PERANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMASARAN CROSS SELLING (STUDI KASUS : UD BUDI)

SUMARTHA, PUTU SURYA (2017) PERANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMASARAN CROSS SELLING (STUDI KASUS : UD BUDI). Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
9114205413-Master_Theses.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Dunia bisnis adalah dunia persaingan, dimana dalam setiap bisnis tidak akan lepas dari persaingan dan intensitasnya dari hari ke hari semakin ketat. Untuk unggul dalam bersaing, setiap perusahaan dituntut untuk mampu menunjukan keunggulannya kompetitifnya masing-masing melalui upaya yang kreatif, inovatif bekerja secara efektif dan efisien, sehingga produk barang dan jasa (pelayanan) yang dihasilkan menjadi pilihan dari banyak pelanggan, yang pada gilirannya nanti diharapkan pelanggan menjadi loyal. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah cross selling. Cross selling pada dasarnya merupakan suatu metode pemasaran yang menguntungkan bagi kedua belah pihak baik penjual maupun pembeli. Penelitian ini merupakan salah satu alternatif mencari produk yang dibutuhkan pelanggan dan mengembangkan strategi pemasaran produk tersebut tanpa menggunakan survei. Penelitian ini menggunakan menu yang disediakan masing – masing pelanggan (hotel, resto, café) sebagai acuan untuk mencari additional produk yang dibutuhkan oleh pelanggan dan menggunakan data mining FP-Growth dan FP-Tree untuk menemukan frequent itemset kepuasan pelanggan akan produk yang pernah dibeli, sehingga dapat mengembangkan strategi pemasaran paket bundle produk yang lebih targeted. ======================================================================================================= Business is a competition, where the competition is more stringent day by day. Every company is required to show their competitiveness in a creative, innovative, effective, and efficient way to becoming the eminent in the sector. Hence, the goods and services generated are chosen by many customers, which in turn the company will obtain loyal customer. One way to do is cross selling, Cross selling basically is a marketing method that is beneficial for both seller and purchaser. This research is alternative to look and develop marketing strategy for additional product that customer need without using survey. In this thesis, will use the menu served by each customer (hotel, restaurant, café) as reference to look for additional products required by customers and using data mining FP-Growth and FP-Tree to find frequent itemset customer satisfaction for the purchased products, to develop marketing strategy bundle products more targeted.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Pemasaran Aktif, Cross Selling, Produk Bundling, Track Record Pembelian, Data Minning, FP-Growth, FP-Tree
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T58.62 Decision support systems
Divisions: Magister Management Technology
Depositing User: Putu Surya Sumartha
Date Deposited: 30 Jan 2017 04:42
Last Modified: 30 Jan 2017 04:42
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/2497

Actions (login required)

View Item View Item