Simulasi Pengujian Impact Drop-Test Berdasarkan Standarisasi SNI dan Analisa Perubahan Desain Pelek Mobil Penumpang Dengan Metode Elemen Hingga

Akbar, Much. Nabillah (2017) Simulasi Pengujian Impact Drop-Test Berdasarkan Standarisasi SNI dan Analisa Perubahan Desain Pelek Mobil Penumpang Dengan Metode Elemen Hingga. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2111100102-Undergraduate-Theses.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Industri pelek sangat berkembang pesat di Indonesia. Pelek dengan design yang menarik kebanyakan jenis material dan design bentuknya belum diketahui apakah pelek tersebut diproduksi dengan perhitungan. Perencanaan produksi pelek tanpa perhitungan akan mengakibatkan kegagalan setiap pengujiannya. Semakin banyak melakukan pengujian maka akan semakin biaya yang sangat banyak, dan waktu yang cukup lama. Oleh karena itu tugas akhir ini bertujuan untuk mengurangi biaya dan waktu yang terbuang dengan sia-sia akibat proses pengujian pelek dan melakukan simulasi pengujian pelek tersebut. Pada tugas akhir kali ini simulasi pengujian impact drop-test dilakukan dengan beberapa tahapan. Tahap pertama adalah melakukan analisa pada studi literatur atau jurnal yang terdahulu. Pengujian ini mengacu pada standar SNI 1896:2008. Selanjutnya adalah pengambilan data untuk penelitian. Pada pengambilan data design awal pelek dibuat pada software SOLIDWORK. Pengambilan data lain yaitu initial velocity yang terjadi saat beban impact akan mengenai pelek. Tahap berikutnya adalah pemberian beban pada pelek. Pada tugas akhir ini pembebanan yang terjadi meliputi tiga pembebanan. Pembebanan akibat beban impact, pembebanan akibat tekanan inflasi ban, dan pembebanan akibat kekencangan baut. Pada penelitian ini simulasi dilakukan pada software explicit dynamics dan menggunakan meshing dengan metode elemen tetrahedron. Lalu pemberian fixed support pada landasan penyangga. Setalah pemrograman selesai maka langkah selanjutnya adalah processing. Setelah program ini selesai maka akan diperoleh data-data dalam bentuk tabel yang nantinya akan dijadikan sebuah data grafik untuk digunakan dalam tahap analisa. Hasil yang didapatkan dari tugas akhir yaitu nilai tegangan equivalen von misses dan total deformation pada desain awal pelek pada daerah jari-jari pelek sebesar 137 MPa. Kemudian akan dilakukan perubahan desain dengan memvariasikan ketebalan dan lebar jari-jari pelek. Dan hasil yang didapatkan dari perubahan desain variasi 1 nilai tegangan equivalen von misses terbesar 143,6 MPa. Hasil yang didapatkan dari perubahan desain variasi 2 nilai tegangan equivalen von misses terbesar 147,9 MPa. Dengan hasil tegangan ini maka pelek masih dikategorikan aman. ======================================================================================= Rim’s industrial in indonesia are growing rapidly. Mostly, rim with a good design is not known to be produced by engineering calculation. Without engineering calculation, rim production planning will result in failure at each testing. The more tests are done, the more expensive it gets and the more time it consumes. Therefore, the aim of this final project is to lessen the cost and time as a result of the testing process of rim and for that rim simulation is the solutions for this problem. For this final project, the impact drop-test simulation is done by several steps. The first step is to analyze study literatures or journals from the previous research. This test refers to the standard SNI 1896:2008. The next step is collecting data for the study. Solidwork is used to collect data for the early design of rim. Other data are collected from the initial velocity when the impact striker are about to collide with rim. The next stage is to distribute the load to the rim. There are three types of load distribution which are the load from impact striker, the load from tire pressure inflation, and the load from bolt tension. In this study, the simulation is done by explicit dynamics software and the used of meshing process with tetrahedron element. And then fixed support is determined at the rim base. After all the programming are done, the next step is processing stage. Once the program is completed it will obtain the data in tables that will be used graphical data for the analysis stage. Results obtained from this final project are the equivalent von mises stress and the total deformation from the early design of rim at the spoke area about 137 MPa. And then the rim will be redesign with thickness and width variation of spoke rim. And the results from this redesign are equivalent von mises stress at redesign of variation 1 have a maximum value of 143,6 MPa. Whereas redesign of variation 2 have a maksimum value of 147,9 MPa. With this results of stress, therefore the rim still categorized as safe.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pelek; Pengujian Impact Drop-Test; Tegangan equivalen von misses; Teori Distorsi-Energi Maksimum; metode elemen hingga; Equivalent Von Mises Stress, Finite Element Method; Impact Drop-Test; Maximum Distortion Energy Theory; Rim
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: - MUCH NABILLAH AKBAR
Date Deposited: 06 Apr 2017 03:29
Last Modified: 06 Apr 2017 03:29
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/2988

Actions (login required)

View Item View Item