MODIFIKASI PERENCANAAN JEMBATAN SUNGAI BRANTAS PADA RUAS JALAN TOL SOLO-KERTOSONO MENGGUNAKAN SISTEM CABLE-STAYED DENGAN SINGLE VERTICAL PLANE SEMI-HARP

ANGGRAENY, SATYA (2017) MODIFIKASI PERENCANAAN JEMBATAN SUNGAI BRANTAS PADA RUAS JALAN TOL SOLO-KERTOSONO MENGGUNAKAN SISTEM CABLE-STAYED DENGAN SINGLE VERTICAL PLANE SEMI-HARP. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
3112100051-Undergraduate_Theses.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Jembatan cable-stayed merupakan salah satu jenis dari jembatan bentang panjang yaitu jembatan dengan bentang lebih dari 100 m. Jembatan jenis ini sudah banyak di bangun di seluruh penjuru dunia karena mampu menopang bentang yang panjang dan proses pembangunannya relatif cepat. Struktur cable-stayed terdiri atas gelagar utama yang berfungsi sebagai lantai kendaraan, kabel yang berfungsi untuk menopang gelagar utama dan menyalurkan beban dari gelagar utama ke pilon, dan pilon sebagai penahan beban dari kabel. Dalam tugas akhir ini direncanakan modifikasi terhadap struktur Jembatan Sungai Brantas pada ruas jalan tol Solo-Kertosono ( Desa Lestari, Kecamatan Patianrowo, Kabupaten Nganjuk, Propinsi Jawa Timur) yang semula berupa jembatan box girder beton menjadi jembatan cable-stayed baja. Jembatan tersebut merupakan jembatan yang mengakomodasi lalu lintas dua arah yang masing-masing arah terdiri dari 3 lajur dengan median diantara jalurnya. Jembatan memiliki panjang side span 75 meter kanan-kiri, main span 156 meter, dan lebar 14,3 meter untuk tiap jalur. Modifikasi jembatan tersebut direncanakan menggunakan dua buah pilon dengan kabel penopang hanya pada satu bidang dengan konfigurasi semi-harp. Dalam modifikasi perencanaan ini digunakan material baja untuk gelagar utama dan kabel, serta beton bertulang untuk struktur pilon. Dari hasil analisis digunakan gelagar box girder single twin cellular dengan tebal pelat 2,1 cm, ukuran ribs tebal 0,9525 cm, tinggi 25,4 cm, lebar atas 32,385 cm, dan lebar bawah 16,51 cm, serta floorbeam dari profil WF 400 x 400 x 21 x 21 yang dipotong salah satu sayapnya. Jumlah kabel yang digunakan bervariasi pada tiap titik yaitu 6-31C15, 6-31C15, 6-25C15, 6-22C15, dan 4-22C15. Untuk struktur pilon berbentuk segiempat berongga dengan ukuran 3 x 6 m dan tebal rongga 1 m dengan tulangan lentur 570 D-40 dan tulangan geser 14 D-16 - 600 mm. Selain itu dari hasil analisis disimpulkan bahwa struktur dapat memikul beban yang terjadi ditunjukkan dengan tegangan serta gaya dalam yang terjadi lebih kecil dibanding dengan kekuatan nominal struktur. Lendutan yang terjadi pada struktur lebih kecil dari lendutan ijin yaitu sebesar 0,0997 m. Selanjutnya dari analisis dinamis didapatkan bahwa struktur termasuk dalam kategori acceptable dan kecepatan angin rencana 30 m/s lebih kecil dari kecepatan angin kritis sebesar 701,690 m/s. ==================================================================================================== Cable-stayed bridges are a type of long span bridges with overall span over 100 m. This type of bridge have been built all around the world because of its span that can go over 100 m and it is relatively fast to build. Cable-stayed structure consist of main girder used as a deck, cable to hold the main girder and distribute the load from main girder to pylon, and pylon to bear the load from the cable. This final project designed a modification of Sungai Brantas Bridge on Solo-Kertosono Highway from previously concrete box girder to be a steel cable-stayed bridge. The bridge accommodate 2 rows with 3 lanes each way and have a median between. The bridge has 75 m side spans, 156 m main span, and 14,3 m wide for each row. The modification including two pylons with single plane semi-harp pattern cables. The materials of the bridge are concrete for the pylon and steel for the cables and the main girder. The result from the analysis show that the main girder using single twin cellular box girder with steel plate thickness of 2,1 cm, the ribs thickness of 0,9525 cm with the height of 25,4 cm and the top width of 32,385 cm, and the bottom width of 16,51 cm. The floorbeams were from WF 400 x 400 x 21 x 21 which is cut from one of its flange. The number of strands were from each position as 6-31C15, 6-31C15, 6-25C15, 6-22C15, and 4-22C15. The pylon structure dimension was in box shape of 3 x 6 m with void thickness of 1 m, has 570 D-40 rebar for bending and 14 D-16 – 600 mm rebar for shear. The analysis concluded that the structure can withstand the external forces, shown by the value of stress and internal force were smaller than the nominal strength of the structure. The deformation of the structure was 0,0997 m which was smaller than the maximum deformation that allowed. The dynamic analysis showed that the structure was categorized as acceptable and the design velocity of wind of 30 m/s was smaller than critical wind velocity of 701,690 m/s.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Modifikasi Perencanaan, Jembatan, Cable-stayed, Single Vertical Plane, Semi-Harp
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA645 Structural analysis (Engineering)
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: - SATYA ANGGRAENY
Date Deposited: 24 Jan 2017 02:22
Last Modified: 24 Jan 2017 02:22
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/2804

Actions (login required)

View Item View Item