Dinamika Pola Perilaku Supply-Demand Pada Pengelolaan Persediaan Bahan Bakar Minyak Untuk Sektor Transportasi Di Wilayah Jawa Timur

Ayudya, Made Putri Dewi (2017) Dinamika Pola Perilaku Supply-Demand Pada Pengelolaan Persediaan Bahan Bakar Minyak Untuk Sektor Transportasi Di Wilayah Jawa Timur. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2513100023-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
2513100023-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Bahan Bakar Minyak (BBM) merupakan sumber energi olahan minyak bumi yang digunakan secara komersial, dimana sektor kritikal dengan persentase tertinggi sebesar 61% dari semua sektor adalah sektor transportasi. PT XYZ merupakan salah satu badan usaha yang bertanggung jawab menyalurkan BBM di seluruh wilayah Indonesia, tidak terkecuali wilayah Jawa Timur. Luasan wilayah Jawa Timur menggambarkan kompleksitas permasalahan distribusi BBM dan permasalahan-permasalahan bersifat uncertainty dalam perencanaan pengiriman maupun pengelolaan persediaan yang dapat menjadi acuan wilayah-wilayah lain dalam menyelesaikan permasalahan yang serupa. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau pola perilaku supply-demand BBM, yang nantinya digunakan untuk analisis tindakan lanjutan berupa rekomendasi strategis terhadap kebijakan maupun prosedur pengelolaan persediaan yang berubah-ubah fungsi waktu di wilayah Jawa Timur agar keberlangsungan penyaluran BBM dapat berjalan lebih efisien dan ekonomis, baik dari segi waktu, biaya maupun ketepatan pasokan.
Dinamika pola supply-demand memiliki dampak positif dan negatif terhadap stakeholder terkait seperti, perusahaan, lembaga penyalur dan konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan metodologi sistem dinamik, yaitu metode penyelesaian masalah dengan pendekatan secara sistem dengan memperhatikan detail hubungan keterkaitan antarvariabel dari sebuah sistem. Penelitian ini membagi sistem menjadi empat submodel, yaitu permintaan pada terminal, permintaan pada lembaga penyalur, perencanaan penjualan Produk A dan finansial perusahaan. Terdapat tiga alternatif skenario kebijakan yang digunakan dalam penelitian ini. Adapun variabel respon yang menjadi fokus penelitan adalah kondisi persediaan terminal utama, konsinyasi Jawa Timur dan lembaga penyalur, serta efisiensi biaya aktivitas oprasional. Hasil penelitian menunjukan bahwa skenario 3 merupakan skenario terpilih. Pemilihan skenario mengacu pada total biaya pengeluaran berdasarkan waktu simulasi yang memiliki nilai paling rendah, pertimbangan kondisi peningkatan pasokan di masa mendatang yang berasal dari penambahan kapasitas kilang lokal pada tahun 2021 dan konsep swasembada BBM pada tahun 2023, serta melihat trend masyarakat Indonesia yang sudah mulai menyukai BBM non-subsidi, salah satunya Produk A.
==================================================================================================================
Fuel (BBM) is the energy source of refined petroleum used commercially, in which the critical sectors with the highest percentage of 61% of all sectors is the transportation sector. PT XYZ is a business entity that is responsible for the fuel in all regions of Indonesia, including East Java. The area of East Java illustrates the complexity of the fuel distribution issues and problems is uncertainty in planning the delivery and management of inventory that will serve as the other regions in resolving similar issues. This study aims to review the behavior patterns of supply and demand of fuel, which will be used for the analysis of further action in the form of strategic recommendations on the policies and procedures inventory management changing function of time in East Java so that the continuity of fuel distribution can be run more efficiently and economically, either in terms of time, cost and accuracy of supply.
The dynamics of supply-demand pattern has positive and negative impacts on relevant stakeholders such as companies, institution and consumers. This study uses a methodology of system dynamics approach, the method of solving problems with the system approach with attention to detail linkage relationships between the variables of a system. This research divides the system into four sub models such as, a request to the terminal, the demand on the channeling institution, A Product sales planning and financial companies. There are three alternative policy scenarios used in this study. The response variables were the focus of research is the condition of the main terminal inventory, consignment East Java and channeling institutions, as well as cost efficiency operational activities. The results showed that the third scenario is elected scenario. The scenario refers to the total cost of the simulation’s time that has the lowest score, any consideration of the increase in supply in the future that comes from the addition of refining capacity locally in 2021 and the concept of self-sufficiency in fuel in the year 2023, as well as see the trend of Indonesian society which is already starting to like BBM non-subsidized, like Product A.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: BBM Sektor Transportasi, Pengelolaan Persediaan, Pola Tingkah Laku Supply-Demand, Simulasi Sistem Dinamik, BBM Of Transportation Sector, Behavior Patterns Of Supply-Demand, Inventory Management, System Dynamics Simulation
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.23 Decision making. Business requirements analysis.
T Technology > TS Manufactures > TS167 Costs, Industrial
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - MADE PUTRI DEWI AYUDYA
Date Deposited: 10 Apr 2017 06:47
Last Modified: 06 Mar 2019 07:01
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/3180

Actions (login required)

View Item View Item