blok pelayanan, analisa jaringan menggunakan program epanet 2.0 dan menentukan upaya perbaikan pelayanan. Pada aspek pembiayaan, peneliti akan menganalisa biaya investasi dan proyeksi keuangan (finpro) untuk 10 tahun kedepan. Aspek kelembagaan, peneliti akan menganalisa kinerja SDM pada PDAM. Dari hasil ketiga aspek tersebut dianalisa menggunakan analisa SWOT guna menentukan upaya perbaikan pelayanan yang menyeluruh. Hasil evaluasi kondisi eksisting pelayanan SPAM PDAM Kota Mojokerto adalah: kemampuan peningkatan pelanggan kecil, unit produksi dan distribusi belum beroperasi optimal dan dapat ditingkatkan. Penilaian SDM pegawai PDAM perlu ditingkatkan. Dalam neraca air, tingkat kehilangan air terbesar adalah kehilangan fisik sebesar 48,83%. Upaya perbaikan secara umum adalah perbaikan infrastruktur dan sistem manajemen melalui bantuan pemerintah kota, pemerintah pusat dan kerjasama dengan pihak ketiga. Komitmen top manajemen sangat diperlukan dalam menjaga keberlanjutan upaya perbaikan. ==================================================================================== The development of Mojokerto city reach 2% every year encourages the high of water supply demand. Fullfilment of water supply by PDAM (Water Supply Company) Mojokerto is still low, with the scope of service area only 21,21%. Moreover with the water loss is up to 53,85%, causing PDAM Mojokerto still in unhealthy condition. The aim of this research is to evaluate the condition water supply services of PDAM Mojokerto, the rates of water loss, and reparation services from technical aspect, financial aspect and institutional aspect. This research will be conducted starting in July 2016 until January 2017. Each aspect of the analysis is done by the according method and uses the updated data. Technical aspect is analyzing of the total water demand, and compared with water supply, then counting the water balance, divide block services, network analysis using epanet 2.0 and determine the efforts of improvement services. Financial aspect is analyzing the cost of investment and Financial Projection (Finpro) for the next 10 years. Institutional aspects are analyzing the performance of the human resources. From whole of the aspects can be analyzed using SWOT analysis to determine the overall service improvement program.The result of existing evaluation from water supply system is the ability to improving customer is small; production unit and distribution have not been optimal operation and could be improved, assessment of human resources need to be improved. In water balance analysis, the highest rate of water loss is physical losses, that is 48,83%. Reparation in General is the improvement of the infrastructure and management system through the help of the City Government, the Central Government and cooperation with another stakeholders. Top management commitment is indispensable in maintaining sustainability of reparation.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Air minum; kehilangan air; upaya perbaikan; Water supply; Water Loss; Improvement Program
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T56.8 Project Management
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Environment Engineering > (S2) Master Theses
Depositing User: - FENTY ARINIYANTI MAMIK
Date Deposited: 11 Apr 2017 02:03
Last Modified: 22 Dec 2017 02:35
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/2478

Actions (login required)

View Item View Item