Analisis Berat Dan Kekuatan Material Carbon Fiber Sebagai Pengganti Material Bronze Propeller B4‐100 HS‐Series Pada Kapal Patroli KPLP Klas III‐ 28 Meter Aluminium

Nichita, Onggo Firstha (2017) Analisis Berat Dan Kekuatan Material Carbon Fiber Sebagai Pengganti Material Bronze Propeller B4‐100 HS‐Series Pada Kapal Patroli KPLP Klas III‐ 28 Meter Aluminium. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4212100138-Undergraduate-Theses.pdf] Text
4212100138-Undergraduate-Theses.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Semakin majunya industry perkapalan dunia mendorong manusia untuk selalu berinovasi. Tuntutan akan spesifikasi kapal yang baik dengan tingkat ekonomis yang tinggi selalu menjadi tantangan kedepannya. Salah satu inovasi yang dilakukan adalah penggantian material propeller berbahan bronze atau bahan lainnya yang sudah sering dipakai. Atas dasar ide untuk mengganti material yang sudah ada dengan material yang lebih ringan menjadi tantangan kedepan tanpa mengesampingkan aspek teknisnya. Dengan penggantian material yang lebih ringan di bagian propeller harapannya tahanan kapal berkurang dan tentunya bisa menambah kecepatan kapal serta mengurangi konsumsi bahan bakar. Material yang digunakan adalah carbon fiber prepreg karena relatif mudah dalam mendapatkannya sehingga material umum seperti ini dipilih menjadi material alternative. Karbon Prepregs adalah resin yang diperkuat serat yang kuat terhadap panas dan tekanan namun kuat dan beratnya ringan. Agar dapat mendapatkan nilai kekuatan dan berat, analisis pada penelitian ini menggunakan beberapa perangkat lunak seperti CAD dan FEM seperti Rhinoceros dan ANSYS. Pada propeller MAB kenaikan beban setiap kenaikan 25%, stress yang terjadi meningkat rata-rata 35.85%, deformasi yang terjadi meningkat rata-rata 58.63%, dan strain yang terjadi meningkat rata-rata 35.62%. Pada propeller carbon fiber kenaikan beban setiap kenaikan 25%, stress yang terjadi meningkat rata-rata 34.65%, deformasi yang terjadi meningkat rata-rata 47.41, strain yang terjadi meningkat rata-rata 35.62%, strain yang terjadi meningkat rata-rata 35.58%. Dengan penggantian material dari manganese-aluminium-bronze menjadi carbon fiber, propeller belum bisa layak secara teknis karena design stress lebih kecil daripada tensile stress propeller. Dengan penggantian material dari manganese-aluminium-bronze menjadi carbon fiber, maka berat propeller turun sebesar 19.78%.

===================================================================================

More advandced of ship industry, pushing people to innovate. Demand of good specification of ship and lowering economically become next challenge. One of innovation is substitute the material bronze of propeller to other common use material. This idea shouldn’t override technical aspect. Propeller become lighter with this new material and expected to reduce ship resistance, increasing speed, and reducing fuel consumption. The material used is carbon fiber prepreg because relatively easy to get and consequently become alternative material. Carbon prepreg is resin strengthen by fiber which is resist to heat and pressure but strong and light. In order to get strength and weight of this new propeller, analys using some software like CAD and FEM (Rhinoceros, Autocad, Hydrocomp Propcad, and ANSYS). In Manganese-Aluminium-Bronze propeller every raise of 25% loads, stress increase in average 35.85%, deformation increase in average 58.63%, strain increase in average 35.62. For stress in Carbon Fiber every raise of 25% loads in average 34.65%, deformation increase in average 47.41%, strain increase in average 35.58%. substitute manganese-aluminium-bronze become carbon fiber is not allowable yet, because design stress lower than maximum tensile stress on propeller, but the propeller become lighter 19.78%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: carbon fiber prepreg; bronze; CAD; FEM; stress; deformation; strain
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ONGGO FIRSTHA NICHITA
Date Deposited: 10 Apr 2017 08:14
Last Modified: 22 Dec 2017 02:32
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/3013

Actions (login required)

View Item View Item