Evaluasi Kinerja Ruas Jalan dan Simpang Bersinyal Jl. Dr. Ir. H. Soekarno – Jl. Kertajaya Indah – Jl. Kertajaya Indah Timur akibat Pembangunan One Galaxy Surabaya

Priyono, Nerindra Renditio (2017) Evaluasi Kinerja Ruas Jalan dan Simpang Bersinyal Jl. Dr. Ir. H. Soekarno – Jl. Kertajaya Indah – Jl. Kertajaya Indah Timur akibat Pembangunan One Galaxy Surabaya. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3113030139-Non-Degree.pdf]
Preview
Text
3113030139-Non-Degree.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview

Abstract

Sebagai salah satu Kota besar di Indonesia yang sangat maju, Surabaya selalu mengalami perkembangan khususnya di bidang pembangunan gedung. Pembangunan gedung yang akan dibahas dalam tugas akhir ini adalah pembangunan One Galaxy yang terdiri dari Apartemen One Galaxy dan Galaxy Mall 3 yang lokasinya berhadapan dengan Galaxy Mall 1 dan berada dekat dengan simpang Jl. Dr. Ir. H. Soekarno – Jl. Kertajaya Indah – Jl. Kertajaya Indah Timur. Pembangunan apartemen dan mall tersebut direncanakan akan beroperasi pada tahun 2018, hal ini tentu mengakibatkan terjadinya aktivitas bangkitan dan tarikan bangunan tersebut yang berdampak pada volume lalu – lintas pada ruas jalan di depan pembangunan apartemen dan mall dan simpang tersebut. Maka dari itu, pengevalusian kinerja daripada segmen jalan dan simpang tersebut perlu dilakukan untuk mengetahui tingkat kelayakan dan pelayanan segmen jalan dan simpang yang ada saat ini dalam menampung penambahan volume lalu – lintas akibat aktivitas dari One Galaxy ketika mulai beroperasi. Analisa kinerja segmen jalan dan persimpangan sebelum dibangunnya One Galaxy (tahun 2016), setelah beroperasi (tahun 2018) sampai 5 tahun ke depan setelah beroperasi (2023) menggunakan metode MKJI 1997 dengan bantuan program KAJI. Penelitian ini diawali dengan pengumpulan data-data primer yaitu survey lapangan, geometrik, arus lalu lintas, volume masuk dan keluar kendaraan pada bangunan pembanding maupun data sekunder dari BAPEKKO, Dinas Perhubungan Surabaya serta volume bangkitan dan tarikan akibat pembangunan One Galaxy pada area persimpangan. Berdasarkan hasil analisa dan evaluasi simpang kondisi eksisting (2016) pada puncak Pagi, Siang dan Sore LOS F dengan DI berkisar 72-163 det/smp. Panjang antrian maksimal 524 m. Segmen pada puncak Pagi, Siang dan Sore Jl. Dr. Ir. H. Soekarno LOS B-C. Sehingga perlu perbaikan mulai tahun 2016-2023 dengan merubah jumlah fase dan waktu sinyal simpang puncak pagi, siang dan sore. Diperoleh tingkat LOS F dengan DI berkisar 327-584 det/smp, panjang antrian (QL) pada tahun 2023 maksimum 1877 m (setelah perbaikan) < 2395 m (kondisi eksisting) pada tahun 2023.

Kata Kunci : Simpang Bersinyal, MKJI 1997, KAJI, LOS Bangkitan dan Tarikan, One Galaxy.

=====================================================================================

As one of the major Cities in Indonesia which very advanced, Surabaya always experiencing the growth of it, especially in building construction. The construction of the building that will be discussed in this final project is the construction of One Galaxy comprising One Galaxy Apartment and Galaxy Mall 3,, which is located opposite to the first Galaxy Mall 1 and near to the intersection of Dr. Ir. H. Soekarno Street – Kertajaya Indah Street – Kertajaya Indah Timur Street. The Construction of Apartment and Mall is planned to be operational in 2018,it will result in revival activity and the pull of the building that have an impact on the traffic volume of road in front of the apartmen and mall, and the intersection. Therefore, evaluation performance of the road segment and intersection need to be conducted to determine the feasibility and service of road segment and intersection that exist today to accommodate the additional traffic volume due to activity of One Galaxy when it will start to operate. The performance analysis of the segment road and intersection before the building of One Galaxy (2016), after the operation (in 2018) until the next 5 years after the operation (2013) using the methode MKJI 1997 with the help of the KAJI program. This stud begins with the collection of primary data that the field survey, geometric, traffic flows, the volume of incoming and outgoing vehicles in the comparison building and the secondary data from BAPPEKO, the Transportation Department of Surabaya, and the volume of revival and pull due to construction of One Galaxy at the intersection area. Based on the analysis and evaluation of existing conditions intersection (2016) at the peak of Morning, Afternoon and Evening LOS F with DI ranges 72-163 second/pcu. Maximum queue length 524m. Road segment at the peak Morning, Afternoon, and Evening Dr. Ir. H. Soekarno street LOS B-C. Moreover needs alternative starting in 2016 to 2023 by changing the number of phases and signal time of intersection in peak of Morning, Afternoon and Evening, obtained LOS F with DI ranged 327-584 second/pcu, queue length (QL) in the 2023 maxium 1877 m (after repairs) < 2395 m (existing conditions) in the 2023.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Simpang Bersinyal; MKJI 1997; KAJI; LOS Bangkitan dan Tarikan; One Galaxy; Signalized Intersection
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL725.3 Traffic Control
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22401-(D3) Diploma 3
Depositing User: NERINDRA RENDITIO PRIYONO
Date Deposited: 10 Mar 2017 02:20
Last Modified: 06 Mar 2019 06:58
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/3184

Actions (login required)

View Item View Item