YAHYA, NAJMUDDIN (2017) ANALISIS PROFIL WAKE PADA CASCADE AIRFOIL DENGAN VARIASI JENIS AIRFOIL BERBASIS COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
2412100001_Undergraduate_thesis.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
Abstract
Efek wake yang ditimbulkan oleh geometri airfoil sangat berpengaruh pada performansi yangdihasilka oleh airfoil tersebut, terlebih apabila airfoil tersebut dalam susunan cascade airfoil. Pada penelitian ini dilakukan simulasi untuk menganalisis profil wake dengan variasi jenis airfoil. Geometri airfoil yang digunakan pada penelitian ini adalah NACA 6505, 6510, 6515, 6520 dengan susunan tunggal dan susunan kaskade. Dari hasil simulasi yang telah dilakukan wake terpanjang untuk airfoil tunggal dan airfoil kaskade adalah 6c. Untuk airfoil tunggal nilai koefisien angkat tertinggi pada NACA 6510 yaitu 0.560903 dan nilai koefisien hambat tertinggi pada NACA 6520 yaitu 0.077162. Sedangkan untuk airfoil kaskade nilai total koefisien angkat tertinggi pada NACA 6505 yaitu 0.963748, dan nilai total koefisien hambat tertinggi pada NACA 6520 yaitu 0.175614. Perbandingan Cl/Cd tertinggi pada NACA 6505 yaitu 12.41888 untuk airfoil tunggal dan 12.10849 untuk airfoil kaskade. Susunan airfoil kaskade meningkatkan nilai koefisien angkat maupun hambat.
==========================================================================================
Wake effects caused by airfoil geometry influence its aerodynamic
performance, especially on the cascade arrangement. This final project
analyzes the profile of airfoil wake which are NACA 6505, 6510, 6515,
and 6520 in single and cascade arrangements. The results show that the
longest wake for single and cascade arrangements are 6c. For a single
airfoil, the highest lift coefficient is 0.560903 (NACA 6510), and the
highest drag coefficient is 0.077162 (NACA 6520). While, for a cascade
airfoil, the highest lift coefficient is 0.963748 (NACA 6505) and the
highest drag coefficient is 0.175614 (NACA 6520). The highest Cl/Cd
ratio is 12.41888 (NACA 6505) for single airfoil and 12.10849 (NACA
6505) for cascade airfoil. It is concluded that the cascade arrangements
increase lift and drag coefficients.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | geometri. geometry, airfoil, performansi, performance, kaskade, cascade, wake |
Subjects: | Q Science > QC Physics T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology > Physics Engineering > 30201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | NAJMUDDIN NAJMUDDIN YAHYA |
Date Deposited: | 25 Jan 2017 07:10 |
Last Modified: | 06 Mar 2019 07:16 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/3219 |
Actions (login required)
View Item |