ANALISA PENYEBAB KEBOCORAN KAMAR MESIN PADA KM. NUSANTARA AKBAR

GUNAWAN, RACHMAT (2017) ANALISA PENYEBAB KEBOCORAN KAMAR MESIN PADA KM. NUSANTARA AKBAR. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4213100058-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
4213100058-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Studi ini menganalisa tentang penyebab kebocoran kamar mesin KM. Nusantara Akbar, namun penilitian ini fokus pada kebocoran yang disebabkan oleh poros yang defleksi karena dari data lapangan yang diberikan oleh KNKT diketahui penyebab dari kebocoran adalah packing yang terdorong oleh poros yang defleksi sehingga tidak dapat menahan laju air.
Analisa dilakukan dengan tinjauan dari sisi teknis dan sisi non-teknis, dikarenakan kejadian kecelakaan kapal tidak murni hanya karena faktor teknis melainkan juga non-teknis. Pada tahap pertama dilakukan dengan menganalisa dokumen-dokumen kapal yaitu sertifikat dari badan klasifikasi, laporan kejadian kecelakaan, docking report, sertifikat ABK dan dokumen-dokumen lain tentang perjalanan kapal. Kemudian pada tahap selanjutnya, bukti-bukti yang sudah didapatkan dari hasil analisa dokumen-dokumen terkait perjalanan kapal dijadikan acuan untuk membuat analisa menggunakan metode 5 whys untuk mecari akar penyebabnya, khusus untuk tinjauan teknis dilakukan pemodelan menggunakan Software Autodesk Inventor 3D dan konfirmasi dengan perhitungan manual menurut rules BKI tentang sistem perporosan.
Menurut analisa yang telah dilakukan, penyebab teknis dari kebocoran kapal yang diakibatkan oleh kegagalan sistem perporosan adalah rekondisi baut flange yang telah rusak dan penambahan lena pada bearing untuk mengatasi poros yang telah defleksi tanpa meluruskan poros itu sendiri. Sementara dari pemodelan Software Autodesk Inventor 3D didapatkan baut patah karena gaya yang bekerja adalah 10.782,31 N dengan tegangan geser 2,230 Mpa, sedangkan gaya maksimal pada beban normal adalah 9.434,531.N dengan gaya geser 1,951 Mpa. Kemudian penyebab dari tinjauan sisi non-teknis adalah peralatan/spare part untuk mengatasi kegagalan sistem perporosan sangat kurang, tempat kerja yang kotor dan kurang nyaman serta terjadinya miss komunikasi antar ABK dalam mengatasi kebocoran kamar mesin.
========================================================================================================
The study analyzes about the cause of the leak in KM
Nusantara Akbar’s engine room. However, this research is
focus on leakage caused by shaft deflectio From the field
data provided by the KNKT, know the cause of the leak is
packing driven by a shaft deflection and therefore can not
hold the rate of water.
Analysis was done by a review of the technical and nontechnical factors, because the scene of the ship accident was
not purely due to technical factors but also non-technical
factors. The first step is analyzing the ship document, such as
the certificate of ship from classification, incident reports,
docking report, ship crew certificates and other ship
document. Then on the next step, the evidence that has been
obtained from the analysis of the documents related to the
ship sail is use to make the analysis using 5 whys method to
looking for the root cause.
According to the analysis that has been done, the technical
cause of the leak vessel caused by system shafting system is
reconditioned flange bolts that have been damaged and the
addition of flax on the bearing shaft has to cope without
straightening axle deflection itself. While the Autodesk
Inventor 3D modeling software obtained bolt broken because
the act force is 10782.31 N with the shear stress 2.230 MPa,
while the maximum force in the normal load is 9.434,531.N
with shear force 1,951 Mpa. Then from the cause from nontechnical factors are equipment / spare part to overcome the
failure of shafting system is very less, the workplace is dirty
and uncomfortable and happened miss communication
between the crew in the engine room to overcome the leakage.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kebocoran, sistem perporosan, defleksi, ABK, 5 whys.
Subjects: V Naval Science > VC Naval Maintenance
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - RACHMAT GUNAWAN
Date Deposited: 24 Jan 2017 06:28
Last Modified: 06 Mar 2019 03:01
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/2913

Actions (login required)

View Item View Item