Analisis sentimen pada opini pengguna Aplikasi Mobile untuk evaluasi faktor kebergunaan

Wardhana, Septiyawan Rosetya (2017) Analisis sentimen pada opini pengguna Aplikasi Mobile untuk evaluasi faktor kebergunaan. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
5115201009-Master-Theses.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Faktor kebergunaan atau usability merupakan aspek yang paling diperhatikan dalam proses pembuatan maupun pengujian aplikasi mobile. Biasanya, setiap aplikasi mobile di aplikasi store pasti memiliki opini pengguna yang berisi tentang pengalaman pengguna dalam menggunakan aplikasi. Berdasarkan hal tersebut, maka opini pengguna memiliki informasi yang dapat dijadikan sebagai acuan dalam mengevaluasi faktor kebergunaan. Proses evaluasi faktor kebergunaan dapat dilakukan dengan melakukan analisis sentimen pada opini pengguna aplikasi mobile tersebut. Orientasi sentimen inilah yang umumnya dijadikan sebagai acuan dalam proses evaluasi tersebut. Namun, mengevaluasi aplikasi mobile hanya dengan melihat orientasi sentimen saja tidaklah cukup. Setiap opini pasti memiliki tingkat sentimen yang mencerminkan tinggi rendahnya orientasi sentimen, sehingga akan lebih efektif apabila tingkat sentimen juga turut dipertimbangkan dalam proses evaluasi tersebut. Berbeda dengan jenis perangkat lunak lainnya, aplikasi mobile memiliki batasan dan permasalahan sendiri yang tidak dimiliki perangkat lunak lain. Model PACMAD (People At The Centre of Mobile Application Development) merupakan model kebergunaan yang karakteristiknya disesuaikan dengan batasan dan permasalahan yang dimiliki oleh aplikasi mobile. Oleh karena itu, dalam penelitian ini diusulkan suatu metode analisis sentimen dengan mempertimbangkan tingkat sentimen pada opini pengguna aplikasi mobile untuk evaluasi faktor kebergunaan berdasarkan model PACMAD. Dengan penggunaan tingkat sentimen dan model PACMAD ini, diharapkan hasil evaluasi faktor kebergunaan aplikasi mobile menjadi lebih detail dan akurat serta permasalahan evaluasi faktor kebergunaan pada aplikasi mobile dapat teratasi. Caranya adalah dengan mengklasifikasikan opini pengguna kedalam faktor kebergunaan terlebih dahulu menggunakan pembobotan TF.ICF. Kemudian, menghitung tingkat dan orientasi sentimen dengan menggunakan metode rata-rata kalimat terhadap opini berdasarkan SentiWordNet. Berdasarkan hasil ujicoba maka diperoleh rata-rata nilai akurasi klasifikasi faktor kebergunaan sebesar 74% dan akurasi sentimen sebesar 67%. ==================================================================================== Usability factors are the most noted aspects in mobile application development or evaluation process. Usually, every application mobile in application's store must have user review that contain user experience in using the application. Based on these, user review has many information which can be used as reference in evaluating usability factors. Usability factors evaluation process can be done by doing sentiment analysis in user review at that mobile application. This sentiment orientation which is generally used as reference in evaluation process. But, evaluating application mobile with just a sentiment orientation is not enough. Every review must have sentiment level that reflect high and low sentiment orientation, so that it will be more effective if it consider sentiment level in evaluation process.Different with other software type, mobile application has some limitations and issues itself which another software doesn't have. PACMAD (People At the Centre of Mobile Application Development) model is usability model which its characteristic is adapted with mobile application limitation and issues. Therefore, this research propose sentiment analysis method which consider sentiment level in mobile application review to evaluate usability factor based on PACMAD model. With using sentiment level and this PACMAD model, hopefully the result of mobile application usability factors can be more detail, accurate and the problem of usability factors evaluation in mobile application can be solve. The way is begin by classifying user review in usability factors first by using TF.ICF method. Then, it count level and orientation sentiment by using average sentence and average review method based on SentiWordNet. Based on test result, it is gained 74% average of usability factors evaluation accuration and 67% sentiment accuration.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Opini Pengguna; Tingkat Sentimen; Analisis Sentimen; Evaluasi Faktor Kebergunaan; Model PACMAD; User Review; Sentiment Level; Sentiment Analysis; Usability Evaluation; PACMAD Model
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science. EDP
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > (S2) Master Theses
Depositing User: - SEPTIYAWAN ROSETYA WARDHANA
Date Deposited: 01 Mar 2017 06:47
Last Modified: 05 Mar 2019 07:52
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/2571

Actions (login required)

View Item View Item