JAMAL, AMIN (2017) ANALISIS IMPLEMENTASI DGPS PADA PENINGKATAN KINERJA PELAYANAN CONTAINER DENGAN PENDEKATAN BALANCE SCORECARD DI PT.TPS. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
9114205415-Master_Theses.pdf - Published Version Download (5MB) | Preview |
Abstract
Differencial Global Positioning System (DGPS) merupakan pengembangan dari sistem GPS dari sisi akurasi. Global Positioning System (GPS) berfungsi untuk menentukan suatu objek di permukaan bumi dengan menggunakan satelit. Terminal Operating System (TOS) merupakan aplikasi inti yang digunakan pada aktifitas perencanaan dan eksekusi container baik di terminal yang diintegrasikan dengan DGPS.
Kontribusi DGPS signifikan untuk mengurangi biaya operasi, oleh karena itu, penelitian ini menganalisis manfaat dari pelaksanaan analisa implementasi DGPS ini.
Dengan menggunakan matrik kinerja dan pendekatan balanced scorecard (BSC), pembobotan dengan Analytical Hirarchi Process (AHP) untuk mendefinisikan, mengukur, menganalisis manfaat dari integrasi DGPS dan TOS dengan membandingkan hasil sebelum dan sesudah penerapan teknologi DGPS. Perspektif pelanggan memiliki bobot 0.50, bobot perspektif finance 0.26, bobot perspektif pembelajaran dan pertumbuhan 0.16 dan bobot proses bisnis internal yaitu sebesar 0.09.
Manfaat dari implementasi dapat ditunjukkan oleh kenerja Truck Putaran Waktu (TRT) meningkat menjadi 27.50 (44.48 di tahun 2013, 28.49 di tahun 2014 dan 27.83 di tahun 2015) menit di tahun 2016, Box Kontainer per Jam (BCH) menjadi rata-rata 18 unit (15 ditahun 2013, 16 unit di tahun 2014 dan 17 unit di tahun 2015) di tahun 2016. Biaya operasional tahun 2015 menurun 3.2% (3.3 % dibandingkan tahun 2013) dibandingkan biaya operasional dengan tahun 2014.
==================================================================================================================
Differencial Global Positioning System(DGPS) is a development of the Global Positioning System (GPS) system in terms of accuracy. GPS function to determine an object by using a satellite in the Earth's surface. Terminal Operating System (TOS) is the application of the core is used on container transactions both for planning and execution in the terminal that integrated with DGPS.Usually it contributed significantly to reduce operating cost, therefore, this research analyze the benefit of this implementation. The author uses the metric of performance with a balanced scorecard approach to define, measure, analyze the benefits of the integration of DGPS and TOS by comparing the results before and after the implementation of DGPS technology. Customer perspective weighs 0.50, 0.26 weighting finance perspective, learning and growth perspective weights and weights 0.16 internal business processes that is equal to 0.09. The benefit of the implementation can be explained by Truck Round Time(TRT) increase to be 27.50 (44.48 in 2013, 28.49 in 2014 and 27.83 in 2015) minutes, Box Container per Hour (BCH) to be average 18 units (15 units to that year 2013, 16 units to that year ditahun 2014 dan 17 units to that year 2015). A operating cost of year 2015 decrease 3.2% (3.3 % compared to that year 2013) compared to that year 2014.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | DGPS, GPS, TOS, Container, TRT, BCH |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.213 Management information systems. Dashboards. Enterprise resource planning. |
Divisions: | 61101-Magister Management Technology |
Depositing User: | AMIN JAMAL |
Date Deposited: | 23 Jan 2017 09:01 |
Last Modified: | 05 Mar 2019 08:33 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/2682 |
Actions (login required)
View Item |