Redesain SDN. Sidotopo IV/51 Surabaya dengan Konsep Modern Fun

Armalita, Jeniar Shabrina (2017) Redesain SDN. Sidotopo IV/51 Surabaya dengan Konsep Modern Fun. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3412100081-Undergraduate-Theses.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview

Abstract

Sekolah Dasar Negeri atau disingkat SDN. adalah lembaga yang dikelola dan diatur oleh pemerintah di bidang pendidikan formal jenjang paling dasar di Indonesia yang ditempuh dalam waktu 6 tahun dari kelas 1 sampai dengan kelas 6 dimulai dari usia 7 tahun. SDN. Sidotopo IV/51 Surabaya adalah salah satu SDN yang terletak di Jl. Bolodewo no. 46 Surabaya yang memiliki akreditasi A yang terletak bersebelahan dengan SMPN 44 Surabaya yang saat ini pada tahap pindah lokasi sehingga gedung SMP ini nantinya akan menjadi gedung SDN Sidotopo IV/51 Surabaya yang nantinya akan ada penambahan sarana dan prasarana untuk memfasilitasi kegiatan sekolah . Saat ini kondisi SDN Sidotopo IV/51 Surabaya memiliki penataan ruang yang monoton sehingga membuat kegiatan belajar mengajar menjadi kurang efektif. Perencanaan interior yang belum menjadi prioritas dalam bangunan sekolah padahal dengan adanya penataan interior dapat meningkatkan kenyamanan kegiatan belajar mengajar serta dapat meningkatkan konsentrasi siswa dalam belajar dan berpikir kreatif. Ditambah lagi kurangnya pencahayaan yang mengurangi kenyamanan dan kesehatan guru dan siswa. Metode yang digunakan adalah beberapa metode pengumpulan data yakni dengan observasi, wawancara dan literatur. Dengan observasi dan wawancara dapat merasakan dan mengetahui permasalahan yang ada pada objek desain. Data yang diperoleh kemudian diolah dan dianalisa sehingga diperoleh penerapan konsep desain pada interior. Hasil dari proses redesain ini adalah rancangan desain interior ruang kelas, ruang guru, ruang perpustakaan dan area administrasi meliputi ruang tata usaha, ruang kepala sekolah dan ruang rapat di SDN. Sidotopo IV/51 Surabaya dengan menerapkan konsep modern fun dengan aplikasi puzzle dan tetris yang memperhatikan efisiensi dan efektifitas alur sirkulasi penggunanya. ===================================================================================== Public Elementary School is a formal educational institution owned and controlled by the government, which takes 6 years learning in Indonesia. SDN. Sidotopo IV/51 Surabaya is an A accredited elementary school which located at Jl. Bolodewo no. 46 Surabaya, beside SMPN 44 Surabaya. SMPN 44 Surabaya had been discussed to move to another location, so that the building will be owned by SDN Sidotopo IV/51 Surabaya, which would be additional infrastructure for the school. SDN Sidotopo IV/51 Surabaya has monotone-designed classroom, which is less effective for learning activities. Interior layout has not been priority in the school building, whereas it can improve comfort in learning activities, also can increase student’s concentration and creativity. The methods used are data collective methods, specifically observation, interview, and literature review. Through observation and interview, problems in the design object can be obtained. The data obtained then will be processed and analyzed, which can results application of interior design concept. The result from the re-designing process is interior layout designs of classroom, teacher’s room, library, and administration area including administration room, headmaster room, and meeting room in SDN Sidotopo IV/51 Surabaya. It used modern fun concept, which applied puzzle and tetris that also concerned on efficiency and effectiveness for everyone in school

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sekolah Dasar; Modern Fun; Puzzle; Tetris; Elementary Schook
Subjects: N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Interior Design > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: JENIAR SHABRINA ARMALITA
Date Deposited: 15 Mar 2017 01:03
Last Modified: 15 Mar 2017 01:03
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/2496

Actions (login required)

View Item View Item