Desain Flat Top Barge 300 feet Menggunakan Portable Dynamic Positioning System

Murtadha, Izzu Alfaris (2017) Desain Flat Top Barge 300 feet Menggunakan Portable Dynamic Positioning System. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4211100060_Undergraduate_Theses..pdf]
Preview
Text
4211100060_Undergraduate_Theses..pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview

Abstract

Sistem Portable Dynamic Positioning belum banyak diaplikasikan pada kapal terutama pada tongkang. Selain untuk fungsi Dynamic Positioning, sistem tersebut dapat digunakan menjadi penggerak utama kapal. Dengan menggunakan sistem ini, kapal mampu untuk tidak menggunakan jangkar karena fungsinya dapat dilakukan oleh sistem Portable Dynamic. Maka dari itu penelitian mengenai pengaplikasian Portable Dynamic Positioning System pada kapal ini dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah kapal Flat Top Barge 300 feet serta, menentukan spesifikasi Portable Dynamic Positioning System yang digunakan, dan mengetahui stabilitas kapal yang dirancang pada kondisi muatan kosong dan muatan maksimal. Penelitian ini merancang kapal dengan dimensi utama lwl 90.1 meter, lebar 25 meter, tinggi 5.5 meter ,dan sarat 4.2 meter. Untuk menggerakkan kapal dengan kecepatan maksimal 8 knot, dibutuhkan empat buah thruster dengan daya masing-masing 225 kW, sehingga total daya yang dihasilkan adalah 1100 kW. Penelitian ini menganalisa tiga kondisi stabilitas kapal, yaitu kondisi muatan penuh, muatan kosong, dan muatan maksimal. Setiap kondisi muatan akan dilakukan analisa mengenai besar payload dan sarat air yang dihasilkan. Untuk kondisi muatan penuh dihasilkan payload sebesar 5650 tonne dengan sarat air pada LCF sebesar 4.181 meter. Lalu pada kondisi muatan kosong besar displacement adalah 2809 tonne dan sarat air pada LCF adalah 1.591. Pada kondisi tiga yaitu muatan maksimal, dihasilkan payload sebesar 7450 tonne dengan sarat air pada LCF sebesar 4.994 meter.
==================================================================================================================
Portable Dynamic Positioning System has not commonly applied
to the ship, especially on barge. Besides for Dynamic Positioning
function, the system can be used as ship's main propulsion. By
using this system, the ship able to not using anchors because the
functions can be performed by the Portable Dynamic System.
Therefore, research about the application of Portable Dynamic
Positioning System on the ship is conducted. This research aims
to design a Flat Top Barge 300feet ship, to determine the
specifications of Portable Dynamic Positioning System which is
used, and to find out the ship stability which is designed on the
empty payload condition and maximum payload. This research
designed the ships with main dimensions LWL 90.1 meters, 25
meters wide, 5.5 meters high and 4.2 meters draught. To generate
the ship with a maximum speed of 8 knots, it takes four thruster
supplied with power 225 kW each, so that the total generated
power is 1100 kW. This study analyzes three conditions of the
ship stability, there are the condition of full payload, empty
payload, and maximum payload. Each payload conditions will be
analyzed regarding the large payload and draught water produced.
The first is full payload conditions resulting payload in the
amount of 5650 ton with a draught on the LCF at 4,181 meters.
The second is the large empty payload condition displacement is
2809 ton and water draught on the LCF at 1,591. And the last is maximum payload conditions, resulting payload in the amount of
7450 ton with a draught on the LCF at 4,994 meters.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Flat Top Barge 300feet, Portable Dynamic Positioning System, Thruster, Stabilitas Kapal
Subjects: V Naval Science > V Naval Science (General)
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - IZZU ALFARIS MURTADHA
Date Deposited: 05 Apr 2017 06:51
Last Modified: 06 Mar 2019 02:55
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/2851

Actions (login required)

View Item View Item