Perancangan Media Edukasi Berbasis Augmented Reality Sebagai Petunjuk Instalasi Listrik Dan Penggunaan Listrik Pada Perangkat Elektronik Rumah Tangga

Jayadi, Muhamad Mansyur (2017) Perancangan Media Edukasi Berbasis Augmented Reality Sebagai Petunjuk Instalasi Listrik Dan Penggunaan Listrik Pada Perangkat Elektronik Rumah Tangga. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2511100035-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kebakaran pada pemukiman penduduk merupakan salah satu bencana yang sering terjadi di Indonesia. Menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), sepanjang tahun 2011 hingga tahun 2015 setidaknya telah terjadi 979 kasus kebakaran yang mengakibatkan dampak kerugian. Dari banyak kejadian kebakaran tersebut, penyebab paling banyak yaitu sekitar 73% adalah disebabkan karena korsleting listrik. Potensi kebakaran yang diakibatkan oleh korsleting listrik ini sebenarnya dapat diminimalisasi dengan adanya pemahaman yang baik mengenai instalasi listrik dan penggunaan listrik. Penelitian ini bertujuan untuk membangun media edukasi berbasis augmented reality bagi masyarakat tentang bagaimana cara instalasi listrik dan penggunaan listrik pada perangkat elektronik rumah tangga yang baik dan aman sehingga terhindar dari bahaya kebakaran. Penelitian ini dimulai dengan melakukan studi etnografi ke perumahan penduduk. Studi etnografi dilakukan untuk mendapatkan aspek-aspek edukasi yang dibutuhkan masyarakat tentang instalasi listrik dan penggunaan listrik. Kemudian aspek-aspek tersebut dianalisa menggunakan metode FMEA untuk mendapatkan titik kritis yang akan dimasukkan kedalam media edukasi. Kemadian dari aspek-aspek terpilih tersebut dibentuk skenario media edukasi. Dimana dalam penelitian ini terdapat 7 skenario media edukasi. Diantaranya adalah peringatan untuk tidak menumpuk stop kontak, peringatan untuk mencabut charger setelah digunakan, penanganan masalah kabel listrik yang semrawut, penanganan masalah kabel setrika yang mengelupas, penanganan masalah kabel listrik yang tidak terisolasi dengan baik, penanganan masalah fitting lampu yang tidak sesuai standar, dan peringatan agar tidak menggunakan peralatan listrik yang rusak. Kemudian skenario diwujudkan dalam animasi 3D yang di bentuk menggunakan software 3DsMax dan digabungkan dengan marker pada software Unity. Pengguna dapat menggunakan media edukasi ini dengan memasangnya pada perangkat android. ================================================================================================================== Fire in residential areas is one of the frequent disasters in Indonesia. According to the National Disaster Management Agency (BNPB), during the year 2011 to 2015 at least 979 cases of fires have occurred which resulted in loss impact. The biggest cause of the fire was due to electrical short circuit which is around 73%. Potential fire caused by electrical short circuit can actually be minimized by a good understanding of the electrical installation and electrical usage. This study aims to build augmented reality based educational media for the public on how the electrical installation and electrical usage in household electronic devices are properly and safely so as to avoid the danger of fire. The study began by conducting an ethnographic study to housing of residents. Ethnographic studies conducted to obtain aspects of education that people depend on electrical installations and electrical use. Then these aspects are analyzed using FMEA method to get a critical point that will be incorporated into educational media. Then on selected aspects of media education were established to scenario. Which in this study there are 7 educational media scenario. Among them is a warning to not accumulate the ignition, a warning to unplug the charger after use, handling problems electrical wiring chaotic, problem handling wiring board peeling, handling problems electric wires that are not insulated, handling issues light fittings that are not according to standards, and warning not to use electrical equipment damaged. Then the scenario is realized in 3D animation in the form of using the software 3DsMax and coupled with a marker on the Unity software. Media education can be used by people who have a house in which there is electricity. Users can use this educational media to install on your android device.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, FMEA, PUIL 2000, Media Education
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: MUHAMAD MANSYUR JAYADI
Date Deposited: 07 Apr 2017 07:56
Last Modified: 06 Mar 2019 07:52
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/3195

Actions (login required)

View Item View Item