Analisa Penerapan Bus Feeder Brt pada Kawasan Pondok Gede Bekasi sebagai Solusi Mengurangi Kemacetan

Faadhilah, Mutiara Nurul (2017) Analisa Penerapan Bus Feeder Brt pada Kawasan Pondok Gede Bekasi sebagai Solusi Mengurangi Kemacetan. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3114106011 - Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Bekasi sebagai kota satelit Jakarta, memiliki tingkat kemacetan yang tinggi terutama di jalan-jalan yang berbatasan langsung dengan Jakarta Timur. Seperti pada Jalan Jatiwaringin Raya yang terletak di kecamatan Pondok Gede ini berbatasan dengan kalimalang. Penggunaan kendaraan pribadi yang terus meningkat memperlihatkan bahwa ketergantungan masyarakat terhadap kendaraan pribadi masih tinggi. Penggunaan kendaraan pribadi mengakibatkan kemacetan khususnya pada saat jam puncak atau peak hours. Untuk itu diperlukan peningkatan kinerja jalan untuk menyelesaikan permasalahan kemacetan ini, salah satu solusinya adalah dengan menggunakan transportasi massal yang nyaman, aman dan cepat sehingga para pengguna kendaraan pribadi yang selama ini membebani ruas jalan dapat beralih menggunakan transportasi massal. Pada penelitian ini akan direncanakan transportasi massal yang melayani kawasan Pondok Gede berupa feeder bus TransJakarta serta menganalisis tingkat kinerja ruas jalan di Pondok Gede sebelum dan sesudah dioperasikan feeder bus TransJakarta yang berpedoman pada PKJI 2014. Perencanaan feeder busway Transjakarta meliputi perhitungan demand penumpang, bangkitan, penentuan letak halte beserta dimensi dan perhitungan headway, load factor, dan jumlah armada bus. Data primer didapatkan dari survey lalu lintas yang digunakan untuk perhitungan kinerja ruas jalan, penyebaran kuisoner akan digunakan untuk mendapatkan demand penumpang dan data survey jumlah penumpang angkutan umum. Didapatkan hasil bahwa feeder bus Transjakarta dapat mengurangi kemacetan dilihat dari nilai derajat kejenuhan yang awal nya sejumlah 0.71 berkurang menjadi 0.47. =========================================================== ============================= Bekasi as a satellite city of Jakarta, has a particularly high level of congestion in the streets directly adjacent to the East Jakarta. As in Jatiwaringin Jalan Raya Pondok Gede is located in the district is bordered by Kalimalang. Use of private vehicles continues to increase shows that people's reliance on private vehicles is still high. The use of private vehicles cause congestion especially during peak hours. It is necessary for the performance improvement to solve the congestion problem, one of solution is to use mass transportation which comfortable, safe and fast. This research will be planned mass transit which serves area of Pondok Gede form bus feeder Transjakarta. Bus feeder Transjakarta planning includes the calculation of passenger demand, trip generations, determining the location of bus stops along the dimensions and calculations headway, load factor, and the number of the bus fleet. Primary data obtained from traffic surveys used for the calculation of road performance, deployment questionnaire will be used to obtain the survey data demand of passengers and the number of public transport passengers. Showed that Transjakarta bus feeder can reduce congestion seen from the beginning of the degree of saturation of its number of 0.71 was reduced to 0.47.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Feeder Bus Transjakarta, Transjakarta, Bus Rapid Transit, Pondok Gede, Bekasi, Solusi Mengurangi Kemacetan.
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering
Depositing User: MUTIARA NURUL FAADHILAH
Date Deposited: 31 Mar 2017 03:44
Last Modified: 31 Mar 2017 03:44
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/2627

Actions (login required)

View Item View Item